Cara Menyimpan Ikan Segar Tanpa Kulkas Super Waow

Cara Menyimpan Ikan Segar Tanpa Kulkas Super Waow

Ikan adalah bahan pangan yang kaya akan protein dan sering menjadi lauk pauk masyarakat Indonesia sehari-hari. Walaupun begitu ikan juga mudah busuk bila tidak cepat diolah atau disimpan dengan baik. Jika di rumah Anda mempunyai stok ikan segar yang banyak, Anda harus mengetahui cara menyimpan ikan segar tanpa kulkas.

Mengapa demikian? Karena dengan trik menyimpannya di luar kulkas akan menjaga tekstur dan kandungan nutrisi pada ikan sendiri. Ingin tahu caranya? Simak penjelasan berikut.

Cara Menyimpan Ikan Segar Tanpa Kulkas

cara menyimpan ikan segar tanpa kulkas

  • Diasinkan

Masyarakat pesisir pantai mungkin banyak melakukan cara agar ikan-ikannya bisa bertahan lama. Caranya memberikan garam lalu dijemur di bawah terik sinar matahari. Memberi garam adalah cara pengawetan alami dengan mnegurangi kadar air serta menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang akan merusak tekstur ikan tersebut.

  • Pengasapan

Cara kedua yaitu dengan cara pengasapan. Caranya pertama-tama cuci ikan dengan air bersih dan jangan lupa membersihkannya. Setelah itu bumbui ikan dengan garam, kunyit dan bawang putih hingga bumbunya meresap. Nah, kemudian ikat ikan menggunakan tali dan gantungkan pada tempat pengasapan.

Setelah selesai di asap Anda bisa menyimpannya dalam suhu ruang dengan kondisi tempat yang bersih dan kering. Dan Anda bisa memasaknya kapan saja, tetntunya ikan asap ini sangat lezat karena aroma asapnya menambah cita rasa tersendiri.

  • Bungkus dengan kain basah

Cara ini cukup mudah loh, Anda bisa melakukannya di rumah. Hanya cukup dengan menyiapkan kain dan membasahinya dengan cuka atau bisa diganti dengan jeruk nipis. Lalu Anda bisa menyimpannya di wadah dan tempatkan pada udara yang sejuk.

Cara menyimpan ikan segar tanpa kulkas ini bisa mampu bertahan ingga 24 jam. Nah dengan cara ini, sebaiknya Anda membeli ikan seperlunya saja.

  • Dikeringkan

Penyimpanan dengan metode ini sangatlah mudah. Caranya, jemur ikan di bawah terik sinar matahari hingga teksturnya kering dan mengeras. Lalu simpan pada tempat yang bersih dan kering dengan suhu ruang yang normal.

  • Es Batu

Anda hanya perlu menyiapkan semangkuk es batu dan rendam ikan yang akan Anda simpan. Jangan lupa mengganti es batu secara berkala agar ikan tetap dalam kondisi segar untuk beberapa hari ke depan.

Simak resep-resep mengejutkan lainnya Cara Membuat Kerupuk Ikan Tongkol yang Renyah dan Gurih

Comments are closed.