Manfaat Kelapa Merah Atau Kelapa Wulung

Manfaat Kelapa Merah Atau Kelapa Wulung

Tidak hanya kelapa tua yang bisa di manfaatkan sabutnya untuk kerajinan. Dengan berkembangnya teknologi dan mesin, muncullah berbagai macam olahan dari buah kelapa. Di pembahsan kali ini, kami akan memeberikan info tentang manfaat kelapa merah atau kelapa wulung yang kaya dengan manfaatnya. Yuk kita simak bersama!

Kelapa Merah

Kelapa Wulung atau di Bali lebih dikenal dengan sebutan nyuh mulung, memang lebih sulit di temukan dari kelapa pada umumnya. Untuk membedakan Kelapa wulung atau nyuh mulung dengan kelapa biasa, bisa dilihat dari serabutnya yang berwarna merah muda. Apakah kamu sudah pernah mengonsumsi Kelapa Wulung?

Kelapa Wulung merupakan jenis kelapa muda yang tumbuh di Asia. Bagi yang belum pernah merasakan Kelapa Wulung tidak ada salahnya untuk mencicipi. Kelapa Wulung memiliki rasa yang tidak kalah segar dengan kelapa muda pada umumnya. Daging kelapanya pun memiliki rasa yang lebih manis daripada daging kelapa muda biasanya.

Kelapa Wulung memiliki segudang kandungan nutrisi mulai dari Glukosa, Sakrosa, Protein, Karbohidrat, Serat, Tanin, Asam Amino, hingga Fruktosa. Kandungan yang ada dalam Kelapa Wulung tersebut ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat kelapa merah atau kelapa wulung.

7 Khasiat Kelapa Merah ( Kelapa Wulung )

1. Mengobati Keracunan

Kelapa Wulung memiliki kandungan Tanin lebih tinggi di banding kelapa muda pada umumnya. Kandungan Tanin dalam Kelapa Wulung ternyata bisa mengobati keracunan. Biasanya seseorang yang mengalami keracunan makanan atau obat-obatan akan mudah ternetralisir dengan mengonsumsi Kelapa Wulung.

2. Menyeimbangkan pH Tubuh

Kandungan dalam Kelapa Wulung di nilai mampu menyeimbangkan pH dalam tubuh. Kelapa Wulung mampu menyeimbangkan pH tubuh agar tidak mudah terkena dehidrasi. Jika pH dalam tubuh seimbang, maka tubuh tidak akan mudah terserang virus.

3. Menurunkan Kolesterol

Kelapa Wulung memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi di banding kelapa muda pada umumnya. Kandungan serat ini di nilai mampu membakar lemak jahat dalam tubuh. Sehingga kadar kolesterol dalam tubuh juga akan berkurang. Biasanya Kelapa Wulung sering di gunakan sebagai menu diet karena mampu menurunkan kolesterol.

4. Mencegah Penuaan Dini

Memiliki wajah awet muda merupakan dambaan semua wanita di dunia. Namun tidak perlu pergi ke dokter, kamu bisa mencoba mengonsumsi Kelapa Wulung secara rutin. Nutrisi dalam Kelapa Wulung bisa meregenerasi sel-sel tubuh lebih cepat. Dengan begitu adanya keriput pada wajah akan semakin berkurang.

5. Mengencangkan Kulit

Kandungan Gula dan Nutrisi dalam Kelapa Wulung mampu membantu untuk mengencangkan kulit. Tidak hanya itu, kandungan Asam Amino dalam Kelapa Wulung juga mampu membuat kulit lebih cerah. Bukan hanya untuk di konsumsi saja, kamu juga bisa menggunakan air Kelapa Wulung untuk mencuci muka.

6. Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya bisa menurunkan kolesterol, Kelapa Wulung juga mampu menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi Kelapa Wulung sebelum beraktivitas ternyata mampu mengurangi lemak dalam tubuh. Kelapa Wulung yang dijadikan menu diet biasanya dikonsumsi secara langsung tanpa menggunakan gula tambahan.

7. Sebagai Diuretik

Kelapa Wulung mampu memberikan asupan elektrolit esensial yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini sangat bermanfaat sebagai penenang dalam usus. Selain itu juga mampu membersihkan ginjal dan melancarkan urine.

 

Nah, itu dia sedikit pembahasan manfaat kelapa merah atau kelapa wulung. Memang sedikit susah untuk mendapatkan buah ini. Namun, karena mempunyai banyak sekali manfaat yang melimpah, tidak sedikit masyarakat yang mencarinya dengan banyak tujuan dan juga untuk menjadikannya obat. Sekian Terima Kasih.

Comments are closed.