Browsed by
Category: ES

Pengen Tau Cara Membuat Es Krim Aneka Buah? Begini Caranya!

Pengen Tau Cara Membuat Es Krim Aneka Buah? Begini Caranya!

Cara Membuat Es Krim Aneka Buah – Siapa yang tidak suka makan es krim? Dari mulai anak-anak sampai sudah tua pun pasti senang memakan es krim. Apalagi di cuaca yang panas yang di cari orang adalah es krim. Dan kalau liburan ke tempat  yang memiliki iklim tropis, melepas lelah sehabis jalan-jalan yang di cari adalah es krim. Es krim pun mempunyai beberapa jenis berbeda seperti roti es krim, es potong, es krim cone,es krim bakar, es krim buah, dan lain-lain.

 

Es krim merupakan salah satu kuliner yang menyegarkan dan memiliki banyak penggemar. Mulai dari anak kecil yang giginya belum lengkap, sampai orang tua yang giginya tinggal dua. Semua suka dengan makanan yang rasanya manis dan memberikan sensasi dingin ini.

 

Dengan disukai hampir semua kalangan, es krim menjadi salah satu dessert yang paling disukai lho, bukan hanya di Indonesia saja, bahkan di dunia.

 

Berbeda dengan es krim, ada juga makanan yang biasanya menjadi dessert atau makanan penutup, tetapi tidak semua orang suka, ya, buah-buahan. Walaupun buah memiliki kandungan gizi yang banyak, nggak semua orang suka mengonsumsinya lho.

 

Nah, buat yang nggak suka makan buah, gimana kalau kita buat aja perpaduan antara es krim dan buah-buahan. Kelezatan dari es krim, berpadu dengan nilai gizi yang ada dalam buah-buahan. Tentunya akan menjadi kuliner menyegarkan dan juga menyehatkan.

 

Jaman sekarang, es krim bisa dengan mudah anda dapatkan di warung, toko, mall, supermarket dan tempat lainnya. akan tetapi supaya lebih aman dan bahan-bahan yang di konsumsi lebih aman, mendingan anda membuat es krim sendiri, untuk informasi pembuatannya,  kali ini kami akan bagikan untuk anda cara membuat es krim aneka buah yang sederhana.

 

Dari pada terlalu lama basa – basinya , dan pastinya anda sudah tidak sabar lagi ingin makan es krim ,  mending langsung saja kita lihat bersama cara membuat es krim aneka buah yang unik di bawah ini . Simak terus yaa!

 

Cara Membuat Es Krim Aneka Buah – Pisang

cara membuat es krim aneka buah

Pisang adalah buah-buahan yang sering ditemukan di Indonesia. Pisang mudah di dapatkan pada semua tempat dan dengan harga yang relatif terjangkau. Buah pisang cocok sebagai makanan pencuci mulut. Mengkonsumsi pisang secara rutin ternyata banyak manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh.

Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil untuk membantu tumbuh kembang janin. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan nutrisi seperti kalium dan juga asam folat. Buah pisang membantu tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen, yang berfungsi membangun perbaikan dan regenerasi jaringan pada tubuh.

Manfaat buah pisang kaya akan kandungan vitamin dan mineralnya yang penting, seperti : vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium. Selain dimakan langsung , pisang juga bisa diolah menjadi hidangan lainnya, salah satunya es krim. Berikut cara membuat es krim buah pisang.

Bahan Es Krim Buah Pisang :

  • 4 buah pisang , potong-potong lalu bekukan
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1 sdm munjung maizena (soalnya belum punya timbangan)
  • Segelas belimbing air

Cara Membuat :

  1. Campur air, maizena, masak sambil diaduk-aduk sampai meletup-letup. Biarkan dingin.
  2. Blender pisang, adonan maizena dan susu kental manis sampai halus.
  3. Pindahkan kedalam wadah, masukkan ke dalam freezer sampai setengah beku.
  4. Setelah setengah beku, mixer sampai mengembang lalu masukkan lagi ke freezer.
  5. Setelah beku siap disantap dengan toping sesuai selera.  Selamat mencoba.

 

Itulah tadi beberapa resep rekomendasi cara membuat es krim buah yang bisa sajikan. Semoga bisa membantu agan dalam berkreasi dalam membuat es krim atau bahkan bisnis es krim. Untuk mengahasilkan es krim buah yang maksimal gunakan mesin es krim atau alat pembuat es krim ini.

Praktekkan! Resep Es Krim Sederhana Ala Rumahan

Praktekkan! Resep Es Krim Sederhana Ala Rumahan

Resep Es Krim Sederhana Ala Rumahan – Siapa yang tidak kenal dengan es krim ? Es krim adalah salah satu makanan paling banyak disukai oleh semua kalangan, dengan berbagai macam variasi rasa membuat penggemar akan lebih cinta dengan kelembutannya. Makanan yang banyak disukai oleh anak – anak maupun orang dewasa ini memang banyak tersedia di minimarket ataupun toserba di sekitar anda.

 

Di Indonesia, es krim dibawa oleh Belanda yang dikenal sebagai es krim Saloon. es krim saloon adalah yang pertama berdiri dan tentu saja hanya bisa dinikmati di kota besar. Pada zaman itu es krim adalah makanan mewah dan mahal, dan sebagian besar hanya Belanda dapat menikmatinya.

 

Dengan harganya yang sampai sekarang terhitung masih cukup mahal membuat kita berpikir dua kali untuk bisa membeli dan merasakan nikmatnya es krim. Tetapi sobat semua tenang saja, buat kalian yang merasa berat untuk membeli es krim yang harganya cukup mahal , kali ini saya akan membagikan sedikit informasi resep es krim sederhana ala rumahan yang lezat dan lembut.

 

Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang resep es krim rumahan. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang resep es krim rumahan yang lezat dan lembut, dan tentu saja murah meriah. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya.

 

Resep Es Krim Sederhana Ala Rumahan 2 Rasa

resep es krim sederhana ala rumahan

Bahan yang di perlukan untuk membuat resep es krim sederhana ala rumahan :

  • 1 kaleng susu kental manis
  • 16 sendok makan gula pasir
  • 5 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok makan sp
  • 4 kaleng air bersih (gunakan takaran kaleng bekas susu)
  • garam secukupnya
  • 3 sendok makan susu bubuk full cream
  • 65 ml santan kental (bisa juga gunakan santan kemasan)
  • 1 sachet pop ice rasa coklat
  • 1 sachet pop ice rasa vanilla (untuk rasa anda bisa sesuaikan dengan selera)
  • cup es krim

Cara membuat resep es krim sederhana ala rumahan :

  1. Siapkan panci untuk merebus, masukkan susu kental manis, air, tepung maizena, garam, susu bubuk, santan dan gula pasir, kemudian masak dengan api sedang sambil terus di aduk sampai adonan meletup – letup.
  2. Setelah adonan es krim tadi matang, angkat dan diamkan sampai suhunya turun/dingin.
  3. Siapkan kantong plastik untuk wadah adonan tadi. Isikan adonan ke dalam kantong plastik lalu masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga setengah membeku.
  4. Sementara menunggu adonan es krim tadi, siapkan mangkuk kecil dan masukkan 1 sendok makan sp lalu di tim hingga sp mencair.
  5. Selain dengan cara di tim, mencairkan sp bisa juga dengan memasukkan nya ke dalam rice cooker hingga mencair.
  6. Setelah adonan es krim tadi menjadi setengah beku, mixer dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 5 menit.
  7. Setelah itu masukkan sp yang sudah di cairkan tadi lalu di mixer kembali hingga adonan mengembang dan lembut.
  8. Bagi adonan menjadi dua bagian kemudian masukkan penambah rasa pop ice di setiap masing – masing adonan lalu mixer kembali hingga tercampur rata.
  9. Siapkan wadah atau cup, lalu masukkan adonan secara bergantian sampai semua adonan habis.
  10. Terakhir masukkan es krim ini ke dalam freezer dan tunggu hingga es krim membeku.
  11. Es krim 2 rasa siap untuk disantap.

 

Dengan resep es krim rumahan yang sederhana ini mungkin anda bisa sedikit menghemat biaya pengeluaran anda, karena membuatnya sendiri tanpa menggunakan mesin khusus hanya dengan tangan anda sendiri di rumah mampu membuat rasanya istimewa. Selain itu pastinya adalah sajian tersebut terbebas dari bahan – bahan yang merusak tubuh seperti pengawet makanan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua , jangan lupa share artikel ini yaa 🙂 terima kasih.

Begini Cara Membuat Ice Cream Oreo Simple!

Begini Cara Membuat Ice Cream Oreo Simple!

Cara Membuat Ice Cream Oreo Simple – Siapa yang tidak mengenal kue Oreo di negara indonesia ini, pasti dari kalangan anak kecil sampai orang dewasa sudah mengetahui kue yang renyah dan enak ini. Kue oreo ini adalah sejenis biskuit yang biasanya ada cream vanila didalamnya, dan sangat lezat untuk anda nikmati.

 

Untuk kali ini oreo yang biasanya dinikmati hanya di cemil atau mungkin di celupkan pada segelas susu, akan diolah menjadi pelengkap dalam cara membuat ice cream oreo simple yang memang keduanya sangat enak dan lezat, jadi sudah cukup jelas kalau es krim kali ini akan sangat disukai oleh berbagai kalangan yang memang ingin mencoba resep terbaru ini.

 

Untuk cara membuat ice cream oreo simple ini akan sangat memusingkan anda kalau memang belum tau bagaimana mengolahnya, tapi dengan bantuan resep kali ini semoga saja anda yang tadinya tidak bisa membuat es krim oreo yang sangat enak ini, sudah bisa menikmatinya kali ini, berkat bantuan resep yang diberikan kepada anda.

 

Pembuatan es krim oreo ini sebenarnya sangat mudah sekali, dan anda pun bisa langsung membuatnya sekarang bila sudah ada bahan dan alat pembuatannya. Silahkan anda ikuti langkah sajian resep es krim oreo ini dengan seksama, agar anda bisa membuatnya tanpa melihat nantinya.

 

Cara Membuat Es Krim

Sebenarnya tidak dibutuhkan waktu yang terlalu lama untuk dapat membuat es krim, akan tetapi untuk bisa membuat es krim yang benar – benar nikmat dengan berbagai variasi rasa memang diperlukan waktu lebih. Untuk pengembangan variasi rasa bisa juga anda kerjakan sembari menjalankan usaha es krim anda. Sambil berbisnis, sambil terus berlatih.

 

Di jaman dulu mungkin memang susah ketika akan membuat es krim, di samping bahannya terkadang sulit didapatkan, juga harus mempunyai freezer yang saat itu masih relatif mahal. Tapi untuk saat ini semuanya sudah serba mudah, hampir setiap rumah tangga sudah memiliki freezer, bahan-bahan untuk membuat es krim pun mudah untuk didapatkan.

 

Informasi petunjuk atau resep membuat es krim bisa dengan mudah didapatkan di buku-buku resep juga di internet. Hal yang perlu anda ingat, agar es krim anda terjamin kesehatannya, gunakan bahan-bahan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi.

 

Cara Membuat Ice Cream Oreo Simple

cara membuat ice cream oreo simple

Bahan yang dibutuhkan :
-100 gram tepung hun kwe cap kucing
-15 sendok gula
-3 sachet susu
-1500 ml air
-coklat van houten (atau coklat lain)
-oreo
-1 sdm sp
-toping : coklat , oreo , caca

Cara membuatnya :
1. Masukkan tepung hun kwe, gula, susu, air
2. Masak di api kecil. Larutkan coklat van houten di mangkok pakai air sedikit.
3. Masukkan coklat van houten ke adonan es krim yg lagi dimasak
4. Aduk”hingga menggolak. Angkat jika sudah menggolak”. Masukkan ke wadah, diamkan sampai dingin lalu masukkan ke kulkas hingga membeku
5. Jika sudah mulai sedikit membeku lalu mixer sebentar. Masukkan lagi ke kulkas hingga beku. Jika sudah beku tim sp (kaya ngetim coklat batangan)
6. Jika sudah beku diamkan sebentar lalu haluskan dan masukkan sp yg sudah di tim lalu mixer lagi sampai lembut kalo udah lembut masukkan oreo + caca dan aduk sesuai selera.
7. Es krim siap disantap

 

Bagaimana, cukup mudah bukan cara membuat ice cream oreo simple ? Selamat mencoba di rumah dan jangan lupa share artikel ini yaa 🙂

 

 

Ini Dia Resep Membuat Es Krim Untuk Jualan

Ini Dia Resep Membuat Es Krim Untuk Jualan

Resep Membuat Es Krim Untuk Jualan – Suka makan es krim? Semua orang tentunya suka makan es krim. Karena selain terkenal memiliki rasa yang enak, rasa manis dan juga teksture lembutnya juga di sukai banyak orang. Jadi tak heran rasanya kalau es krim disukai oleh semua kalangan masyarakat luas.

Termasuk saya, saya juga termasuk penggemar es krim. Seringnya sih beli es krim di minimarket terdekat, namun sekarang kepikiran untuk membuat es krim sendiri supaya bisa jualan. Anda tertarik mencoba membuat resep es krim sederhana untuk dijual juga? Baca terus yaaa, kita akan membagikan tips resep membuat es krim untuk jualan.

Pasalnya, makanan beku yang biasanya dibuat dari produk susu ini memang banyak dinikmati oleh berbagai kalangan. Dan, terdapat banyak sekali hal yang dapat anda manfaatkan untuk makanan selezat es krim. Apalagi kalau bukan peluang usaha baru dengan berbagai macam cara serta ruang dalam memulai usaha nikmat yang satu ini.

Berbagai macam rasa es krim hampir semuanya ada banyak di jual di minimarket atau warung dekat di rumah Anda. Harganya pun bervariasi mulai dari yang murah sampai yang harganya mewah alias mahal. Namun rata-rata es krim yang dijual di minimarket itu contohnya untuk harga es krim merk populer seperti ice cream walls berkisar kurang lebih 5-10 ribuan per cup.

Dipikir-pikir lumayan boros juga kalo beli es krim setiap hari dengan harga segitu. Kalau Anda benar-benar doyan banget makan es krim, Pilihannya, Anda bisa membeli es krim setiap hari atau mending bikin saja sendiri di dapur. Bisa lebih hemat uang dong tentunya.

Apalagi kalau Anda berpikiran membuat resep es krim sederhana untuk dijual. Tentunya selain hemat juga bisa lebih untung dong dari jualan es krim sederhana. Nah, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang aneka resep es krim sederhana untuk dijual.

 

Walaupun resep membuat es krim untuk jualan yang terbuat dari bahan sederhana. Jangan salah, untuk rasa tetap enak dan lembut loh. Menurut saya resep es krim rumahan irit bahan ini cocok di jadikan resep andalan untuk kreasi ice cream jualan. Karena dengan 1 resep, Anda dapat menghasilkan kurang lebih 50 cup es krim siap jual yang bisa dijual dengan harga yang murah meriah. Untuk kalangan anak-anak biasanya sih di jual sekitar 2000 rupiah saja.

 

Berikut kita bagikan resep membuat es krim untuk jualan. Simak terus yaa!

 

Resep Membuat Es Krim Untuk Jualan

resep membuat es krim untuk jualan

Bahan :

  • 2 sdm tepung maizena
  • 5 sdm cokelat bubuk
  • 1 sdm SP
  • (120 ml) susu sachet (3)
  • 2 1/2 gelas air
  • secukupnya garam
  • 5 sdm gula
  • 2 bungkus pop ice

Cara Membuat :

  1. masak susu, tepung maizena, air, gula dan kasih sedikit garam sampai meletup-letup
  2. dingin kan, lalu masukkan ke dalam freezer
  3. setelah beku , kocok dengan sp yang sudah di tim (masukkan ke dalam magic com sampai meleleh, dinginkan sampai kembali ke bentuk semula)
  4. setelah adonan mengembang, kasih rasa sesuai selera. saya menggunakan pop ice dan cokelat bubuk untuk rasa cokelat. masukkan ke dalam cup dan dinginkan lagi di freezer.
  5. Es krim siap dinikmati dan siap untuk di jual!

 

Nah, seperti itulah resep membuat es krim untuk jualan yang praktis dan mudah yang bisa kami sampaikan untuk anda. Selamat mencoba dan jangan lupa share artikel ini.

 

 

 

 

Asyik! Kerajinan Dari Stik Es Krim dan Cara Membuatnya

Asyik! Kerajinan Dari Stik Es Krim dan Cara Membuatnya

Kerajinan Dari Stik Es Krim dan Cara Membuatnya – Kerajinan Tangan adalah menciptakan suatu produk atau barang yang dilakukan oleh tangan dan memiliki fungsi pakai atau keindahan sehingga memiliki nilai jual. Ada banyak macam kerajinan tangan, antara lain : kerajinan dari botol bekas, kerajinan dari kardus, kerajinan dari kaleng, kerajinan dari stik es krim, dan masih banyak lagi.

 

Apakah kamu sering berkreasi membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan yang ada di sekeliling? Seperti rumah-rumahan, mobil-mobilan atau mungkin karya berbentuk hewan?

 

Kalau iya, mungkin kamu juga pernah membuat karya kerajinan dari bahan yang satu ini, stik es krim. Salah satu bahan untuk membuat kerajinan tangan yang tentu saja kamu tidak harus membeli dulu es krim dalam jumlah banyak. Kamu bisa mendapatkan stik es krimnya saja kok di toko terdekat.

 

Untuk kali ini , kita akan membahas tentang membuat kerajinan dari stik es krim dan cara membuatnya. Siapa yang tidak suka es krim ? tentu kita semua suka es krim terutama anak – anak. Buat kalian yang suka makan es krim, stiknya jangan dibuang dulu ya 🙂 soalnya ada banyak sekali kerajinan tangan yang bisa kita buat dengan bahan baku stik es krim.

 

Selain mengasyikan,  kerajinan dari stik es krim juga memiliki banyak sekali kegunaan, diantaranya bisa dibuat untuk hiasan, tempat smartphone, tempat alat tulis, tatakan gelas, miniatur rumah, ayunan kecil, dan masih banyak kreasi – kreasi lainnya yang bisa kita buat. Kalian bisa mengkombinasikan dengan bahan lain, atau bisa hanya sekedar stik es krim saja sudah cukup. Berikut tutorialnya!

 

BINGKAI FOTO DARI STIK ES KRIM

kerajinan dari stik es krim dan cara membuatnya

 

Ingin membuat bingkai foto unik ? kerajinan dari stik es krim dan cara membuatnya kali ini akan mengajak anda membuat bingkai foto yang unik. Berikut langkah – langkahnya!

Alat dan bahan yang diperlukan :

  • Lem tembak
  • Kuas
  • Gunting
  • Stik es krim
  • Kertas foto
  • Manik-manik atau hiasan
  • Cat warna
  • Kertas karton.

Cara membuatnya :

  1. Susun 8 buah stik es krim jadi bentuk persegi.
  2. Jalankan pengeleman terhadap susunan stik es krim tersebut. Persegi ini nantinya digunakan sebagai anggota depan figura foto kamu, jadi usahakan supaya susunannya rapi.
  3. Kalau persegi pertama udah terbentuk setelah itu tambahkan 2 lapis persegi lainnya di anggota atasnya, supaya tersedia 3 susunan stik es krim terhadap bingkai yang nantinya terbentuk.
  4. Bingkai sudah siap, setelah itu anda tinggal membawa dampak alas bingkai bersama dengan langkah menyusun 3 bilah stik es krim secara mendatar.
  5. Tambahkan 2 bilah stik kembali di atasnya bersama dengan agak renggang. Jarak kerenggangan antara 2 stik ini sekitar setebal satu lapis stik es krim. Lakukan pengeleman terhadap susunan 3 bilah pertama dan 2 bilah kedua.
  6. Selipkan sebuah stik es krim pada jarak kerenggangan susunan stik di bilah kedua. Kemudian tambahkan lem supaya kuat.
  7. Pastikan supaya lem udah kering. Lalu selipkan bingkai yang sudah dibuat ke anggota stik yang tegak terhadap alas.
  8. Tambahkan accessories tambahan terhadap bingkai supaya penampilan bingkai foto dari stik es krim lebih cantik. Aksesoris mampu berupa pola karton berwarna atau manik manik.
  9. Berikan cat warna terhadap stik es krim anggota depan sesuai bersama dengan warna favoritmu.
  10. Siapkan foto yang unik untuk diletakan di didalam bingkai. Foto akan lebih awet apabila anda melaminatingnya terlebih dahulu. Oh ya, pastikan ukuran fotonya sesuai bersama dengan ukuran bingkai yang anda buat ya!
  11. Berikan lem tembak terhadap sisi-sisi foto.
  12. Tempelkan foto pada bingkai.

 

Nah, itu tadi adalah contoh kerajinan dari stik es krim dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat yaa 🙂

 

Cara Membuat Es Potong Sederhana yang Enak

Cara Membuat Es Potong Sederhana yang Enak

Cara Membuat Es Potong Sederhana

Apa itu es potong? Es Populer tahun 90-an

cara membuat es potong sederhana– Siapa sih yang nggak kenal sama makanan es ini yang sangat enak . Makanan yang hits pada tahun 90-an yang banyak digemari anak – anak bukan hanya anak – anak sih tapi segala usia juga suka es potong ini.

 

cara membuat es potong sederhana

Bahan dalam Cara Membuat Es Potong Sederhana

  • Tepung maizena sebanyak kurang lebih 2 sendok makan
  • Susu bubuk vanila sebanyak kurang lebih satu bungkus
  • Santan instant sebanyak kurang lebih satu bungkus kecil
  • Air bersih sebanyak kurang lebih 500 ml
  • Gula pasir sebanyak kurang lebih 6 sdm
  • Garam halus sebanyak 1/2 sendok teh
  • Pewarna makanan beberapa tetes saja secukupnya
  • Plastik kecil untuk es lilin + karet gelang secukupnya saja
  • Batang kayu bisa dengan menggunakan tusuk sate  bisa juga dengan menggunakan stik es krim tapi sekarang banyak yang sudah menggunakan stik es krim karena lebih praktis dan cantik serta aman.

Untuk tambahan rasa pada es potong kita,kita bisa menambahkan beras ketan atau kacang hijau yang telah diolah sebelumnya, coklat dan berbagai macam buah seperti buah melon,buah stroberi, buah alpukat dan buah yang lainnya.

Langkah dan Resep dalam Cara Membuat Es Potong:

  1. Langkah yang pertama kita siapkan semua bahan dan sebuah wadah yang agak besar tapi sesuai kebutuhan kita saja. Lalu kita campurkan santan instant dengan air dan aduk – aduk sampai semua bahan tercampur merata.
  2. Lalu kita tambahkan susu, tepung maizena, gula, garam dan pewarna makanan ke dalamnya.
  3. Kemudian kita aduk sampai semua tercampur apalagi tepung maizena agar tidak menggumpal pastikan adonan tidak menggumpal.
  4. Lalu kita taruh campuran di atas ke dalam panci yang diletakkan di atas kompor. Selanjutnya kita nyalakan kompor dengan api berukuran kecil, sambil tetap kita diaduk – aduk terus agar adonan tidak gosong.
  5. Setelah adonan terlihat letupan-letupan buih air, segera kita matikan kompor.
  6. Selanjutnya dalam proses pendinginan, diamkan sebentar agar uap panas bisa menghilang. Tahap Ini sangat penting agar tidak mudah pecah sekaligus baik untuk kulkas. Uap panas di freezer akan menciptakan bunga es yang dapat mengurangi dinginnya kulkas.
  7. Langkah berikutnya salam cara membuat es potong adalah kita masukkan adonan dalam plastik. Setelah uap panas mulai menghilang, tuangkan sedikit larutan ke plastik kita bisa menggunakan corong agar lebih mudah.
  8. Tapi kita jangan sampai mengisi plastik terlalu penuh agar mudah ditali. Lakukan beberapa kali proses pengemasan ini sampai campuran tadi habis.
  9. Selanjutnya adonan yang sudah dibungkus kita simpan dalam mesin freezer sampai es potong tradisional kita dingin dan beku.waktu dalam freezer selama kurang lebih 6 sampai 8 jam tergantung kestabilan suhu dalam freezer.
  10. Kemudian setelah adonan es potong mulai mengeras, lalu kita ambil es dalam plastik lalu potong dan tusukkan dengan menggunakan batang kayu.
  11. Es potong siap disajikan bersama keluarga, teman, atau orang terdekat kita. Kita juga bisa memulai usaha es potong ini dengan menggunakan showcase agar suhunya tetap terjaga dan kebersihan es potong tetap terjaga.

Cara Membuat Es Potong Kacang Hijau

cara membuat es potong sederhana

Bahan Cara Membuat Es potong Sederhana Kacang Hijau

  1. Tepung hunkwee Sebanyak kurang lebih 1/2 bungkus
  2. kacang hijau sebanyak kurang leb ih50 gr
  3. gula pasir sebanyak kurang lebih100 gr
  4. susu bubuk full cream sebanyak kurang lebih 50 gr
  5. santan sebanyak kurang lebih 500 ml
  6. daun pandan sebanyak kurang lebih 2 lembar,lalu kita ikatkan
  7. garam halus sebanyak kurang lebih 1/4 sendok teh
  8. air bersih secukupnya saja
  9. plastik kemasan es secukupnya saja

Cara Membuat Es Potong Sederhana Kacang Hijau Tradisional

  1. Pertama – tama kita rebus kacang hijau bersama dengan daun pandan hingga menjadi lunak dan butiran kacang hijau menjadi pecah.
  2. Kemudian Masaklah sampai airnya menyusut dan berkurang. Lalu kita angkat kemudian dinginkan dalam suhu ruangan, setelah itu kita blender sampai menjadi halus. kita sisihkan. Jika kamu lebih suka kacang hijau yang bertekstur, maka kacang hijaunya tidak perlu diblender.
  3. Lalu kita campurkan santan, gula pasir, susu bubuk, garam dan tepung hunkwee kemudian aduk samapi semuanya tercampur merata dan maksimal merata. Masaklah sampai adonan ini mendidih.
  4. Kemudian kita masukkan kacang hijau yang sudah kita blender sebelumnya, lalu kita masak beberapa saat. Kemudian kita angkat dan biarkan sampai dingin dalam suhu ruangan.
  5. Lalu kita masukkan kedalam plastik kemasan es kemudian kita masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga membeku.
  6. Setelah membeku adonan kita angkat dan siap kita hidangkan bersama keluarga teman atau orang terdekat kita.

Manfaat Kita Mengkonsumsi Es Potong Bagi Tubuh

es potong

Makanan Es Potong Kaya Akan Kalsium

Es Potong yang dibuat dengan produk susu yang kaya akan kalsium dan nutrisi untuk memperkuat tulang dan menaikkan energi tubuh.

Olahan Es Potong Dapat Melindungi Gigi dan Gusi

manfaat es potong

Kalsium yang terkandung dalam es potong yang terbuat dari susu juga memiliki manfaat untuk melindungi gigi dan membangun gusi yang kuat. Jadi kita mulai sekarang pikirkan lagi sebelum berhenti memberi anak kita es potong dari susu.

Es Potong Dapat Mengurangi Peradangan

manfaat es potong

Cokelat yang terkandung dalam es potong juga memiliki manfaat bagi tubuh kita. es potong jenis ini kaya akan flavonoid yang mengurangi peradangan arteri jantung. Dark chocolate memiliki flavonoid yang dapat melindungi arteri jantung kita dari kelelahan.

Es Potong Kaya Akan Vitamin

kaya vitamin

Satu potong es potong memiliki banyak kandungan vit A, vitamin D, vitamin K dan vit B12.

  • Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata kita
  • Vitamin D berguna untuk menyerap kalsium dan nutrisi dari makanan dan menyimpannya di ginjal.
  • Vit K memiliki manfaat meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan membuka sel darah tersumbat.
  • Vitamin B12 memiliki manfaat untuk meningkatkan memori dan sistem saraf.

Es Potong Dapat Menurunkan Berat Badan

menurunka berat badan

Es potong ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi sesuatu yang dingin dapat meningkatkan suhu tubuh dan membakar kalori serta lemak yang ada dalam tubuh kita.

Es Potong Mengandung zat Protein yang Lumayan

manfat es potong

Tubuh membutuhkan protein setiap hari untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Satu potong es potong dapat menyediakan jumlah protein yang cukup untuk satu hari yang aktif dan banyak aktivitas

Es Potong Rendah Lemak

manfat es potong

Es Potong yang dibuat dengan bahan rendah lemak seperti susu skim memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak. Jika kita khawatir tentang masalah kenaikan berat badan, hal tersebut tidak akan terjadi.jika kita mengkonsumsi es potong dengan bahan susu skim.

Sekian tadi cara membuat es potong semoga bermanfaat bagi kita semua terutama bagi para pembaca tehnoblogija terimakasih. Semoga anda bisa membuat dirumah dengn cara diatas dan berhasil mendapatkan rasa yang anda inginkan yang sangat enak tentunya.