Browsed by
Category: Roti

Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat yang Empuk dan Lembut

Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat yang Empuk dan Lembut

Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat – Roti adalah nama salah satu makanan yang sudah populer di masyarakat bahkan sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Roti pada umumnya terbuat dari tepung terigu dan dibuat dengan cara dipanggang dalam oven sampai mengembang dan matang.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dan orang-orang yang lebih kreatif lagi, roti kini dapat dibuat dengan cara digoreng bahkan didalamnya memiliki isi dengan berbagai macam rasa seperti sayur, daging, coklat dan lain sebagainya.Membuat isi roti goreng juga dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan .

Roti Goreng

Roti Goreng merupakan jajanan khas tradisional di Indonesia. Biasanya ketika sore hari datang, roti ini dijajakan bersama dengan roti cakwe di pinggir jalan.

Isi dari roti goreng ini pun bervariasi, ada yang menggunakan coklat, kacang hijau, ada juga yang hanya roti biasa tanpa isi. Roti goreng merupakan salah satu makanan nikmat yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Tanah air. Dari segi rasanya pun sudah tidak perlu lagi kita ragukan.

Semua kalangan baik tua muda dewasa kecil menikmati makanan yang memiliki tekstur gurih empuk ini.Untuk bisa menemui makanan ini bisa kita dapatkan dengan mudah seperti beli di penjaja makanan keliling atau juga bisa membuat sendiri di rumah dengan mudah.

Baca Juga:Cara Membuat Roti Bakar Yang Unik dan Sensasinya Luar Biasa

Bahan utama roti goreng isi coklat

Khasiat Coklat Sebagai Isian Utama

Mencegah penyakit jantung

Sebuah potongan cokelat dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular di jantung berjalan lancar.

Terutama dark chocolate dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan prosentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%. Jadi bukan sebuah masalah mengkonsumsi sebuah bar atau sepotong cokelat sehari-hari

  • Menurunkan tekanan darah

Seperti juga sayuran yang memiliki warna yang gelap, coklat juga memiliki sifat dan manfaat yang mirip. Coklat mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Antioksidan membantu menurunkan tekanan darah dengan cara memproduksi oksida nitrat. Hal ini juga menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

  • Coklat meningkatkan kesehatan mata

Dengan mengonsumsi coklat maka kita bisa mendapatkan manfaat meningkatnya kesehatan mata kita. Hal ini dikarenakan aliran darah yang menuju ke retina meningkat dengan baik dan dapat membantu memperbaiki penglihatan dan kekuatan mata

  • Menghambat penuaan

Keuntungan lain dari mengkonsumsi cokelat adalah bahwa hal itu membantu dalam menghambat penuaan. Hal ini dapat menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukkan penuaan di wajah. Coklat mengandung antioksidan alami untuk menundanya.

  • Kandungan lemak rendah

Cocoa powder yang merupakan bahan utama dalam coklat rendah lemak. Jadi kita tak perlu khawatir dalam mengkonsumsi coklat dalam masalah berat badan. Namun hal ini bisa berubah ketika kita mengkonsumsi coklat dengan jumlah yang besar.

Baca juga : Cara membuat Roti Kukus Yang Mengembang Sempurna

Khasiat tepung terigu yang menjadi bahan utama roti goreng

  • Mengatasi luka bakar

Apabila terkena luka bakar, misalkan tidak sengaja terkena air mendidih ketika masak,  dapat menggunakan tepung terigu untuk mengatasi masalah luka bakar yang alami.Karea khasiat tepung terigu dipercaya bisa menyembuhkan luka bakar,sama seperti pasta gigi.

  • Membuat logam berkilau

Apabila ceret dapur, lampu tembaga maupun barang kerajinan lain yang terbuat dari logam terlihat usang karena dimakan waktu, dapat menggunakan tepung terigu untuk mengembalikan kilau barang-barang tersebut.

  • Sebagai sampo kering

Apabila anda sedang terburu-buru dan rambut terasa berminyak, Anda dapat menaburkan tepung terigu ke rambut anda untuk mengatasi hal tersebut.

  • Mencerahkan kulit

Dengan takaran yang tepat, tepung terigu dapat dijadikan masker agar membuat kulit  terlihat lebih sehat dan cerah.

  • Membantu mengatasi jerawat

Selain dapat membuat kulit cerah, tepung terigu juga bisa dijadikan masker untuk membantu mengatasi jerawat.

  • Sebagai lulur

Tepung terigu juga dapat digunakan sebagai lulur untuk detoksifikasi kulit.

Baca Juga : Cara Membuat Jus Wortel Untuk Menyembuhkan Mata Minus

Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat

Untuk membuat roti goreng isi coklat ada beberapa bahan yang perlu disiapkan. Kemudian bahan – bahan tersebut diolah menjadi roti goreng isi coklat. Simak resep berikut ini dan ikuti langkah – langkahnya.

Bahan Bahan tentang Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat

  • 300 gram tepung terigu
  • 30 gram margarin
  • 30 gram gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdt garam
  • 130 ml susu cair dingin
  • 50 ml susu cair
  • 150 gram coklat masak pekat (potong kecil-kecil)

Cara membuat isi coklat untuk roti goreng

  1. Panaskan susu cair dan tambahkan coklat masak pekat, aduk rata sampai
  2. Angkat dan dinginkan sejenak.

Cara membuat roti goreng isi coklat

  1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, soda kue, dan ragi instan ke dalam satu wadah. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan susu cair dan telur ke dalam wadah yang berbeda sambil di aduk. Aduk merata. Kemudian masukkan adonan telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan garam dan margarin, uleni adonan hingga menjadi kalis. Diamkan sebentar sampai kurang lebih 30 menit.
  4. Setelah kurang lebih 30 menit , kempiskan adonan dan ambil adonan. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, setiap bagian beratnya 30 gram. Kemudian bentuk bulat adonan tersebut. Diamkan adonan selama kurang lebih 10 menit
  5. Lalu pipihkan adonan, beri isi coklat dan bentuk adonannya menjadi oval. Siapkan loyang dan beri taburan tepung terigu. Letakkan adonannya ke atas permukaan loyang(jangan dimasukkan ke oven). Diamkan selama 30 menit.
  6. Selagi menunggu, kalian bisa lakukan hal yang sama pada adonan dan isian untuk adonan yang masih tersisa sampai semuanya
  7. Panaskan minyak dan goreng rotinya hingga berwarna kuning kecoklatan.

Baca juga:Cara Membuat Roti Mexican Bun Yang Lumer dan Lembut

Itu tadi cara membuat roti goreng isi coklat yang enak dan lembut.Semoga Bermanfaat

Usaha Roti Bakar Unik

Usaha Roti Bakar Unik

Cara Membuat Usaha Roti Bakar Unik

Apa sih itu Roti Bakar?

Usaha Roti Bakar Unik–Roti bakar adalah salah satu makanan yang biasa dijual pada saat malam hari. Biasanya, roti bakar banyak dijual dipinggir jalan dengan harga yang cukup murah sehingga banyak orang yang membeli roti bakar yang dijual dipinggir jalan.

Roti bakar ini memiliki berbagai macam jenis rasa dan semua rasanya sama-sama enak dan lezat. Roti bakar coklat keju juga banyak disukai oleh semua orang terutama anak-anak atau kalangan muda karena rasanya yang manis dan sedikit gurih. banyak anak muda yang nongkrong di kafe membeli roti bakar yang memang ada juga roti bakar yang dijual di kafe kafe dekat jalan raya.

Untuk membuat roti bakar sebenarnya sangat  gampang dan sangat mudah, kita pun dapat membuatnya sendiri dirumah tanpa harus membeli diluar rumah. Untuk pemanggang rotinya kita bisa menggunakan teflon atau penggoreng anti lengket

Bahan dalam Cara Membuat Usaha Roti Bakar Unik

Usaha Roti Bakar Unik

  • roti tawar sebanyak kurang lebih 10 lembar
  • coklat meses secukupnya saja
  • keju cheddar parut secukupnya saja
  • susu kental manis putih atau coklat secukupnya saja
  • margarine secukupnya saja

Langkah dan Resep dalam Cara Membuat Usaha Roti Bakar Unik :

cara membuat roti bakar unik

  1. Pertama  – tama kita ambil roti tawar yang sudah kita siapkan sebelumnya. Lalu kita oles dengan menggunakan margarine pada masing-masing bagian roti tawar smpai merata dan maksimal.
  2. Setelah itu kita olesi juga pemanggang roti dengan sedikit margarine agar tidak lengket saat kita membakar roti tawarnya.
  3. Nyalakan alat pemanggang rotinya dengan menggunakan kompor dengan nyala api sedang agar roti tidak mudah gosong saat dipanggang.
  4. Setelah itu kita letakkan roti tawar satu persatu diatas pemanggang yang sudah dioles margarine.
  5. Kemudian kita taburi roti tawar yang dipanggang dengan coklat meses dan keju parut atau bia juga dengan selai strawberry,selai nanas, selai melon, selai pisang dan selai lainnya.
  6. Selanjutnya kita tambahkan susu kental manis secukupnya saja didalam roti agar semakin enak dan legit.
  7. Lalu kita tutup bagian atas roti tawar dengan roti tawar yang lain agar matang dengan sempurna. Kita jangan lupa balik – balik roti agar tida gosong.kalau gosong kan jadi nggak enak 😀
  8. kemudian kita panggang terus roti sampai warnanya menjadi kuning keemasan
  9. Dan lakukan dengan cara yang sama untuk roti tawar lainnya sampai roti habis dan selesai proses pemanggangan
  10. Ta ra ra ra ra ra ra ra ra ..Roti bakar unik siap untuk disajikan bersama keluarga, teman, atau orang – orang terdekat kita.Kita juga bisa menjualnya dengan membuka usaha jual roti bakar unik dengan menggunakan showcase, agar suhu roti bakar tetap terjaga dan kebersihan roti tetap terjaga sehingga lebih terjamin dan tahan lama.

Analisis Pasar dan Pemasaran Usaha Roti Baka Unik

analisa usaha roti bakar

  1. Target Pasar

    pasaran roti bakar

    Usaha roti bakar kita harus berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama, seperti, Alun-alun, pasar, dekat swalayan, atau dekat kantor dan tempat keramaian lainnya. Karena tempat-tempat lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat, yaitu masyarakat lokal maupun non lokal sehingga usaha kita bisa mudah untuk dikenal oleh masyarakat dan dijangkau oleh masyarakat.

  1. Pesaing

    Terdapat banyak pesaing dari usaha Roti bakar ini, akan tetapi di sinilah usaha kita akan berkembang dengan berlomba – lomba meningkatkan usaha roti bakar kita ini agar mudah dikenal orang. bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli roti bakar kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan usaha kita.

  2. Sasaran Pembeli

    Usaha ini sasaran pembeli yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli roti bakar yang kita tawarkan, karena harga roti bakar cukup terjangkau untuk semua kalangan.

Strategi Pemasaran Roti Bakar

strategi pemasaran roti bakar

  1. Dari Mulut ke Mulut

     

    usaha roti bakar yang enak dan mudah
    Promosi jenis ini adalah jenis promosi yang paling sederhana, apalagi tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Kita hanya cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita .

    Dan jika usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli roti bakar di tempat kita. Dan kita kan mendapatkn keuntungan yang lumayan besar.

  1. Dengan Media Internet

    usaha roti bakar

    Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat kita lakukan dengan menggunakan media internet atau promosi dengan media sosial. Sseperti melalui media sosial facebook, twitter, blog,dll. Karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media sosial, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita dengan mudah dan cepat.

  1. Pengembangan Pasar

    staregi pasar roti bakar

    Selain kita melakukan berbagai strategi pemasaran cara seperti diatas. Kita juga bisa mempromosikan usaha kita dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki sering disebut juga dengan cabang penjualan.

    Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha roti bakar ini ke daerah-daerah lain sehingga usaha kita ini akan lebih dikenal oleh masyarakat. Juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru yang ada di daerah yang kita membuka usaha roti bakar kita.

    Sekian tadi cara membuat roti bakar unik dengan cara sederhana sehingga kita dapat membuatnya dirumah. Kita dapat menjamin kebersihan dan kandungan dalam roti bakar kita ini. Kita bisa membuatnya bersama dengan keluarga sehingga lebih terasa nikmat saat kita memakannya. Semoga anda bisa membuatnya dirumah dengan rasa yang sangat enak dan sama seperti yang anda inginkan.

Cara Membuat Mexican Bun atau Roti Boy

Cara Membuat Mexican Bun atau Roti Boy

Cara Membuat Mexican Bun – Hot news nih buat yang pada doyan dengan roti boy (Mexican Bun) atau kalian penggemarnya? Hehe

Cara Membuat Mexican Bun

Aroma kopi dari roti ini memang begitu menggoda, ditambah melted butter di dalamnya yang jelas aroma kopi nya yang paling dikenang cie, yummy!

Roti ini banyak banget dijual distasiun kereta, beuuh aromanya semerbak kopi, apalagi buat para coffee craem lovers, dijamin berenti trus jajan roti deh.

Dan Ketika saya berfikir kanan-kiri, maju-munur kena eh saya berfikir kenapa gak buat sendiri dirumah aja, kali aja bisa buat bisnis kalo berhasil gitu haha.

Saya membuatnya dari resep dari mamih nih. Rotinya pakai resep roti empuk, jadinya nyeesshhh…makpress gitu. Mirip banget sama kayak yang dijual diluaran yang memakan uang jajan banyak hehe.

(BACA JUGA : PELUANG USAHA WARUNG KOPI DAN RINCIAN MODAL AWAL)

Bahan Cara membuat mexican bun:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram mentega
  • 11 gram (1 bungkus) ragi instant
  • 1/2 sdt bread improver
  • 4 butir kuning telur
  • 200 ml air es (plus siapkan 100 ml lagi untuk jaga-jaga jika adonan masih terlalu kering)
  • 1/2 sdt garam

(BACA JUGA : MANFAAT KOPI HITAM UNTUK WAJAH, BUAT WAJAH MENJADI KINCLONG)

Bahan isi:

  • Butter beku, potong-potong kotak dadu

Cara membuat:  

  • Campur semua bahan kering, KECUALI GARAM, aduk rata.
  • Masukkan air es 200 ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata dan setengah kalis.
  • Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis dan elastis (licin, halus, mengkilat dan tidak mudah sobek jika dibeberkan sampai tipis).
  • Bulatkan adonan dan taruh dalam wadah, istirahatkan sampai mengembang 2x lipatnya (sekitar 1-1 1/2 jam).
  • Kempiskan adonan, timbang masing-masing 45 gram.
  • Pipihkan, isi dengan butter beku.
  • Bulatkan kembali. Istirahatkan kembali sampai mengembang lagi untuk kedua kalinya (sekitar 45 menit).

(BACA JUGA : SEJARAH KOPI LUWAK INDONESIA, TAK ADA KENIKMATAN TANPA PERJUANGAN)

Bahan topping:

  • 50 gram gula halus
  • 50 gram gula palem
  • 100 gram mentega
  • 80 gram telur tanpa kulit (ditimbang ya)
  • 130 gram terigu protein rendah
  • 5 gram kopi hitam instan, larutkan dengan 1 sendok makan air panas, dinginkan
  • 5 gram essence kopi coffeenoir (ini nih yg bikin aromanya semerbak)

Cara membuat topping:

  • Kocok mentega, gula halus, gula palem dan telur hingga lembut dan creamy. Masukkan terigu, aduk rata.
  • Masukkan larutan kopi dan essence kopi coffeenoir. Aduk rata.
  • Masukkan dalam kantong segitiga, gunting sedikit ujungnya.

(BACA JUGA : PERBEDAAN KOPI ROBUSTA DAN ARABIKA, BEDA BIJI KOPI BEDA RASANYA)

Penyelesaian:

  • Semprotkan topping di atas roti bulat yang telah mengembang.
  • Semprot dengan pola melingkar seperti obat nyamuk mulai dari puncak roti sampai 3/4 bagian roti tertutup topping (sisakan 1/4 bagian yg tidak dicover topping karena topping akan meleleh selama proses pemanggangan).
  • Semprotnya yg rapat ya, agar bagus dan mulus hasilnya.
  • Panggang dalam oven bersuhu 180’C sampai matang sekitar 15 menit.
  • Apabila topping belum begitu kering, pindahkan ke rak paling atas dan panggang lagi sebentar saja. Angkat. Sajikan hangat.

Sekian artikel cara membuat mexican bun semoga bermanfaat !

(BACA JUGA :  CARA MENANAM KOPI YANG BAIK DAN BEBNAR SEKALIGUS ASOY !)