Cara Memilih Singkong Yang Berkualitas Baik, Bagus Dan Paling Enak

Cara Memilih Singkong Yang Berkualitas Baik, Bagus Dan Paling Enak

Cara Memilih Singkong Yang Berkualitas Baik, Bagus Dan Paling Enak

Cara Memilih SingkongSingkong atau ketela pohon merupakan sejenis buah dari tanaman yang berjenis umbi-umbian yang  tumbuh di dalam tanah. Tanaman ini memiliki bentuk lonjong yang memiliki panjang kira-kira sepanjang lengan anak kecil. Daging buahnya berbentuk menggelembung di bagian tengah dan mengerucut pada kedua sisinya. Tanaman ini memiliki buah yang bertekstur keras.

Cara Memilih Singkong Yang Berkualitas Baik, Bagus Dan Paling Enak

Cara Memilih Singkong – Untuk membuat olahan dari singkong, tentunya ada beberapa kriteria singkong yang harus diperhatikan. Tentunya ada beberapa unsur yang harus diperhatikan saat memilih singkong yang berkualitas baik, dan tentunya kualitas dari singkong yang baik akan mempengaruhi kualitas dari olahan singkong nantinya. Bagaimana cara untuk memilih singkong dengan kualitas yang baik?? Berikut ini beberapa tips untuk memilih singkong yang berkualitas baik.

 

Baca Juga : Resep Membuat Sambal Goreng Kentang Ebi

 

Tips Untuk Memilih Singkong Dengan Kualitas Terbaik

  1. Pilihlah singkong yang berukuran cukup besar. Singkong yang berukuran besar menandakan bahwa singkong sudah siap panen atau dengan kata lain singkong itu sudah siap untuk dipanen. Sebaliknya, jangan memilih singkong yang berukuran kecil, biasanya singkong yang berukuran kecil belum siap untuk dipanen dan rasa dari singkongnya pun kurang enak ketika diolah.
  2. Pilihlah umbi singkong yang berukuran lurus. Ada banyak singkong yang berukuran bengkong jadi usahakan pilih singkong yang berukuran lurus. Dalam pemilihan ini juga akan membantu memudahkan kita dalam hal pengupasan loh.
  3. Pilih kulit atau kerak singkong yang sedikit agak kasar atau merekah.
  4. Jangan memilih singkong yang sudah berwarna sedikit membiru. Karena itu pertanda bahwa singkong sudah sangat lama disimpan dan kemungkinan besar singkong itu sudah busuk.
  5. Janganlah memilih singkong yang berlendir terlalu banyak, itu berarti singkong sudah busuk. Sebaiknya pilihlah singkong yang mengeluarkan lendir sedikit atau tidak mengeluarkan sama sekali.
  6. Pilih singkong yang masih fresh. Biasanya kalau singkong sudah lama, singkong itu akan berubah warna menjadi kebiruan, ini akan sangat mempengaruhi kualitas olahan singkong nantinya.
  7. Pilih singkong yang mudah dikupas, kalau singkong itu mudah dikupas itu menandakan bahwa singkong tersebut punya kualitas yang sangat bagus.
  8. Pilihlah singkong yang cenderung berwarna putih dan bersih daging buahnya. Itu menanadakan bahwa singkong memiliki kualitas yang sangat baik.

Itulah beberapa tips cara memiih singkong, semoga bisa membantu anda dalam memilih singkong. Ini juga bisa menjadi acuan dalam memilih singkong untuk anda yang sedang menjalankan atau akan memulai bisnis olahan dari singkong.

 

Baca Juga : Resep Keripik Buah Naga Yang Renyah

Comments are closed.