Ingin Membuat Kerupuk Udang Bawang Goreng Sendiri? Ini Dia Resepnya!

Ingin Membuat Kerupuk Udang Bawang Goreng Sendiri? Ini Dia Resepnya!

Cara membuat kerupuk udang bawang goreng. Kerupuk udang merupakan salah satu kerupuk terpopuler Indonesia. Teksturnya renyah dengan rasa gurih manis tidak pernah lepas dari hidangan makanan nasi goreng dan lain – lain. Cara membuat kerupuk udang juga tidak terlalu rumit.

Makanan ini mempunyai beragam jenis varian rasa dan bentuknya juga berbeda-beda, namun pada kesempatan sekarang ini saya ingin menuliskan resep tentang cara membuat kerupuk udang bawang goreng.

Kerupuk udang adalah sebuah makanan yang sangat enak dan gurih karena terbuat dari bahan utama daging udang rebon dan dengan bahan tepung lalu digiling sampai halus terus tambahkan juga bersama bumbu penyedap lainnya.

Pada umumnya kerupuk udang berwarna putih sedikit kecokelatan jika digoreng, berbentuk agak persegi ada yang kecil-kecil namun juga ada yang agak besar, dan sampai sekarang masih sangat mudah untuk didapatkan dipasar tradisional atau toko kelontong.

Di beberapa daerah kerupuk ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh seperti didaerah Sidoarjo, Cirebon dan lain-lain, yang semuanya memiliki ciri khas atau cita rasa masing-masing.

Sayangnya tidak ada informasi mengenai asal muasal dari kerupuk udang ini, namun besar kemungkinan makanan ringan ini merupakan salah satu makanan khas tradisional asli Indonesia.

Selain renyah dan gurih kerupuk udang bawang goreng juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh anda karena mengandung protein, vitamin B12, magnesium, zat besi, kalsium dan fosfor yang mampu menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku. Pengolahan kerupuk udang yang baik dan benar tentu saja menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam menjaga kandungan gizinya.

Berikut adalah resep dan cara membuat kerupuk udang bawang goreng.

Baca Juga : Cara Membuat Kerupuk Udang Renyah Dan Manfaatnya Bagi Tubuh!

 

Bahan Kerupuk Udang Bawang Goreng

  • 50 gram tepung kanji
  • 1 sendok makan daun seledri, dicincang halus
  • 250 gram tepung terigu
  • 50 ml santan
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 1 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok makan ebi, diseduh, disangrai, dihaluskan
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • minyak untuk menggoreng
  • 8 butir bawang merah, dihaluskan
  • 1/4 sendok teh kaldu bubuk rasa ebi
  • 1 sendok teh garam
  • 25 gram margarin, dilelehkan

Cara Membuat Kerupuk Udang Bawang Goreng

  1. Terlebih dahulu ayak tepung kanji, terigu, dan soda kue. Lalu masukkan bawang merah, bawang putih, ebi, dan kaldu ebi. Aduk rata.
  2. Selanjutnya tambahkan santan, telur, margarine, garam, dan daun seledri. Aduk rata. Istirahatkan adonan 10 menit.
  3. Setelah itu pasang gilingan mi dengan ukuran paling besar. Masukkan adonan. Giling 2-3 kali hingga licin. Kecilkan ukuran gilingan. Giling 2-3 kali hingga licin. Lakukan hal yang sama sampai gilingan nomor 7. Potong-potong bentuk oval
  4. Nah, sekarang goreng dalam minyak yang telah dipanaskan hingga matang dan renyah.

 

Olahan Kerupuk lainnya : Ini Dia Cara Membuat Nasi Kering Yang Lezat!

Nah itulah resep dan cara membuat kerupuk udang bawang goreng yang sudah saya tulis. Jika anda suka artikel ini silahkan share kepada teman – teman anda. Terima kasih!

 

Comments are closed.