Rasakan..!! Resep Kue Cucur Tanpa Telur Lezat Dan Memikat

Rasakan..!! Resep Kue Cucur Tanpa Telur Lezat Dan Memikat

Kue Cucur Tanpa Telur -Kue cucur tanpa telur atau makanan yang satu ini dapat ditemukan di beberapa negara, yakni negara Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Kue Cucur adalah kudapan tradisional di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia dan Thailand Selatan . Di Indonesia, kue cucur dapat ditemukan di seluruh pasar tradisional; akan tetapi, versi popularnya, adalah versi Betawi dari Jakarta.

Di Thailand Selatan, kue cucur sering dihidangkan di festival dan upacara pernikahan. Sementara, di Malaysia, istilah cucur lebih ditujukan untuk jenis kudapan goreng. Di Brunei dan Borneo Malaysia (Sabah dan Sarawak), kue cucur disebut sebagai Pinjaram.

Makanan pencuci mulut ini terbuat dari tepung beras dan gula aren yang digoreng. Kue cucur bersifat tebal menggembung seperti gunung di bagian tengah dan tipis di pinggirannya. Masyarakat Thailand percya bahwa kue ini mirip dengan bunga lotus yang dapat tumbuh di kondisi yang sulit.

Melambangkan cinta dari pasangan yang baru menikah yang akan semakin bertambah dan sukses dalam kehidupan pernikahan. Masyarakat Thailand suka menampilkan kue ini di upacara pernikahan atau menguntungkan, atau di festival apa pun. Terkadang, kue ini juga diberikan sebagai hadiah. Dalam konsumsinya, masyarakat Thailand biasanya memakan kue ini langsung setelah digoreng karena kue ini masih lembut dan berwarna-warni, dan wangi.

Jika dibiarkan selama satu jam, kue ini akan lengket, membantet, dan sangat berminyak. Di Indonesia, khususnya Jakarta, makanan ini termasuk makanan adat artinya pada upacara-upacara adat budaya Betawi, cucur wajib dihidangkan. Langsung saja, berikut resep dari kue cucur tanpa telur.

Kue Cucur Tanpa Telur Dan Bahan Pengembang

Kue Cucur Tanpa Telur

Bahan – Bahan Kue Cucur Tanpa Telur Dan Bahan Pengembang :

Bahan – Bahan A :

  • 400 ml santan atau 350 gram kelapa parut + air matang.

Bahan – Bahan B :

  • 250 gram gula merah, potong kecil – kecil atau sisir halus.
  • 50 gram gula pasir, usahakan jangan ganti gula merah agar cucur tidak lengket.
  • 2 bungkus vanili bubuk atau 1 sendok teh.
  • 1/2 sendok teh munjung garam.
  • 200 ml air.
  • Rebus semua bahan dengan api besar sampai mendidih dan gulanya larut.

Bahan – Bahan C :

  • 300 gram tepung beras.
  • 100 gram tepung terigu.
  • Campurkan lalu diayak.

Langkah – Langkah Kue Cucur Tanpa Telur Dan Bahan Pengembang :

  1. Campurkan bahan A dengan bahan B, lalu ukur menjadi 700 ml, aduk hinngga rata, dan saring santan gula hangat.
  2. Taruh bahan C di dalam wadah, lalu tuangkan santan gula hangat sedikit demi sedikit sambil terus di aduk menggunakan whisker sampai adonan tercampur rata atau jadi adonan yang licin.
  3. Setelah adonan tercampur rata, aduk terus selama 10 menit. Baiknya diamkan dulu adonan selama 1 jam atau lebih
  4. Panaskan minyak dengan api sedang cenderung kecil, dan untuk takaran minyak bisa bunda gunakan “sendok sayur yang dipakai untuk menuangkan adonan”, takaran minyak agak lebihkan sedikit.
  5. Setelah panas, tuangkan 1 sendok sayur adonan. Biarkan sampai terbentuk serat.
  6. Serat akan terkumpul di tengah dan perlahan seperti lava meleleh.
  7. Kalau bagian tengah sudah berlubang – lubang, cek bagian bawahnya, kalau bagian bawahnya sudah kecokelatan. Balik cucur dan biarkan sebentar atau sampai bagian bawah kecokelatan, lalu angkat.
  8. Tiriskan cucur dengan posisi gunung di atas, setelah tiris, balik posisinya dan biarkan sampai benar-benar tiris.

(Baca Juga: Resep Kue Praktis Untuk Dijual Mudah, Enak Dan Cepat Saji)

Comments are closed.