Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat yang Empuk dan Lembut

Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat yang Empuk dan Lembut

Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat – Roti adalah nama salah satu makanan yang sudah populer di masyarakat bahkan sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Roti pada umumnya terbuat dari tepung terigu dan dibuat dengan cara dipanggang dalam oven sampai mengembang dan matang.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dan orang-orang yang lebih kreatif lagi, roti kini dapat dibuat dengan cara digoreng bahkan didalamnya memiliki isi dengan berbagai macam rasa seperti sayur, daging, coklat dan lain sebagainya.Membuat isi roti goreng juga dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan .

Roti Goreng

Roti Goreng merupakan jajanan khas tradisional di Indonesia. Biasanya ketika sore hari datang, roti ini dijajakan bersama dengan roti cakwe di pinggir jalan.

Isi dari roti goreng ini pun bervariasi, ada yang menggunakan coklat, kacang hijau, ada juga yang hanya roti biasa tanpa isi. Roti goreng merupakan salah satu makanan nikmat yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Tanah air. Dari segi rasanya pun sudah tidak perlu lagi kita ragukan.

Semua kalangan baik tua muda dewasa kecil menikmati makanan yang memiliki tekstur gurih empuk ini.Untuk bisa menemui makanan ini bisa kita dapatkan dengan mudah seperti beli di penjaja makanan keliling atau juga bisa membuat sendiri di rumah dengan mudah.

Baca Juga:Cara Membuat Roti Bakar Yang Unik dan Sensasinya Luar Biasa

Bahan utama roti goreng isi coklat

Khasiat Coklat Sebagai Isian Utama

Mencegah penyakit jantung

Sebuah potongan cokelat dapat membantu untuk mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular di jantung berjalan lancar.

Terutama dark chocolate dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan prosentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%. Jadi bukan sebuah masalah mengkonsumsi sebuah bar atau sepotong cokelat sehari-hari

  • Menurunkan tekanan darah

Seperti juga sayuran yang memiliki warna yang gelap, coklat juga memiliki sifat dan manfaat yang mirip. Coklat mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Antioksidan membantu menurunkan tekanan darah dengan cara memproduksi oksida nitrat. Hal ini juga menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

  • Coklat meningkatkan kesehatan mata

Dengan mengonsumsi coklat maka kita bisa mendapatkan manfaat meningkatnya kesehatan mata kita. Hal ini dikarenakan aliran darah yang menuju ke retina meningkat dengan baik dan dapat membantu memperbaiki penglihatan dan kekuatan mata

  • Menghambat penuaan

Keuntungan lain dari mengkonsumsi cokelat adalah bahwa hal itu membantu dalam menghambat penuaan. Hal ini dapat menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukkan penuaan di wajah. Coklat mengandung antioksidan alami untuk menundanya.

  • Kandungan lemak rendah

Cocoa powder yang merupakan bahan utama dalam coklat rendah lemak. Jadi kita tak perlu khawatir dalam mengkonsumsi coklat dalam masalah berat badan. Namun hal ini bisa berubah ketika kita mengkonsumsi coklat dengan jumlah yang besar.

Baca juga : Cara membuat Roti Kukus Yang Mengembang Sempurna

Khasiat tepung terigu yang menjadi bahan utama roti goreng

  • Mengatasi luka bakar

Apabila terkena luka bakar, misalkan tidak sengaja terkena air mendidih ketika masak,  dapat menggunakan tepung terigu untuk mengatasi masalah luka bakar yang alami.Karea khasiat tepung terigu dipercaya bisa menyembuhkan luka bakar,sama seperti pasta gigi.

  • Membuat logam berkilau

Apabila ceret dapur, lampu tembaga maupun barang kerajinan lain yang terbuat dari logam terlihat usang karena dimakan waktu, dapat menggunakan tepung terigu untuk mengembalikan kilau barang-barang tersebut.

  • Sebagai sampo kering

Apabila anda sedang terburu-buru dan rambut terasa berminyak, Anda dapat menaburkan tepung terigu ke rambut anda untuk mengatasi hal tersebut.

  • Mencerahkan kulit

Dengan takaran yang tepat, tepung terigu dapat dijadikan masker agar membuat kulit  terlihat lebih sehat dan cerah.

  • Membantu mengatasi jerawat

Selain dapat membuat kulit cerah, tepung terigu juga bisa dijadikan masker untuk membantu mengatasi jerawat.

  • Sebagai lulur

Tepung terigu juga dapat digunakan sebagai lulur untuk detoksifikasi kulit.

Baca Juga : Cara Membuat Jus Wortel Untuk Menyembuhkan Mata Minus

Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat

Untuk membuat roti goreng isi coklat ada beberapa bahan yang perlu disiapkan. Kemudian bahan – bahan tersebut diolah menjadi roti goreng isi coklat. Simak resep berikut ini dan ikuti langkah – langkahnya.

Bahan Bahan tentang Cara Membuat Roti Goreng Isi Coklat

  • 300 gram tepung terigu
  • 30 gram margarin
  • 30 gram gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdt garam
  • 130 ml susu cair dingin
  • 50 ml susu cair
  • 150 gram coklat masak pekat (potong kecil-kecil)

Cara membuat isi coklat untuk roti goreng

  1. Panaskan susu cair dan tambahkan coklat masak pekat, aduk rata sampai
  2. Angkat dan dinginkan sejenak.

Cara membuat roti goreng isi coklat

  1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, soda kue, dan ragi instan ke dalam satu wadah. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan susu cair dan telur ke dalam wadah yang berbeda sambil di aduk. Aduk merata. Kemudian masukkan adonan telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan garam dan margarin, uleni adonan hingga menjadi kalis. Diamkan sebentar sampai kurang lebih 30 menit.
  4. Setelah kurang lebih 30 menit , kempiskan adonan dan ambil adonan. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, setiap bagian beratnya 30 gram. Kemudian bentuk bulat adonan tersebut. Diamkan adonan selama kurang lebih 10 menit
  5. Lalu pipihkan adonan, beri isi coklat dan bentuk adonannya menjadi oval. Siapkan loyang dan beri taburan tepung terigu. Letakkan adonannya ke atas permukaan loyang(jangan dimasukkan ke oven). Diamkan selama 30 menit.
  6. Selagi menunggu, kalian bisa lakukan hal yang sama pada adonan dan isian untuk adonan yang masih tersisa sampai semuanya
  7. Panaskan minyak dan goreng rotinya hingga berwarna kuning kecoklatan.

Baca juga:Cara Membuat Roti Mexican Bun Yang Lumer dan Lembut

Itu tadi cara membuat roti goreng isi coklat yang enak dan lembut.Semoga Bermanfaat

Comments are closed.