Cara Membuat Miniatur Dari Batok Kelapa

Cara Membuat Miniatur Dari Batok Kelapa

Cara Membuat Miniatur Dari Batok Kelapa – Indonesia, negara tropis dengan puluhan ribu pulaunya mempunyai potensi sumber daya yang besar, salah satunya ialah pohon kelapa. Indonesia memiliki hamparan perkebunan Kelapa terluas di dunia, bersaing dengan negara tetangga Philipina.

Namun sangat disayangkan, meskipun sumber daya yang melimpah, dari sisi perolehan devisa Indonesia masih kalah jauh dari Philipina maupun negara-negara lain. Hal ini tidak jauh dari masalah utama yakni belum maksimalnya pengolahan sumber daya alam ini.

Bahkan beberapa negara mengambil bahan Kelapa mentah dari Indonesia untuk diolah menjadi produk lanjut dengan value added yang tinggi, untuk diekspor kembali termasuk ke Indonesia. Karena alasan nilai ekonomi yang rendah, sebagian besar tanaman kelapa di Indonesia tidak mendapatkan perhatian yang memadai, baik dari masyarakat maupun pemerintah.

Sebenarnya jika ada perhatian lebih dari masyarakat maupun pemerintah dalam memaksimalkan pengolahan tanaman kelapa, tidak mungkin berbagai produk dari tanaman kelapa akan memiliki harga jual yang tinggi, baik di pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri. Salah satu cara mengolah batok kelapa ialah manjadikannya sebuah kerajinan tangan.

Ditangan para perajin, batok kelapa bisa disulap menjadi berbagai produk kerajinan tangan yang unik dan menarik, namun jangan khawatir apabila anda ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah, berikut akan kami beri cara membuat miniatur kapal layar dari bahan batok kelapa yang pastinya tidak kalah unik dan menarik dan tentunya juga mudah.

lihat juga! cara membuat jam dari batok kelapa

Cara Membuat Miniatur Dari Batok Kelapa

Untuk membuat kerajinan batok kelapa, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu.

Memilih Batok Kelapa

Pilihlah batok kelapa yang sudah tua dengan tekstur yang keras dan bentuk yang baik yakni lonjong atau bundar tanpa ada benjolan atau kerusakan lain. Bagaimana cara membedakan batok kelapa yang keras atau tidak? Biasanya, batok kelapa yang teksturnya keras, ketika dipotong melintang memiliki warna kehitaman. Jadi, untuk menghasilkan kerajinan tangan yang bagus, pilihlah batok kelapa yang berkualitas juga.

Setelah mendapatkan batok kelapa yang berkualitas, langkah selanjutnya kita perlu mempersiapkan alat dan juga bahan pendukung lainnya.

kapal layar

 

Alat dan Bahan :

Beberapa buah batok kelapa

Gergaji besi atau gergaji mesin bagi yang punya

Amplas

Pensil

Rotan

Lem kayu

Cat pernis

Alat dan bahan tambahan lainnya yang dirasa perlu digunakan.

Cara Membuat Miniatur Dari Batok Kelapa

Setelah semua bahan dan peralatan siap, langkah selanjutnya adalah mulai membuat miniatur dari batok kelapa.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan batok kelapa. Amplas seluruh permukaan batok kelapa dengan menggunakan amplas kasar hingga serabut menghilang dari permukaan batok kelapa. Setelah menggunakan amplas kasar, amplas kembali permukaan batok kelapa menggunakan amplas halus agar permukaan batok menjadi lebih halus.

Kemudian buat pola kapal layar diatas permukaan batok. Pola kapal layar bisa dicari di internet atau menggunakan feeling, potong menggunakan gergaji besi atau gergaji mesin mengikuti pola yang telah dibuat tadi.

Setelah semua bagian selesai di potong, haluskan kembali menggunakan amplas.

Kemudian rangkai seluruh bagian menggunakan lem mengikuti pola yang di dapat dari internet atau hanya menggunakan perkiraan saja. Tambahkan beberapa aksesoris seperti tiang layar, tali dan lain sebagainya.

Selanjutnya setelah semua bagian terpasang, bersihkan dari sisa debu atau lem, dan cat menggunakan pernis supaya menjadi mengkilap. Angin anginkan hingga pernis kering, dan miniatur kapal siap di pakai sebagai penghias ruangan.

Demikian cara membuat miniatur dari batok kelapa, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Comments are closed.