Mengenal Jenis Jenis Kemasan Plastik berdasarkan Bentuk Kemasan

Mengenal Jenis Jenis Kemasan Plastik berdasarkan Bentuk Kemasan

Kemasan adalah hal yang sangat penting untuk sebuah produk, karena tampilan atau ikon sebuah produk terdapat pada kemasannya. Apabila sebuah produk tidak dikemas dengan semestinya atau bahkan tidak menggunakan kemasan sama sekali konsumen akan memberikan nilai negative untuk produk tersebut.

Berbeda jika produk dikemas dengan baik ditambah dengan desain yang unik dan menarik. Pilihan bahan kemasan juga memiliki bermacam-macam ragam ada yang menggunakan plastik, karton bahkan almunium. Pemakaian bahan kemasan tergantung dari keingan pemilik produk dan harus disesuaikan dengan produk itu sendiri.

Untuk mengemas makanan ringan seperti snack kemasan plastik menjadi pilihan banyak pelaku UKM untuk kemasan produknya. Kenali Jenis Jenis Pengemasan untuk Menjaga Produk.

Berikut jenis jenis kemasan plastik berdasarkan dari bentuk kemasan dan materialnya

jenis jenis plastik kemasan

1. Plastik vakum transparan Bahan Pe+ Nylon

Kemasan plastik vakum digunakan untuk meningkatkan daya tahan produk. Penggunaan kemasan ini untuk produk yang sensitif, dan perlu memiliki alat vakum sealer untuk menyegel serta menghampakan udara pada kemasan. Jenis kemasan plastik ini menggunakan barrier nylon yang berguna untuk mencegah udara dari luar masuk ke dalam kemasan saat udara sudah di vakum keluar.

Kemasan ini terbuat dari bahan pe+ nylon sehingga sangat aman untuk mengemas makanan yang berupa kacang, beras dan sosis. Kemasan ini secara umum memiliki bentuk pouch.

2. Stand-up Pouch Transparan Bahan Pe+ Nylon

Kemasan stand up pouch atau kemasan kantong yang dapat diletakkan secara berdiri. Bahan dari kemasan ini menggunakan pe+ Nylon yang tebal yang ujungnya penetupnya bisa direkatkan dengan alat hand sealer atau foot sealer. Kemasan ini lebih cocok baik digunakan untuk makanan ringan atau kemasan bumbu makanan baik berupa cairan atau bubuk.

3. Kemasan Pouch Kombinasi Bahan Metal dan Plastik OPP

Bahan dari kemasan ini mengkombinasikan beberapa material kemasan plastik yaitu metal pada bagian belakang dan plastik OPP bening di bagian depan. Penggunaan bahan metal sebagai lapisan bagian belakang berguna untuk mencegah produk di dalam kemasan terpapar sinar matahari dan tentunya mencegah oksigen masuk ke dalam kemasan.

4. Stand-up Kombinasi Bahan Aluminium foil & PET

Serupa seperti yang sebelumnya kemasan ini mengkombinasikan dua material pada satu kemasan. Pada kemasan ini mengkombinasikan aluminium foil pada bagian belakang dan pasltik OPP bening pada bagian depan. Selain itu bentuknya menggunakan bentuk stand-up yang dapat diletakkan secara berdiri.

Kemasan plastik ini cocok untuk produk makanan ringan, kripik, abon bahkan biji kopi atau bubuk kopi. TIPS CARA MEMBUAT KEMASAN PRODUK MAKANAN RINGAN AGAR TERLIHAT MENARIK.

5. Stand-up Kombinasi dengan Zipper Bahan Aluminium & PET

Kemasannya lebih kokoh dan menyertakan bahan aluminium dan PET seperti kemasan diatas. Jenis kemasan ini memiliki kelebihannya yang terdapat zipper atau seperti resleting yang akan memudahkan pengguna/konsumen membuka kemasan dan merapatkannya kembali.

6. Stand-up Super Clear PP dengan Zipper

Kemasan ini menggunakan bahan plastik super clear PP yang bening sehingga dapat menonjolkan produk yang dikemas. Zipper pada bagian penutup kemasan menjadi daya tarik kemasan ini untuk digunakan pada kemasan  kripik dan makanan ringan lainnya. Selain bentuk pouch, kemasan ini juga ada yang berbentuk stand-up dengan material yang sama dengan ketebalan yang berbeda.

Pemilihan bahan dan bentuk dari kemasan memiliki peranan penting dalam industri produk makanan. Selain kemasan dapat menarik minat pelanggan, juga dapat menjadi pelindung untuk menjaga produk yang dikemas. Pilih kemasan sesuai kebutuhan pada produk yang akan di kemas agar penggunaan kemasan lebih ekonomis.

Comments are closed.