Kembang Gula adalah Semacam Permen Lho

Kembang Gula adalah Semacam Permen Lho

Kembang gula adalah jenis makanan yang berbentuk padat, dibuat dari gula atau campuran gula dengan pemanis lain dengan pemanis lainnya, dengan atau tanpa penambahan bahan pangan lain dan bahan tambahan pangan yang diizinkan.

Perbedaan tingkat pemanasan menentukan jenis permen yang dihasilkan. Suhu panas menghasilkan permen keras, suhu menengah menghasilkan permen lunak dan suhu dingin menghasilkan permen kenyal. Permen dinikmati karena rasa manisnya.

Secara umum produk kembang gula dibuat dengan mendidihkan campuran gula dan air bersama dengan bahan pewarna dan pemberi rasa sampai tercapai kadar air kira-kira 3%.

Seni membuat permen dengan daya tahan yang memuaskan terletak pada pembuatan produk dengan kadar air minimum dan dengan sedikit saja kecenderungan untuk mengkristal. Kristalisasi dalam produk-produk ini berakibat mengurangi penampilan yang jernih seperti kaca dan membentuk masa yang kabur. Kekurangan ini disebut graining, dan mengakibatkan penampilan yang kurang memuaskan dan terasa kasar pada lidah.

Jenis kembang gula adalah sebagai berikut dan cara membuatnya:

Permen keras (Hard candy)

Kembang Gula adalah

Adalah permen yang mempunyai tekstur keras (tidak menjadi lunak ketika dikunyah). Bahan utama terdiri dari gula pasir, glukosa, air, serta bahan tambahan lain seperti flavour, pewarna, asam, dan susu. Pada proses pemasakan permen belum mengeras dan masih berbentuk larutan dengan viskositas yang tinggi sehingga mudah dibentuk dalam cetakan. Permen akan mengeras selama proses pendinginan. Produk akhir mengandung 96,5 – 98 % padatan dengan kadar air 2 – 3,5 % yang bersifat higroskopis.

Permen kunyah (Chewy Candy)

Kembang Gula adalah

Adalah permen yang mempunyai tekstur relatif lunak. Chewy candy mempunyai kadar air sekitar 6-7%. Bahan baku pembuatan chewy candy terdiri dari gula pasir, sirup glukosa, air, susu, flavour, zat warna dan bahan-bahan tambahan lainnya seperti lemak yang mempunyai sifat atau membentuk tekstur menjadi empuk.

 

Permen karet (Gummy Candy)

Kembang Gula adalah

Pembuatan permen karet meliputi pembuatan campuran gula yang dimasak dengan kandungan padatan yang diperlukan, penambahan bahan pembentuk gel dengan cita rasa dan warna, serta akhirnya pencetakan produk.

Permen karet dibedakan menjadi 2 kategori yaitu chewing gum dan bubble gum. Perbedaan keduanya terletak pada kemampuan untuk menghasilkan gelembung (balon). Bahan dasar bubble gum mengandung polimer yang bobot molekulnya lebih tinggi dibanding dengan chewing gum. Polimer yang mempunyai bobot molekul lebih tinggi akan memberikan sifat yang elastis pada tekstur permen dan gelembungnya.

Baca juga artikel lainnya Sayur Yang Tahan Lama Setelah Dimasak Paling Populer

Comments are closed.