Resep Sederhana Membuat Keripik Pisang Kepok Gurih

Resep Sederhana Membuat Keripik Pisang Kepok Gurih

Keripik Pisang Kepok – Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis tanaman pisang salah satunya adalah pisang kepok. Pisang kepok merupakan salah satu jenis pisang yang sering kita jumpai dan diolah menjadi berbagai macam makanan. Pisang kepok memiliki bentuk yang kekar dengan ukuran yang sangat besar.

Pisang kepok mengandung antasida alami sehingga bagus untuk sistem pencernaan. Pisang kepok juga dapat mengobati berbagai penyakit seperti sembelit, diare dan penyakit maag. Karena memiliki rasa yang sangat manis, pisang kepok digandrungi oleh semua orang. Pisang kapuk merupakan buah yang bisa dipanen setiap tahun.

Saat ini tanaman pisang dapat tumbuh dan berkembang di daerah tropis sehingga tanaman pohon pisang dapat ditemukan di Indonesia. Beberapa kandungan nutrisi yang perlu kita ketahui ada pada pisang kepok, diantaranya banyak mengandung vitamin B6 dan vitamin C, mengandung mangan, serat dan juga mengandung kalium.

 

Bahan-Bahan Untuk Membuat Keripik Pisang Kepok

keripik pisang kepok

Bahan:

  1. 2 sisir pisang kepok tua kira2 5kg
  2. 2 bungkus royco ayam
  3. 60 ml air hangat (untuk melarutkan royko)
  4. 2 liter minyak goreng kira2

 

Cara Membuat Keripik Pisang Kepok

  1. Kupas dulu pisang nya masukin ke baskom yg di isi air

  2. Panaskan minyak sampe bener2 panas dengan api besar, siapin larutan royko,

  3. Siapin alat iris untuk keripik, setelah minyak benar2 panas siap untuk menggoreng, iris pisang langsung ke penggorengan kira2 5 buah pisang,

  4. Pengirisan pisang bisa di lakukan di lain tempat tidak langsung ke penggorengan, di iris dulu di piring nanti pas masukin ke penggorengannya satu2(sehelai2) biar ga nempel2,,

  5. Setelah ags kering permukaan bawahnya,di balik pakai serokan, setelah sepertiga kering masukan larutan royko cukup 1 sendok makan aja,

  6. Setelah larutan roykonya larut di minyak, pisang matang kering, angkat dan tiriskan, Udah deh siap di santap buat cemilan.

 

 

Manfaat Pada Pisang Kepok

  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
    Ekstrak pisang kepok dapat menurunkan kolesterol darah. Serat yang mengendur, yang dapat diserap oleh jaringan tubuh, mengikat cairan di empedu. Serat terlarut ini mengikat kolesterol dalam darah dan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk tubuh.
  2. Mengencangkan sistem pencernaan. Baik serat makanan terlarut maupun serat mentah meningkatkan sistem pencernaan di usus. Serat makanan menjaga tingkat udara normal, membantu usus menyerap cairan nutrisi, dan membantu menjaga ekosistem usus yang kondusif bagi kehidupan bakteri baik, sehingga pesanan berjalan dengan lancar.
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Pisang kepok mengandung kalium yang membantu pembentukan sel darah putih di kelenjar getah bening. Selain itu, kalium juga membantu setiap metabolisme dalam tubuh kita.
  4. Menurunkan berat badan
    Pisang kepok kaya akan nutrisi. Sebuah pisang kepok mengandung vitamin B6 yang mendukung metabolisme atau sistem pencernaan dalam tubuh. Dengan kelemahan minor, sangat cocok untuk mengikuti program diet. Karena badan terasa kenyang tanpa mempedulikan bentuk badan.
  5. Meredakan bisul
    Buah pisang kepok mengandung efek antasid sehingga produksi asam lambung yang berlebihan dapat dinetralkan. Selain itu, pisang kepok ini sangat baik untuk lambung karena mudah dicerna. Pisang kepok bisa anda konsumsi dengan berbagai cara sesuai selera masing-masing. Dengan mengonsumsi buah pisang kepok dapat mengatasi dan meredakan nyeri akibat penyakit maag.
  6. Sebagai sumber kalium
    Pisang kepok merupakan sumber makanan yang mengandung kalium paling banyak dibandingkan sumber makanan lainnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mengalami gejala kekurangan kalium, disarankan untuk mengonsumsi pisang. Kalium merupakan zat yang penting bagi tubuh dan harus selalu memenuhi kebutuhannya.
  7. Memperkuat tulang
    Pisang kepok juga mengandung zat prebiotik yang menyempurnakan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Salah satu nutrisi yang dapat diserap zat prebiotik adalah vitamin D dan kalsium untuk membantu memperkuat tulang. Makan pisang kepok dapat membantu mengatasi masalah pengeroposan tulang atau osteoporosis dan masalah tulang.
Comments are closed.