Cara Membuat Siomay Sederhana Dengan Terigu Saja

Cara Membuat Siomay Sederhana Dengan Terigu Saja

cara membuat siomay sederhana dengan terigu saja – Siapa yang tidak mengetahui siomay. Makanan yang biasa dijual di banyak lokasi, mulai dari pinggir jalan hingga restoran mahal ini hampir disukai oleh semua orang. Rasa khas bumbu kacangnya membuat perpaduan antara siomay, kentang, telur rebus, menjadikan siomay sebagai alternatif lain ketika enggan memakan nasi.

Siomay merupakan makanan yang cocok disantap dalam segala suasana, waktu, dan cuaca. Sekarang ini sudah terdapat banyak acara pernikahan yang menyajikan siomay sebagai salah satu camilan sesudah makan besar, di samping es krim dan buah-buahan.

Tak hanya kepopulerannya saja, siomay juga menjadi salah satu camilan yang digemari oleh masyarakat. Siomay bisa dibilang makanan yang merakyat dan rasanya sangat enak dan renyah. Tak heran, banyak dari berbagai kalangan yang menyukai camilan ini. Saat ini siomay sudah bisa kita temui di banyak tempat.

cara membuat siomay sederhana dengan terigu saja

Mengenal Lebih Dekat Dengan Siomay

Siomay merupakan jajanan yang enak dan biasanya harganya murah meriah. Siomay mempunyai bahan dasar dari beberapa jenis sayuran yang diberi sambal kacang. Biasanya, siomay dibuat dari paduan beberapa bahan seperti tepung, daging yang sudah digiling, serta bumbu-bumbu.

Daging yang digunakan biasanya adalah daging ikan, udang, terkadang bisa ditemui siomay yang menggunakan daging ayam. Sementara tepungnya biasanya menggunakan paduan tepung tapioka dan tepung terigu.Namun kadang selera orang tidak bisa selalu sama, sehingga bahan-bahan tersebut bisa disesuaikan.

Siomay Sederhana Dengan Terigu Saja

Seperti pada resep kali ini, siomay juga bisa dibuat hanya menggunakan tepung terigu, tanpa menggunakan tambahan tepung tapioka.Memang teksturnya agak berbeda dari siomay yang menggunakan tambahan tepung tapioka.Karena tepung tapioka sendiri adalah pembawa tekstur kenyal pada olahan seperti bakso atau siomay.

Meski begitu, rasanya tetap enak dan tidak kalah top.mengkonsumsi makanan yang bergizi dan juga sehat bisa dilakukan dengan cara membuat jajanan dirumah, misalnya membuat siomay. Sebab siomay bikinan sendiri tentunya akan lebih bersih serta lebih terjaga kesehatannya.

Dan untuk kali ini akan berbagi resep makanan kuliner khas dari Indonesia berikutnya yaitu resep cara membuat siomay sederhana dengan terigu saja dan penuh gizi pastinya.

Siomay ini termasuk salah satu makanan kuliner jajanan favorite banyak orang, sebab selain rasa nya yang nikmat, harganya juga sangat terjangkau untuk bermacam kalangan. Sedangkan salah satu ciri khas dari siomay ini yaitu taburan bumbu kacangnya yang terasa gurih serta dapat mengugah selera makan.

Baca Juga:Cara membuat martabak yang renyah dan gurih sekali

Manfaat Ikan Tenggiri Sebagai Bahan Utama Siomay

Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi

Sistem reproduksi merupakan organ intim yang sangat penting sekali, bagi laki-laki maupun perempuan. Sebagai manusia harus senantiasa menjaganya agar terhindar dari berbagai kuman atau ragam penyakit, terlebih lagi supaya anda mudah mendapat keturunan. Untuk menjaga kesehatanya, ada baiknya bila rutin makan ikan tenggiri papan, kandungan di dalamnya tidak akan merusak fungsi organ tersebut.

Mencegah Kerusakan Otak

Terlalu banyaknya kandungan zat kimia berbahaya masuk dalam tubuh manusia, maka akan besar kemungkinan tidak hanya berefek pada tulang dan gigi saja, tetapi otak pun akan mengalami risiko penyakit alzheimer lebih tinggi , sistem syaraf otak juga terganggu. Dengan mengonsumsi ikan tenggiri papan dapat mencegah kerusakan otak.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan fosfor bukan hanya dapat ditemui pada susu saja, melaikan di ikan tenggiri papan juga bisa didapatkan, dan kadarnya pun cukup tinggi bermanfaat membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu berkhasiat dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Baca juga: Cara membuat bumbu kacang untuk siomay yang nikmat

Cara Membuat Siomay Sederhana Dengan Terigu Saja

Lalu bagaimana cara membuat siomay sederhana dengan terigu saja ini?Mari kita simak sama sama tentang resep Cara Membuat Siomay Sederhana Dengan Terigu Saja ini.

Bahan Utama Cara Membuat Siomay :

  • 500 gr ikan tenggiri segar
  • 500 gr tepung terigu
  • 150 cc air matang
  • 1 sendok makan ebi yang sudah dihaluskan
  • 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • Dua lembar daun bawang yang sudah diiris tipis
  • 15 gr labu siam yang sudah diserut halus
  • Garam secukupnya

 

Bahan Pelengkap untuk cara membuat siomay sederhana dengan terigu saja:

  • Kentang rebus dipotong jadi beberapa bagian
  • Telur rebus bagi dua
  • Kubis gulung rebus
  • Tahu rebus

Bahan Bumbu Kacang :

  • 200 gr kacang tanah yang sudah digoreng
  • 50 gr kentang rebus yang sudah dihaluskan
  • 3 Siung bawang putih
  • Air santan secukupnya
  • Cabe sesuai selera
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Saus Kacang :

  • Haluskan semua bahan saus kacang dengan cara diblender ataupun ditumbuk
  • Siapkan wajan panas yang sudahdiberi sedikit minyak
  • Tumis bumbu kacang hingga matang, kemudian angkat dan sisihkan

Cara Membuat Siomay Sederhana dengan Terigu Saja

  1. Haluskan daging ikan, bisa dengan cara ditumbuk atau dikerok menggunakan sendok karena daging ikan tenggiri teksturnya cukup lunak.
  2. Campurkan tepung terigu,putih telur, bawang putih halus, lada bubuk, pala bubuk, kaldu bubuk, dan garam.
  3. Aduk adonan dan uleni dengan tangan sampai adonan kalis. Untuk menyesuaikan tekstur adonan, tambahkan air es sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi lunak.
  4. Bentuk adonan siomay menjadi bulat bulat atau bisa ditambahkan tahu rebus didalamnya
  5. Selanjutnya, kukus siomay hingga matang. Sementara menunggu matang, kita bisa membuat bumbu kacangnya.
  6. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan kacang goreng yang sudah dihaluskan dan tuangkan air secukupnya.
  7. Bubuhkan bumbu bumbu seperti gula merah, kecap manis, dan garam secukupnya. Masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk.
  8. Masak  sampai matang sambil terus diaduk-aduk perlahan. Cirinya matang yaitu minyaknya keluar / terpisah dari bumbu kacang.
  9. Angkat siomay yang sudah matang dan sajikan dengan bumbu kacangnya.

Itu tadi tentang cara membuat siomay sederhana dengan terigu saja. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mencoba resep ini.

Baca juga: Cara membuat siomay bandung yang enak dan kenyal

Comments are closed.