Harga Penukaran Uang Kuno Di Bank Indonesia Dengan Di Jual Ke Toko Online

Harga Penukaran Uang Kuno Di Bank Indonesia Dengan Di Jual Ke Toko Online

harga penukaran uang kuno di bank (Bank Indonesia) akan menarik 4 jenis uang kertas pecahan yang dicetak pada tahun emisi 1998-1999 pada sekitaran bulan desember ini. Para masyarakat pun diminta untuk segera menukarkan uang lama tersebut kepada Bank Indonesia hingga tanggal 30 Desember mendatang.

Baca juga : Berikut Ini Adalah Daftar Biaya Jasa Titipan Safe Deposit Box

Pada Peraturan Bank Indonesia atau di singkat PBI No.10/33/PBI/2008, uang kertas yang akan ditarik dari peredaran masyarakat yakni uang kertas pecahan Rp 100.000 tahun cetak 1999. Selain itu uang kertas pecahan Rp 50.000 tahun cetak 1999, uang kertas pecahan Rp 20.000 tahun cetak 1998, dan uang kertas pecahan Rp 10.000 tahun cetak 1998.

Baca juga : 4 Uang Kuno Yang Paling Dicari Kolektor Indonesia

Namun dengan demikian, banyak sekali masyarakat yang tidak ingin menukarkan uang kuno mereka ke Bank Indonesia. Justru jika mereka menjualnya di toko online atau (e – commerce) mereka dapat menjualnya lebih tinggi dari nominal uang tersebut.

Harga Penukaran Uang Kuno Di Bank Indonesia Dengan Di Jual Ke Toko Online

harga penukaran uang kuno di bank

Berdasarkan penelusuran di beberapa halaman toko online, rata – rata uang rupiah yang dijual oleh pelapak tersebut yakni mulai dari pecahan Rp 100.000 tahun cetak 1999 berbahan plastik atau lebih tepatnya (polymer) dan bergambar Soekarno-Hatta.

Pelapak Menjual Lebih Mahal Jika Nomor Seri Cantik

Harga yang di berikan oleh penjual di toko online tersebut mulai dari Rp 125.000 / lembar sampai yang paling mahal hinga Rp 995.000/lembar. Biasanya harga dari uang kuno tersebut akan bertambah mahal jika memiliki nomor seri uang yang terbilang unik atau cantik.

Seperti salah satunya uang yang dijual oleh pemilik salah satu lapak toko online dengan nama toko adalah “Koleksi Uang Kuno”. Dia berani menjual uang pecahan Rp 100.000 tersebut dengan harga Rp 355.800 dan juga ada yang Rp 995.000.

“Uang dengan Nomor seri cantik ADO 181515, kondisi masih mulus, Uang Asli, tidak ada robek, uang tidak cacat dijual Rp 355.800. Nomor seri yang unik BFD 111111 jual Rp 995.000,” tulisnya di deskripsi produk tersebut.

Tidak hanya itu, pemilik toko tersebut juga menjual uang pecahan senilai Rp 10.000 tahun cetak 1998 dengan harga bahkan mencapai Rp 5  juta dikarenakan uang tersebut memiliki nomor seri yang cantik cukup yaitu IFF 888888.

Pemilik lapak toko online yang bernama Muhammad Assad yang tinggal di Malang, Jawa Timur. Muhammad Assad, mengaku bahwa dia sudah berbisnis jual beli uang kuno sejak dirinya masih berkuliah atau sekitar sejak sepuluh tahun yang lalu.

Kebanyakan dari pembeli tersebut merupakan kolektor uang kuno atau WNA.  Assad sendiri mengaku bahwa dia mendapatkan uang dengan kode seri yang cukup unik itu secara tidak sengaja dari kerabat maupun temannya. “Biasanya, lagi lihat uang kok nomornya bagus. Atau punya temen saya nomor seri bagus, biasanya saya suka minta tukar dengan uang saya, kan dia enggak terlalu butuh dengan nomor seri,” tuturnya.

Namun, Assad sendiri mengaku belum mengetahui jika uang yang dia jual di lapak toko online tersebut ada yang akan ditarik oleh pihak BI mulai akhir tahun ini.

“Saya enggak tahu. Tapi saya terserah pembeli saja lah biasanya, mau beli syukur, tidak ya ndak apa-apa,” tambahnya.

Cara Penukaran Uang di BI

Dalam surat keputusan PBI No.10/2008 menyebutkan, bahwa telah terhitung sejak tanggal 31 Desember 2013 hingga 30 Desember 2018 uang pecahan yang akan ditarik tersebut hanya dapat ditukarkan di BI, baik di BI yang ada di kantor pusat atau di kantor perwakilan.

Cara penukarannya yakni dengan mendatangi layanan yang mengurus bagian kas BI di kantor BI. Sebelumnya  kasir akan memerika keaslian dari uang tersebut terlebih dulu. Jika memang benar – benar asli, uang itu dapat ditukarkan sama nilainya dengan uang emisi yang saat ini atau bisa disebut dengan 1:1. Bagaimana memilih di tukarkan atau dijual?

Nah itulah tadi sedikit pembahasan tentang harga penukaran uang kuno di bank semoga bermanfaat bagi Anda. Saya ucapkan terimakasih banyak kepada Anda karena telah mengunjungi dan membaca artikel Saya. Saya juga meminta maaf bila ada kesalahan pengguanaan bahasa maupun penulisan kata.

 

Semoga artikel ini bermanfaat sekian!

Comments are closed.