Cara Membuat Kulit Martabak Telur yang Renyah

Cara Membuat Kulit Martabak Telur yang Renyah

Cara Membuat Kulit Martabak Telur-Martabak? Siapa sih yang tidak kenal dengan martabak. Apalagi maratabak telur pasti pada tahu semua. Martabak merupakan kuliner yang sudah lama dikenal. Banyak sekali orang-orang yang sangat menyukai martabak telur ini karena rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau oleh masyarakat kalangan bawah.

Sebenarnya membuat martabak telur seperti membuat telur dadar hanya saja kalau martabak kita harus menambahkan kulit dan potongan daging.

Dipinggir-pinggir jalan raya banyak sekali yang jualan martabak telur dari martabak telur yang biasa saja hingga martabak telur super special. Yang membedakan martabak terlu biasa dan super special adalah hanya pada isinya saja.

Martabak yang super special biasanya isinya menggunakan telur bebek dan diberi tambahan daging yang sudah di cincang, sedangkan martabak biasanya menggunakan telur ayam. Sangat jelas sekali bila semakin special martabak semakin mahal pula harganya.

Membuat martabak sangat identic dengnan kulit martabak. Kulit martabak dapat anda beli dipasar tradisional maupun supermarket secara bebas. Akan tetapi kulit martabak yang dijual bebas itu tidak selalu sehat loh. Bisa juga menggunakan zat pengawet atau zat lainnya. Untuk mengatasi hal itu sebaiknya buat sendiri kulit martabak dirumah.

Anda ingin membuat martabak sendiri dirumah tapi tidak bisa membuat kulit martabak? Daripada bingung nih simak aja resepnya dibawah ini

Cara Membuat Kulit Martabak Telur 

cara membuat kulit martabak telur

Bahan dalam Cara Membuat Kulit Martabak Telur

  1. Tepung terigu sebanyak 200 gram
  2. Minyak sayur untuk campuran adonan sebanyak 30 gram
  3. garam sebanyak ½ sdt
  4. 160 ml air
  5. 1 butir telur ayam/telur bebek(spesial)
  6. Minyak sayur secukupnya, untuk merendam adonan

Cara Membuat Kulit Martabak Telur

  1. Pertama dilakukan adalah campurkan seluruh bahan-bahan dan aduk hingga rata dan adonan kalis
  2. Setelah adonan rata dan kalis, selanjutnya adalah membentuk adonan menjadi bulat-bulat, olesi permukaan adonan dengan minyak sayur, diamkan sekitar 10 menit
  3. Kemudian untuk mendapatkan hasil martabak yang ideal, timbang adonan seberat 40 gram dan bulatkan kembali.
  4. Setelah itu istirahatkan adonan kurang lebih 30/60 menit dan kemudian lumuri permukaan adonan dengan minyak sayur.
  5. Kulit martabak siap digunakan

Peluang Bisnis  Martabak Telur

Saat ini bila membuka usaha kuliner memang sangat menguntungkan. Hal ini membuat banyak kalangan tertarik membuka usaha kuliner. Menu makanan satu ini sangan menguntungkan bila dijalankan karena permintaan pasar akan martabak telur sangatlah besar.

Martabak telur menjadi kudapan yang terkenal dan popular di Indonesia. Dari semua kalangan sangat menyukai mnu martabak telur ini. Prospk usahanya sangat cemerlang dan bagus untuk dijalankan. Apalagi dengan martabak telur ini yang kaya akan kandungan gizi.

Deskripsi Bisnis Martabak Telur

  • Bahan Baku

Bisnis martabak telur membutuhkan bahan berkualitas agar bisa menghasilkan rasa yang nikmat dan lezat. Bahan yang dibutuhkan untuk usaha martabak telur yaitu terdiri dari beberapa bagian untuk bahan kulit membutuhkan tepung terigu, garam, air, telur, dan margarine. Sedangkan untuk bahan isinya membutuhkan telur, bawang putih, daun bawang, garam, daging sapi, dan merica bubuk.

  • Tempat Bisnis

Menjalankan usaha martabak telut ini dapat dijalankan pada beberapa tempat karena sebenarnya semua tempat dapat dijadikan lokasi yang pas untuk berjualan. Martabak telur ini bisa dengan mudah ditemui pada beberapa tempat misalnya di pusat keramaian serta jalanan.

Contoh tempat untuk menjalankan usaha martabak telur yaitu pusat perbelanjaan, perkantoran, mall, tempat wisata, pinggiran jalan raya, dekat perumahan warga dan sebagainya.

  • Perlengkapan Bisnis

Peralatan usaha untuk bisnis martabak ini contohnya seperti kompor dan gas, wajan datar, spatula, baskom, etalase, dan perlengkapan memasak martabak lainnya. Untuk perlengkapan pendukung usaha martabak telur ini meliputi wadah plastik, kertas minyak, pisau, boks atau kotak kardus.

  • Harga Martabak Telur

Rata – rata harga martabak telur yang dijual dipasaran berkisar antara Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 25.000 per porsi. Anda bisa menjual martabak telur dalam beberapa paket untuk memudahkan para konsumen membeli martabak telur sesuai dengan harga yang tertera.

  • Pemasaran

Dengan memasang spanduk didepan lokasi usaha. Jika ingin melakukan promosi lebih lanjut bisa dengan membuat brosur dan menyebarkannya ke beberapa tempat.

  • Resiko Usaha Martabak Telur

Resiko bisnis martabak telur ini terletak pada pesaing. Martabak telur banyak disukai aneka kalangan dan permintaannya semakin besar serta meningkat, begitu juga dengan pelaku usaha. Banyak yang menjalankan usaha martabak telur. Supaya bisa menarik pembeli untuk menyukai martabak telur yang dijual maka perlu melakukan inovasi dengan memberikan menu martabak telur dengan berbagai pilihan.

  • Konsumen Martabak Telur

Martabak telur disukai semua kalangan masyarakat dari berbagai kalangan baik atas, menengah hingga bawah. Semua kalangan ini menyukai martabak telur sebagai sajian makanan yang lezat dan istimewa sehingga menjalankan usaha martabak akan mudah mendapatkan pelanggan.

  • Karyawan

Usaha kuliner martabak bisa dijalankan sendiri atau dibantu karyawan. Jika tidak ahli meracik martabak, Anda bisa mempercayakan semua proses produksi kepada karyawan. Namun semua kegiatan usaha tetap berada di bawah pengawasan Anda sekalian. Karyawan ini bisa Anda bayar perbulan dengan kisaran gaji Rp 800.000 – Rp 1.000.000.

Demikianlah cara membuat kulit martabak yang renyah dan sederhana dan peluang usahanya. Karena dengan kulit yang sempurna anda bisa membuat martabak telur special dengan ukuran sesuai selera anda dan tidak mudah sobek.

Semoga artikel martabak diatas bisa membantu anda dalam cara membuat kulit martabak telur dirumah. Selamat mencoba.

Baca juga artikel selanjutnya cara membuat roti bakar sederhana atau cara membuat bumbu kacang siomay.

Comments are closed.