Cara Membuat Seblak Basah Khas Bandung Enak Dan Sederhana

Cara Membuat Seblak Basah Khas Bandung Enak Dan Sederhana

Seblak adalah makanan khas Indonesia yang mempunyai rasa gurih dan pedas. Seblak ini sendiri dibuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein dan dimasak dengan bumbu tertentu.

Namun, ternyata membuat seblak tidaklah sulit lho membuatnya sangat gampang, praktis dan tidak memerlukan waktu lama.

Jadi kalian bosan dengan seblak itu-itu saja, atau ingin menikmati seblak dengan variasi kalian coba membuat seblak basah, dijamin enak dan tidak memerlukan biaya banyak. Saya mempunyai resep cara membuatĀ  seblak basah khas bandung.

seblak basah

Bahan-Bahan Seblak Basah

  1. Kerupuk orange mentah
  2. Ayam
  3. Telur
  4. Bakso
  5. Sosis
  6. Daun Bawang
  7. Cabai rawit merah
  8. Garam
  9. Kaldu bubuk
  10. Air
  11. Minyak

Langkah-Langkah Pembuatan Seblak Basah

  1. Panaskan minyak dalam wajan, lalu masukan telur kocok dan diamkan sesaat sampai agak padat lalu aduk.
  2. Masukan bumbu halus dan tumis sampai wangi.
  3. Masukan daun bawang, cabe rawit, ayam suwir, bakso, dan sosis. Aduk sampai semua tercampur rata.
  4. Tuangkan air. Aduk rata.
  5. Masukan kerupuk. Aduk rata sampai kerupuk jadi empuk.

Tips Dalam Pembuatan Seblak Basah

  1. Selain kerupuk, seblak juga bisa dikombinasikan dengan pasta seperti macaroni, kwetiau, batagor, ceker dll.
  2. Jika air sudah menyusut tapi kerupuk belum cukup empuk maka bisa ditambahkan air lagi.

10 Manfaat Seblak

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan yang ada didalam makanan ini terbukti mampu menjaga kondisi jantung kita.

2. Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Untuk mencegah kanker bisa dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi seblak ini.

Kandungan yang ada didalamnya berguna untuk memperlambat penyebaran sel kanker kedalam tubuh.

3. Melancarkan Pencernaan

Jika anda mempunyai masalah dalam pencernaan maka bisa mengkonsumsi seblak sebagai obat alami untuk menyembuhkannya.

Kandungan yang ada di dalam terbukti mampu melancarkan pernapasan sehingga anda bisa bernapas dengan baik.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lainnya mengkonsumsi seblak ini bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan yang ada di dalamnya seblak dapat berguna untuk membakar kalori lebih cepat sehingga kita tidak akan kelebihan lemak dan berat badan anda akan tetap ideal.

5. Melancarkan Haid

Jika anda sering mengalami proses haid atau menstruasi yang tidak lancar sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada di dalam seblak telah terbukti mampu melancarkan siklus haid.

4 Faktor Bahaya Makan Seblak Terlalu Sering

1. Kerupuk

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dari pemilihan kerupuk pada seblak, antara lain warna dan tingkat kekenyalan kerupuk. Perhatikan apakah warna pada kerupuk yang kita pilih mencolok atau tidak.

Anda perlu waspada jika kerupuk tersebut sangat mencolok dimata, karena ada kemungkinan pewarna yang digunakan bukanlah pewarna makanan. Akan lebih aman jika mengkonsumsi kerupuk tidak menggunakan pewarna.

Selain pewarna, dapat diperhatikan juga tingkat kekenyalan saat proses memasak kerupuk. Kerupuk harus dimasak dengan tingkat kematangan yang cukup.

2. Cabai

Seblak identik dengan rasa pedasnya. Beberapa orang mengatakan kelezatan seblak terletak pada kepedasannya. Untuk itulah cabai rawit biasanya menjadi salah satu bumbu yang utama dalam pembuatan seblak kering.

Cabai memang mempunyai kandungan vitamin C yang bagus bagi tubuh. Capcaisin dalam cabai juga berguna dalam memperlancar proses pencernaan makanan selama dilabung dan usus.

Ada beberapa bahaya cabai terhadap gangguan pencernaan antara lain iritasi lambung, gejala diare, sampai maag kronis.

3. MSG

MSG dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ dalam tubuh dan sebagai pemicu ketidakseimbangan senyawa kimia dan otak. Penggunaan MSG sangat tidak disarankan dalam setiap masakan.

Ada beberapa gangguan yang dapat keluar akibat berlebihan saat makan MSG dalam masakan antara lain Badan menjadi lemas kepala pusing.

4. Garam

Kandungan sodium yang cukup tinggi dalam garam bisa memicu penyakit hipertensi dan gangguan ginjal. Untuk itu harus dipahami betul mengenai bahaya garam bagi penderita hipertensi.

Waspadalah kalau anda mulai merasa sering haus, sering buang air kecil, dan ada beberapa bagian tubuh yang mengalami pembengkakan, maka bisa diindikasikan anda mengalami kelebihan daram dalam tubuh. Seseorang yang sudah merasa kecanduan dengan garam biasanya sangat menjauhi sayuran dalam menu makannya.

Demikian Artikel yang dapat saya bagikan Cara membuat seblak basah khas bandung enak dan sederhana.

Comments are closed.