Yuk Kita Ketahui Macam Macam Jenis Kemasan Plastik Untuk Makanan

Yuk Kita Ketahui Macam Macam Jenis Kemasan Plastik Untuk Makanan

Bahan kemasan yang paling banyak dikenal pada saat ini adalah plastik. Bagi pelaku UMKM ada yang sama sekali belum mengenal dengan baik kode plastik dan peruntukannya sebagai kemasan makanan dan minuman. Pada kesempatan ini mari bahas Macam Macam Jenis Kemasan Plastik yang baik untuk kemasan makanan.

Macam Macam Jenis Kemasan Plastik Untuk Makanan

jenis jenis plastik kemasan

  1. PET atau panjangnya PolyEthylene Terephthalate adalah Jenis Plastik yang baiknya digunakan hanya sekali pakai. Contoh penggunaannya seperti botol air mineral dan hampir semua botol minuman lainnya. Pemakaian yang dilakukan secara berulang, terutama menampung air panas, lapisan polimer botol meleleh mengeluarkan zat karsinogenik dan dapat menyebabkan Kanker.
  2. HDPE atau panjangnya High Density Poly Ethylene adalah jenis plastik yang lebih aman dibandingkan dengan jenis plastik PET. Jenis ini lebih aman karena memiliki sifat tahan terhadap suhu tinggi. Pemakaiannya sering dijumpai pada botol susu yang berwarna putih susu, tupperware, botol galon air minum, dan lain-lain. Akan tetapi jenis plastik ini juga disarankan untuk tidak dipakai secara berulang.
  3. LDPE panjangnya adalah Low Density Poly Ethylene merupakan jenis plastik yang bisa didaur ulang, baik dipakai untuk tempat minuman maupun makanan. Penggunaan jenis plastik ini lebih disarankan dari jenis plastik yang lain.
  4. PP kependekan Poly Propylene juga baik digunakan untuk tempat minuman maupun makanan. Jenis Plastik semacam ini lebih kuat, ringan dengan daya tembus uap yang rendah dan biasanya digunakan untuk botol minum bayi.
  5. PS disebut Poly Styrene merupakan jenis plastik yang digunakan untuk kemasan minum atau makanan sekali pakai. Pengguaan lebih dari sekali memungkinkan pelepasan bahan styrine. Bahan tyrine berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi dan sistem saraf.

Selain hal diatas perlu juga memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Memiliki tanda food grade

Plastik yang akan digunakan untuk kemasan makanan harus memiliki tanda food grade berupa simbol garpu untuk makanan, dan simbol gelas untuk minuman. Tanda ini biasanya ditempatkan di bagian bawah plastik atau di kemasan plastik tersebut.

Plastik yang sudah berlebel food grade terbuat dari bahan yang aman untuk makanan dan tubuh serta telah melalui uji yang ketat. Bahan dari kemasan ini tetap aman ketika kontak dengan makanan dan tahan panas. Selain itu Pelajari Jenis Jenis Plastik Kemasan Supaya Tidak Salah Pilih Kemasan.

Plastik yang tergolong dalam kemasan food grade terbuat dari polietilena (PE), poliprofilina (PP), polistirena dikenal juga dengan styrofoam, dan berbagai kemasan minuman.

2. Tidak kotor

Plastik kemasan makanan atau minuman yang baik digunakan tidak terkontaminasi dengan kotoran yang dapat dilihat dengan mata seperi cat atau noda. Sebelum penggunaan sebaiknya kemasan dicuci dengan air dan sabun terlebih dahulu. Semakin sering dicuci maka kandungan kimia dari kemasan semakin berkurang.

Beberapa kemasan plastik justru dianjurkan dimasak dalam air panas terlebih dahulu untuk mensterilkan dari bakteri atau residu.

3. Bisa digunakan berkali-kali

Plastik kemasan makanan dapat digunakan berkali-kali selama bentuknya tidak berubah dan tidak ada goresan pada permukaan. Hal ini karena kemasan plastik tidak memiliki waktu kadaluarsa. Berikut Tips Cara Membuat Kemasan Produk Makanan Ringan Agar Terlihat Menarik.

Demikian itulah dari penjelasan kemasan plastik yang aman digunakan untuk mengemas makanan atau minuman. Selalu berhati hati dalam memilih kemasan yang akan digunakan untuk mengemas produk. Juga sesuaika bahan kemasan dengan produk yang akan dikemas.

Comments are closed.