Browsed by
Category: Kopi

Cara Membuat Mexican Bun atau Roti Boy

Cara Membuat Mexican Bun atau Roti Boy

Cara Membuat Mexican Bun – Hot news nih buat yang pada doyan dengan roti boy (Mexican Bun) atau kalian penggemarnya? Hehe

Cara Membuat Mexican Bun

Aroma kopi dari roti ini memang begitu menggoda, ditambah melted butter di dalamnya yang jelas aroma kopi nya yang paling dikenang cie, yummy!

Roti ini banyak banget dijual distasiun kereta, beuuh aromanya semerbak kopi, apalagi buat para coffee craem lovers, dijamin berenti trus jajan roti deh.

Dan Ketika saya berfikir kanan-kiri, maju-munur kena eh saya berfikir kenapa gak buat sendiri dirumah aja, kali aja bisa buat bisnis kalo berhasil gitu haha.

Saya membuatnya dari resep dari mamih nih. Rotinya pakai resep roti empuk, jadinya nyeesshhh…makpress gitu. Mirip banget sama kayak yang dijual diluaran yang memakan uang jajan banyak hehe.

(BACA JUGA : PELUANG USAHA WARUNG KOPI DAN RINCIAN MODAL AWAL)

Bahan Cara membuat mexican bun:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram mentega
  • 11 gram (1 bungkus) ragi instant
  • 1/2 sdt bread improver
  • 4 butir kuning telur
  • 200 ml air es (plus siapkan 100 ml lagi untuk jaga-jaga jika adonan masih terlalu kering)
  • 1/2 sdt garam

(BACA JUGA : MANFAAT KOPI HITAM UNTUK WAJAH, BUAT WAJAH MENJADI KINCLONG)

Bahan isi:

  • Butter beku, potong-potong kotak dadu

Cara membuat:  

  • Campur semua bahan kering, KECUALI GARAM, aduk rata.
  • Masukkan air es 200 ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata dan setengah kalis.
  • Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis dan elastis (licin, halus, mengkilat dan tidak mudah sobek jika dibeberkan sampai tipis).
  • Bulatkan adonan dan taruh dalam wadah, istirahatkan sampai mengembang 2x lipatnya (sekitar 1-1 1/2 jam).
  • Kempiskan adonan, timbang masing-masing 45 gram.
  • Pipihkan, isi dengan butter beku.
  • Bulatkan kembali. Istirahatkan kembali sampai mengembang lagi untuk kedua kalinya (sekitar 45 menit).

(BACA JUGA : SEJARAH KOPI LUWAK INDONESIA, TAK ADA KENIKMATAN TANPA PERJUANGAN)

Bahan topping:

  • 50 gram gula halus
  • 50 gram gula palem
  • 100 gram mentega
  • 80 gram telur tanpa kulit (ditimbang ya)
  • 130 gram terigu protein rendah
  • 5 gram kopi hitam instan, larutkan dengan 1 sendok makan air panas, dinginkan
  • 5 gram essence kopi coffeenoir (ini nih yg bikin aromanya semerbak)

Cara membuat topping:

  • Kocok mentega, gula halus, gula palem dan telur hingga lembut dan creamy. Masukkan terigu, aduk rata.
  • Masukkan larutan kopi dan essence kopi coffeenoir. Aduk rata.
  • Masukkan dalam kantong segitiga, gunting sedikit ujungnya.

(BACA JUGA : PERBEDAAN KOPI ROBUSTA DAN ARABIKA, BEDA BIJI KOPI BEDA RASANYA)

Penyelesaian:

  • Semprotkan topping di atas roti bulat yang telah mengembang.
  • Semprot dengan pola melingkar seperti obat nyamuk mulai dari puncak roti sampai 3/4 bagian roti tertutup topping (sisakan 1/4 bagian yg tidak dicover topping karena topping akan meleleh selama proses pemanggangan).
  • Semprotnya yg rapat ya, agar bagus dan mulus hasilnya.
  • Panggang dalam oven bersuhu 180’C sampai matang sekitar 15 menit.
  • Apabila topping belum begitu kering, pindahkan ke rak paling atas dan panggang lagi sebentar saja. Angkat. Sajikan hangat.

Sekian artikel cara membuat mexican bun semoga bermanfaat !

(BACA JUGA :  CARA MENANAM KOPI YANG BAIK DAN BEBNAR SEKALIGUS ASOY !)