Cara Menabung Dengan Cepat Bagi Pelajar Untuk Masa Depan Cerah

Cara Menabung Dengan Cepat Bagi Pelajar Untuk Masa Depan Cerah

Cara Menabung Dengan Cepat Bagi Pelajar – Kata siapa anak sekolah tidak bisa menabung? Bisa banget, mau itu anak SMP atau bahkan anak SMA. Apa sih yang tidak bisa, saya juga dulu bisa kok.

Kalau mau sukses rajin rajin-lah menabung. Pelajar juga bisa sukses, contohnya dengan menabung. Selalu menyisihkan uang jajan ketika masih sekolah dan di tabung untuk membuka usaha begitu tamat sekolah.

Berikut ini panduan cara menabung dengan cepat bagi pelajar untuk meraih kesuksesan di masa depan, di antaranya sebagai berikut.

Cara Menabung Dengan Cepat Bagi Pelajar Yang Efektif

cara menabung dengan cepat bagi pelajar

Kalau ingin bisa menabung dengan uang yang pas-pasan bisa kok, mau itu menabung di celengan atau bahkan di Bank. Tapi, sebelum kita menabung, ada beberapa hal yang meski kita tahu:

  • Uang jajan di kasih perhari atau bulanan?
  • Berapa biaya ongkos dan jajan perharinya?
  • Adakah kegiatan di luar sekolah yang kamu ikuti?
  • Ke sekolah naik angkutan umum atau pribadi?

Pentingkah beberapa hal itu diketahui? Tentu saja penting, karena salah satu cara menabung anak sekolah bisa dari uang jajan itu sendiri. Setelah kita mengetahui beberapa hal di atas, kita harus bisa hitung-hitungan dulu deh, terutama yang berhubungan dengan ongkos.

Kalau pakai kendaraan pribadi ke sekolah, misalkan motor. Kita cuma perlu tahu berapa liter biasanya kamu isi? Jarak dari rumah ke sekolah seberapa jauh? Habis berapa hari itu bensin?

Kalau misalkan habis dalam 3 hari, kita cuma tinggal menghitung sekolah selama satu bulan berapa hari (kalau sekolah dari senin sampai sabtu bisa 26 hari dikurangi hari libur).

Perhitungan Bensin harga 8000 x 3= 24.000

1 minggu bisa ngisi 2 kali, jadi 24.000 x 2= 48.000

Otomatis dalam satu bulan bisa ngisi 8 sampe 9 kali

Misalkan satu bulan mengisi uang bensin 8 kali x 48.000 = 384.000

Yang perlu kita tahu, uang bensin ke sekolah kalau pakai motor bisa tergantung pemakaian, bisa lebih dari 3 hari. Dan tergantung harga BBM itu sendiri. Jadi, pintar-pintarlah menghitung, kalau ada sisa uangnya bisa disimpan.

Perhitungan Menabung Jika Naik Kendaraan Umum

Berbeda dengan kita pakai angkutan umum, kita harus tahu nih, ke sekolah itu naik angkot berapa kali? Seperti saya dulu, naik angkot itu 2 kali dengan ongkos 2.500, kalau pulang pergi jadinya 5.000. Otomatis perhitungan saya sederhana.

Jumlah hari x ongkos angkutan umum

26 x 5.000 = 130.000

Kalau perhitungan saat ini, bisa 2 kali lipat deh. Maklumlah BBM sudah naik dan serba mahal. Mudahkan bukan ngitung ongkos ke sekolah? Kalau ngitung uang jajan itu sih tergantung kalian, boros atau tidak. Kalau saya dulu cuma 3.000, itu pun beli bakso atau nasi kuning pas istirahat sekolah.

Tips dan Cara Menabung Dengan Cepat Untuk Pelajar

cara menabung dengan cepat bagi pelajar

1. Apabila kita diberikan uang jajan dan ongkos selama satu bulan penuh (berarti 30 atau 31 hari), biasakan untuk menghitung kebutuhan seperti uang ongkos dan jajan kita setiap hari.

Ada lebihnya bisa menjadi tabungan kita, mau itu disimpan di Bank atau celengan. Kalau saya biasanya disimpan celengan dulu, baru setiap bulan di tabung ke Bank.

2. Kalau di kasih uang harian, biasakan untuk menyimpan uang, apabila ada sisa.

3. Biasakan menyimpan uang ongkos dan jajan kalau ada libur sekolah, lumayan bisa menambah tabungan.

4. Bawa bekal ke sekolah, selain uang jajan aman, kita pun bisa memakan makanan sehat buatan ibu.

5. Untuk laki-laki, selama sekolah usahakan tidak merokok, karena sudah bisa kita tebak, uang jajan kalian bisa habis dengan percuma.

6. Kembangkan hobi dan ikut kegiatan ekstrakurikuler. Ini bisa menjadi tabungan masa depan kita loh.

7. Setelah jam sekolah selesai, usahakan langsung pulang ke rumah, karena kalau keluyuran dulu, dijamin uang bensin atau jajan ludes juga.

Itulah beberapa tips dan cara menabung dengan cepat bagi pelajar yang bisa dijadikan acuan untuk sukses di masa depan. Apabila uang tabungan sudah banyak, gunakanlah brankas agar uang tersebut tetap aman.

Comments are closed.