Cara Membuat Urap Tradisional

Cara Membuat Urap Tradisional

Cara membuat urap tradisional – Urap adalah salah satu makanan khas indonesia yang berasal dari khazanah Jawa. Urap merupakan hidangan seperti salad yang berupa sayur – sayuran yang dimasak dengan cara direbus dan dicampur dengan kelapa parut yang telah dibumbui sebagai pemberi citarasa pada sayuran.

 

Biasanya, urap ditemukan dalam masakan indonesia, dan sangat mudah ditemukan terutama di daerah jawa. Urap biasanya disajikan bersama dengan tumpeng atau nasi kuning, tetapi bisa juga dimakan secara langsung atau ditambah nasi putih biasa. Makanan ini hampir tidak mengandung daging sama sekali. Hampir seluruh bahan yang digunakkan untuk membuat urap ini berasal dari tumbuhan. Cocok untuk anda yang merupakan seorang vegetarian.

 

Baca Juga : Jenis Kelapa dan Manfaatnya

 

Bagi kamu yang ingin mencoba masakan ini, anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri di rumah. Untuk membantu anda dalam membuat urap, kami telah menyediakan resep cara membuat urap tradisional. Berikut ini resep cara membuat urap tradisional yang telah kami persiapkan untuk anda.

 

Cara membuat urap tradisional

Cara membuat urap tradisional

 

Alat dan Bahan yang digunakan

Berikut adalah alat dan bahan yang digunakan untuk membuat urap tradisional

200 gr ( dua ratus gram ) daun singkong muda yang direbus dan dipotong 3 cm ( tiga centi meter )

200 gr ( dua ratus gram ) Kacang panjang

200 gr ( dua ratus gram ) Bayam, Petik daunnya

200 gr ( dua ratus gram ) Tauge yang telah dibuang akarnya

Kelapa muda 1 -2 ( satu hingga dua ) butir

5 ( lima ) lembar daun kol

3 ( tiga ) buah bawang putih

5 ( lima ) lembar daun jeruk purut

3 sdt ( tiga sendok teh ) gula merah

2 sdt ( dua sendok teh ) ketumbar yang telah disangrai

5 ( lima ) buah Cabai merah yang telah dibuang bijinya

1 1/2 sdt ( satu setengah sendok teh ) garam

2 sdt ( dua sendok teh ) kencur cincang

 

Cara membuat urap tradisional

Berikut langkah – langkah membuat urap tradisional

  1. Pertama – tama, siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat urap
  2. Selanjutnya, siapkan panci dengan air secukupnya, lalu panaskan air tersebut hingga mendidih
  3. Setelah air mendidih, masukkan bayam yang telah dipisah daun dan batangnya ke dalam rebusan dan rebus hingga matang. Setelah bayam matang, angkat lalu tiriskan.
  4. Buat rebusan lagi, tunggu hingga rebusan air mendidih. Setelah air mendidih, masukkan tauge dan rebus sebentar saja. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  5. Selanjutnya, masukkan kacang panjang yang telah dipotong dan daun kol yang telah dibuang tulangnya dan diiris sekitar setengah senti meter ( ½ cm ) serta daun singkong ke dalam rebusan air. Rebus hingga daun kol, kacang panjang, dan daun singkong matang. Setelah itu angkat daun kol, daun singkong, dan kacang panjang lalu tiriskan.
  6. Langkah berikutnya, Parut kelapa muda
  7. Selanjutnya, siapkan wadah. Setelah itu campurkan kelapa muda tersebut dengan bumbu halusan. Aduk seluruh bahan tersebut hingga seluruhnya tercampur rata.
  8. Setelah seluruh bumbu tercampur rata, siapkan kukusan. Kukus bumbu kelapa tersebut selama kurang lebih 25 ( dua puluh lima menit ). Setelah pengukusan selesai, angakat lalu tiriskan. Sebagai informasi pengukusan ini bertujuan untuk membuat bumbu kelapa tidak mudah basi atau lebih awet.
  9. Setelah semua sayur telah direbus dan bumbu kelapa sudah siap, siapkan piring saji. Masukkan sayur yang telah direbus dan bumbu kelapa tersebut ke piring saji. Setelah itu campur sayur yang telah direbus dan bumbu kelapa tersebut hingga tercampur secara merata. Setelah urap siap, anda bisa menyajikannya bersama nasi putih biasa atau nasi kuning.

 

Manfaat Urap

Dengan bahan – bahan urap yang kebanyakan berupa sayur, tentu membuat urap memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Apa saja manfaat urap tersebut? Berikut manfaat dari mengkonsumsi urap

  • Memperbaiki jaringan sel kulit
  • Menjaga Kekebalan tubuh
  • Menurunkan resiko serangan jantung
  • Mencegah penyakit kanker
  • Bermanfaat untuk ibu pasca melahirkan
  • Menyehatkan mata
  • Menguatkan tulang
  • Menambah tenaga

 

Demikian artikel tentang cara membuat urap tradisional beserta manfaatnya. Semoga artikel tentang cara membuat urap tradisional ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel cara membuat urap tradisional ini, kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

 

Sumber : toko mesin kelapa

Comments are closed.