Cara Membuat Vespa Dari Batok Kelapa

Cara Membuat Vespa Dari Batok Kelapa

Cara Membuat Vespa Dari Batok Kelapa – Pohon kelapa merupakan sebuah tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan. Semua bagian dari pohon kelapa ini hampir bisa dimanfaatkan, mulai dari akar sampai daun bahkan tulang daunnya pun memiliki manfaat.

Akarnya bisa digunakan untuk membuat kerajinan berupa hiasan, topeng, ataupun patung. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai rangka atap bangunan, bahkan sering dimanfaatkan menjadi jembatan oleh masyarakat. Daunnya bisa digunakan untuk membuat ketupat, sedangkan tulang daunnya dapat dibuat menjadi sapu lidi dan masih banyak manfaat lain dari tanaman pohon kelapa ini.

Tidak ketinggalan buahnya juga memiliki berbagai manfaat. Airnya bisa dimanfaatkan untuk diminum dan memiliki berbagai kasiat salah satunya menghilangkan dehidrasi, daging buahnya yang masih muda bisa dicampurkan dengan air buah kelapa dan menjadi berbagai macam minuman, sedangkan dagingnya yang sudah tua bisa dimanfaatkan menjadi santan, srundeng dan lain sebagainya.

Sabut kelapa bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam kerajinan seperti sapu, keset dan lain lain. Batoknya juga bisa menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi bahkan bisa dimanfaatkan menjadi briket dan asap cair dengan pengolahan lebih lanjut.

Ada banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat dari batok kelapa. Mulai dari yang hanya sebagai hiasan, miniature, sampai menjadi peralatan dapur. Seperti tempat lampu, gantungan kunci, miniatur, gelas, dan kapal sampai menjadi gayung. Semua sangat berguna dan tentu memiliki nilai dan harga jual lebih dari pada hanya sekedar batok kelapa saja.

Dari sekian banyaknya kerajinan batok kelapa, berikut cara pembuatan salah satu kerajinan batok kelapa yakni vespa dari batok kelapa.

lihat juga! cara membuat kerajinan dari batok kelapa

Cara Membuat Vespa Dari Batok Kelapa

Untuk membuat kerajinan batok kelapa, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu.

Memilih Batok Kelapa

Pilihlah batok kelapa yang sudah tua dengan tekstur yang keras dan bentuk yang baik yakni lonjong atau bundar tanpa ada benjolan atau kerusakan lain. Bagaimana cara membedakan batok kelapa yang keras atau tidak? Biasanya, batok kelapa yang teksturnya keras, ketika dipotong melintang memiliki warna kehitaman. Jadi, untuk menghasilkan kerajinan tangan yang bagus, pilihlah batok kelapa yang berkualitas juga.

Setelah mendapatkan batok kelapa yang berkualitas, langkah selanjutnya kita perlu mempersiapkan alat dan juga bahan pendukung lainnya.

vespa

 

Alat dan Bahan :

Beberapa buah batok kelapa

Gergaji besi atau gergaji mesin bagi yang punya

Amplas

Pensil

Rotan

Kawat

Lem kayu

Cat pernis

Alat dan bahan tambahan lainnya yang dirasa perlu digunakan.

Cara Membuat Vespa Dari Batok Kelapa

Setelah semua bahan dan peralatan siap, langkah selanjutnya adalah mulai membuat miniatur dari batok kelapa.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan batok kelapa. Amplas seluruh permukaan batok kelapa dengan menggunakan amplas kasar hingga serabut menghilang dari permukaan batok kelapa. Setelah menggunakan amplas kasar, amplas kembali permukaan batok kelapa menggunakan amplas halus agar permukaan batok menjadi lebih halus.

Kemudian buat pola vespa  diatas permukaan batok, pola vespa  bisa dicari di internet atau menggunakan feeling, potong menggunakan gergaji besi atau gergaji mesin mengikuti pola yang telah dibuat tadi.

Setelah semua bagian selesai di potong, haluskan kembali menggunakan amplas.

Kemudian rangkai seluruh bagian menggunakan lem mengikuti pola yang di dapat dari internet atau hanya menggunakan perkiraan saja, tambahkan beberapa aksesoris seperti lampu, standar dan lain sebagainya.

Selanjutnya setelah semua bagian terpasang, bersihkan dari sisa debu atau lem, dan cat menggunakan pernis supaya menjadi mengkilap, angin anginkan hingga pernis kering, dan vespa siap di pakai sebagai penghias ruangan.

Demikian cara membuat vespa dari batok kelapa, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Comments are closed.