Cara Mengupas Nanas yang Benar, Mudah, dan Cepat

Cara Mengupas Nanas yang Benar, Mudah, dan Cepat

Cara mengupas nanas terbilang cukup tricky. Nanas adalah buah yang multi fungsi. Selain baik untuk tubuh dan kulit, nanas merupakan buah yang enak dan segar.

Ssehingga cocok dijadikan camilan, jus, selai, saus, kue, bahkan pelunak daging untuk memasak. Sayangnya, dibalik semua kelezatan dan manfaat nanas tersebut , Anda harus berjuang terlebih dahulu untuk bisa mendapatkannya.

Walaupun tekstur nanas terbilang lembek dan mudah hancur, buah ini ternyata memiliki kulit yang tebal, daun yang tajam dan keras, serta ada “mata” nanas yang harus dibuang sebelum nanas dapat dimakan. Tapi, tenang saja.

Pada kesempatan kali ini, Saya akan membagikan bagaimana cara mengupas nanas sendiri di rumah dengan cara mudah. Sebelum itu, ketahuilah beberapa manfaat nanas terlebih dahulu.

Cara Mengupas Nanas yang Benar, Mudah, dan Cepat

Selain membahas tentang Cara Membuat Es Doger Untuk Jualan Yang Mudah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mengupas nanas yang benar.

1. Pilih Nanas

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengupas nanas, pertama-tama Anda harus memilih nanas yang bagus terlebih dahulu. Percuma saja jika Anda mengupas nanas kalau ternyata kondisinya sudah busuk dan jelek, kan? Untuk mengetahui nanas masih dalam kondisi yang baik atau tidak, angkat nanas dan cium aromanya. Nanas yang masih bagus akan tercium sedikit manis.

Hindari nanas yang berbau fermentasi (terlalu matang hingga akan tercium seperti ada kandungan alkohol/cuka). Nanas memang identik dengan warna yang kuning, tapi nanas yang kulitnya berwarna hijau bukan berarti belum matang. Yang paling penting dilihat dari kulitnya yang bagus (tidak sobek, layu, dan bocor).

Ciri-ciri nanas yang bagus juga dapat dilihat dari daun nanas. Pilihlah nanas yang daunnya masih berwarna hijau serta tidak layu. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah menekan kulit nanas dengan jari Anda. Ingat, dengan jari, ya, bukan dengan kuku.

Nanas yang matang akan terasa sedikit lembut. Teknik yang terakhir adalah dengan menarik daun nanas. Jika daun dapat  dicabut dengan mudah berarti bertanda nanas sudah matang, tapi kalau terlalu mudah berarti nanasnya busuk.

2. Cuci

Pertama-tama, sebelum dikupas, tentunya nanas juga sebaiknya dalam keadaan bersih. Cucilah kulit nanas dan juga daunnya, lalu keringkan sebelum mengupasnya. Tidak perlu menggosok kulitnya terlalu kuat, karena semuanya juga akan Anda kupas nanti. Ini hanya untuk menghilangkan kotoran dan debu saja yang sekiranya dapat berpindah ke daging nanas setelah dikupas.

3. Potong Daun

Cara mengupas nanas pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan memotong daunnya. Daun nanas bertekstur keras, tajam, dan ada banyak, sehingga daun tersebut dapat mengganggu proses pengupasan nanas.

Caranya, tidurkan nanas di atas papan pemotongan. Gunakan pisau yang tajam untuk memudahkan Anda dalam pemotongan dan pengupasan. Posisikan pisau sekitar 0.6 cm di bawah daun (jadi daging nanasnya sedikit terpotong).

 

4. Potong Bagian Bawah

Setelah Anda memotong bagian atas, cara mengupas nanas yang berikutnya adalah memotong bagian bawahnya. Masih dalam posisi nanas tertidur, iris bagian bawah nanas sampai terpotong sempurna. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam menguliti nanas nanti, karena bagian bawahnya sudah datar.

 

5. Kuliti

Cara mengupas nanas yang selanjutnya yaitu dengan membangunkan nanas dalam posisi berdiri. Mulai iris kulit nanas dari atas ke bawah. Anda dapat mengikuti bentuk nanas (potong agak melengkung alih-alih lurus) supaya daging nanas tidak banyak yang terbuang.

 

6. Buang Mata Nanas (Iris Diagonal) – cara mengupas nanas

Sekarang adalah PR yang paling merepotkan, yaitu membuang mata nanas. Bagian ini tentunya tidak bisa dimakan karena keras dan tajam. Apalagi, matanya tersebar di mana-mana, sehingga Anda membutuhkan kesabaran dan ketelatenan ekstra.

Jika Anda perhatikan lagi, mata nanas membentuk garis diagonal yang rata. Jadi, sebenarnya membuang mata nanas tidak terlalu menjengkelkan. Posisikan pisau di luar garis diagonal bagian mata nanas. Anda bisa mulai dari sisi kanan maupun kiri, terserah Anda. Lalu iris area tersebut dengan sudut 45°, jangan potong lurus. Jika sisi yang satu sudah Anda potong, lalu pindah ke sisi satunya lagi dengan cara yang sama.

Nanti bagian mata nanas akan terangkat, buanglah lalu lanjutkan cara ini sampai semua mata nanas habis.

 

7. Buang Bagian Tengah Nanas – cara mengupas nanas

Pengupasan kulit nanas sudah selesai, sekarang Anda hanya perlu memotong nanas untuk menyajikannya. Pertama-tama, belahlah nanas jadi empat bagian. Setelah itu, buang bagian tengah nanas. Bagian ini keras, sulit dikunyah dan ditelan, serta tidak terasa manis, sehingga lebih baik Anda buang saja daripada mengganggu. Sisanya, potong nanas sesuai selera.

Comments are closed.