Cara Membuat Martabak Telur Mini

Cara Membuat Martabak Telur Mini

Cara Membuat Martabak Telur Mini

 Cara Membuat Martabak Telur Mini

Apa itu Martabak?

 

Di negara kita Indonesia, ada 2 jenis martabak yaitu martabak manis dan martabak telur. Martabak manis yaitu makanan yang terbuat dari adonan terigu, telur, dan gula yg ditaburi bubuk kacang tanah dan juga cokelat, kemudian dipanggang dan dilipat. Sedangkan pengertian martabak telur adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang digunakan untuk lapisan luar martabak dan adonan telur, daging giling yang dicincang, dan rempah-rempah untuk bahan isisan martabak yg kemudian digoreng. Baca juga : Peluang Usaha Siomay

 

Bahan dalam Cara Membuat Martabak Telur Mini :

  1. minyak goreng 500 gr
  2. kulit lumpia yang siap pakai secukupnya

Bahan isi Martabak Telur Mini :

  1. telur ayam 4 butir
  2. bawang daun secukupnya diiris-iris
  3. merica bubuk 1/2 sendok teh
  4. garam 3/4 sendok teh
  5. daging ayam cincang 120 gr
  6. bawang bombay dicincang 1/4 buah
  7. bawang putih halus 3 siung
  8. bumbu penyedap 1 sendok the

 

Langkah dan Cara Membuat Martabak Telur Mini :

  1. Langkah yang pertama yaitu menumis bawang bombay dan bawang putih lalu masukkan daging ayam kedalamnya.
  2. Aduk-aduk tumisan bawang Bombay dan bawang putih tadi sampai matang kemudian diangkat.
  3. Kemudian campurkan juga semua bahan isian yang lain.
  4. Aduk lagi bahan-bahan tadi sampai rata dengan sendok maupun garpu.
  5. Ambil tiap lembar kulit lumpia lalu isi dengan bahan isi yang telah dibuat tadi secukupnya sesuai selera anda.
  6. Gulunglah lumpia seperti membuat dadar gulung atau membuat kroket
  7. Martabak siap untuk digoreng dalam minyak yang panas
  8. Angkat kemudian sajikan martabak.

 

Sejarah dalam Cara Membuat Martabak Telur Mini

Sejarah martabak telur berawal dari seorang pemuda yang berasal dari Tegal Jawa tengah yang bernama Ahmad bin Abdul Karim, beliau berkelana ke kota Semarang untuk berdagang pada tahun 1930. Kemudian beliau bertemu seorang warga India bernama Abdullah bin Hasan al-Malibary yang pandai memasak dan mereka berkenalan satu sama lain kemudian menjadi sahabat dekat.

Sejarah Martabak Telur

Pada saat Abdullah yang berasal dari India ini diajak kekampung halaman Ahmad dan diperkenalkan dengan saudara perempuannya, perkenalan tersebut menghasilkan pernikahan antara keduanya. Abdullah pandai dalam membuat sebuah masakan yang terbuat dari terigu yang disebut martabak, karena beliau tinggal di Indonesia dengan ini Abdullah membuat kue Martabak yang lebih disesuaikan untuk lidah orang Jawa yang suka sekali memakan sayuran, yaitu martabak yang berisi sayuran yang dicampur dengan bahan lainnya.

Karena makanan ini banyak disukai maka banyak keluarga dan tetangga dari Ahmad dan istrinya yang diajari membuat kue martabak tersebut, bahkan martabak ini juga sering diperkenalkan diberbagai acara diluar kota seperti pasar malam, maupun acara sekatenan di Yogyakarta. Dan kini martabak telur sangat populer di negeri kita ini dan sudah tersebar di berbagai kota pasti banyak sekali penjual martabak telur ini.

 

Manfaat dalam Cara Membuat Martabak Telur Mini

  1. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Martabak telur mengandung zat anti iflamasi yang dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk di dalam tubuh kita. Senyawa yang terdapat pada martabak telur ini dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamassi yang tentu baik untuk mencegah berat badan anda. Cocok sekali untuk kalian yang akan menjalani program diet secara sehat tanpa perlu memakai obat-obatan.

  1. Membantu Mengatasi Sembelit

Apabila anda mengalami masalah dengan sembelit, anda perlu mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi martabak telur ini. Hal ini terjadi dikarenakan martabak telur ini dapat membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Sakit Radang Tenggorokan

Teruntuk kalian yang memiliki tenggorokan sensitif, anda harus mengonsumsi martabak telur ini agar tidak terjadi radang tenggorokan. Penyebab terjadinya radang tenggorokan bisa di sebabkan oleh beberapa hal seperti terlalu banyak mengonsumsi, es pergantian musim, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Meningkatkan Sumber Tenaga

Senyawa yang terdapat di dalam martabak telur ini dapat membantu tubuh untuk mengolah energi dan kalori. Martabak telur ini bisa menjadi zat yang sangat baik untuk tubuh terutama untuk membantu pembentukan tenaga.

  1. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Martabak dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena di dalam martabak telur ini mempunyai senyawa protein yang sangat penting untuk memelihara kesehatan jantung. Dan juga, senyawa tersebut sangat penting untuk membuat kesehatan jantung serta agar terhindar dari berbagai resiko penyakit jantung lainya.

  1. Pengatur suhu tubuh

Martabak telur memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk menjadi salah satu pengatur suhu tubuh. Dengan adanya senyawa  zat besi tersebut, nantinya suhu badan tetap bisa terkendali dengan baik.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Martabak memiliki andungan yang ada di dalamnya yang ternyata bermanfaat untuk mempercantik dan juga untuk memperindah mata. Oleh karena itu, konsumsilah martabak telur ini secara rutin agar mata anda akan sehat dan cantik.

  1. Membantu Menambah Mood

Manfaat martabak telur dapat membantu anda untuk memperbaiki kondisi hati dikarenakan terdapat kandungan yang ada di dalam martabak telur ini yang dapat merangsang hormon tertentu yang membuat suasana hati menjadi lebih baik. Saat pikiran tidak menentu atau suntuk, tidak salah untuk mengkonsumsi martabak telur ini.

  1. Meningkatkan Kinerja sistem kekebalan tubuh

Kandungan yang ada di dalam martabak telur ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan karena adanya kandungan yang ada di dalam martabak telur ini sebagai komponen yang penting di dalam penyusun enzim dan juga bahan-bahan lainnya yang ada di dalam tubuh seperti katalase.

  1. Menjadi antioksidan yang ampuh

Bukan hanya berfungsi untuk mencegah, martabak telur ini juga di kenal sebagai anti virus serta bakteri, senyawa yang ada di dalam martabak ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri serta cacing di dalam tubuh. Maratabak telur memiliki sumber manfaat antioksidan yang sangat kaya dan tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Baca juga : Cara Membuat Kerupuk Ikan Tengiri 

Baca juga : Cara Membuat Nastar Keju tanpa Oven

 

Comments are closed.