Cara Membuat Kue Brownies Kukus

Cara Membuat Kue Brownies Kukus

Cara Membuat Kue Brownies Kukus

Cara Membuat Kue Brownies Kukus 

Brownies 

Kue Brownies merupakan sebuah roti cara mengolahnya  dipanggang yang berbentuk persegi, datar atau bar yang dikembangkan di Amerika Serikat pada akhir abad ke-19. Selain brownies panggang, ada juga brownies kukus, kali ini kita akan mengulas cara membuat brownies kukus ini. Baca juga : Cara Membuat Nastar Keju tanpa Oven

 

Bahan-bahan yang diperlukan dalam Cara Membuat Kue Brownies Kukus:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 450 gram gula pasir
  3. 200 gram cokelat blok
  4. 150 ml susu kental manis cokelat
  5.  1/2 sdt garam halus
  6.  11 butir telur
  7.  360 ml minyak goreng
  8.  100 gram cokelat bubuk
  9.  1/2 sdt vanili
  10.  1  1/2 sdt baking powder
  11.  1 sdm ovalet

 

 

Langkah dan Cara Membuat Kue Brownies Kukus:

  1. Langkah pertama arus menyiapkan loyang, beri alas kertas roti dan olesi secara tipis dengan minyak goreng di permukaan dalamnya. Kemudian sisihkan.
  2. Siapkan juga panci kukusan dan bungkus tutupnya dengan serbet untuk menghindari terjatuhnya uap air di atas kue.
  3. Kemudian campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder dalam satu wadah, lalu diaduk-aduk sampai tercampu rata. Dan sisihkan terlebih dahulu.
  4. Langkah selanjutnya, melelehkan coklat blok, kemudian di campur dengan minyak goreng sampai merata. Sisihkan terlebih dahulu.
  5. Untuk adonan, masukkan bahan-bahan seperti telur, gula, vanili bubuk, garam, dan ovalet ke dalam wadah baskom. Kocok menggunakan alat pengaduk mixer berkecepatan sedang sampai mengembang dan mengental.
  6. Mengaduk menggunakan spatula, masukkan campuran terigu ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai tercampur merata.
  7. Kemudian, masukkan campuran cokelat dan minyak ke dalam adonan. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur merata.
  8. Lalu, ambil sedikit adonan,  campurlah dengan susu kental manis cokelat. Aduk hingga merata dan sisihkan terlebih dahulu.
  9. Tuang setengah adonan tadi utama ke dalam Loyang yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kukus adonan selama kurang lebih 10 menit atau sampai adonan benar-benar matang.
  10. Setelah adonan dikukus selama 10 menit, masukkan adonan yang diberi susu kental manis cokelat tadi di atas adonn. Kukus lagi selama kurang lebih 10 menit.
  11. Langkah terakhir yaitu memasukkan sisa adonan sampai adonan terakhir. Kukus lagi adonan selama kurang lebih 10 menit atau sampai adonan matang.
  12. Kemudian angkat kue yang telah matang, ambil dan buang kertas rotinya.
  13. Dinginkan kue brownies dalam ruangan
  14.  Kue brownies kukus siap dinikmati.

 

Teknik Mengukus dalam Cara Membuat Kue Brownies Kukus

1. Memilih Kukusan

 

Sesuaikan besar kukusan dengan loyang yang akan digunakan. Jika kukusan terlalu besar dibandingkan dengan loyang, akan menghasilkan uap yang terlalu banyak, sehingga kue akan menjadi bantat.

Besar lubang kukusan juga harus diperhatikan. Sebaiknya gunakan kukusan dengan lubang yang tidak terlalu besar.

Gunakan kukusan yang berpenutup kaca atau yang berbentuk kerucut. Disini dimaksudkan agar uap yang mengembun tidak akan turun ke dalam adonan brownies.

2. Menyiapkan Pengukus Sebelum akan Digunakan

 

Panaskan kukusan minimal 10 menit sebelum akan digunakan. Sebelum memasukkan adonan brownies ke dalam pengukus, pastikan air kukusan cukup untuk mengukus dan dalam keadaan mendidih. Jika kukusan datar atau tidak terbuat dari kaca, alasi tutup kukusan agar uap air tidak menetes ke dalam adonan.

3. Mengatur Suhu saat Brownies Dikukus

 

Pada saat mengukus brownies, setelah air mendidih, kecilkan nyala api dan gunakan api dengan panas yang sedang agar brownies tidak mengempis. Dengan api yang tidak terlalu besar dan suhu yang tidak terlalu tinggi, akan menghasilkan brownies yang matang merata.

 

 

 

 

 

 

Manfaat dalam Cara Membuat Kue Brownies Kukus

1. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Brownies memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol terjadinya karena disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Untuk mengatasinya ini, brownies adalah pilihan yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol anda.

2. Membantu meningkatkan penyerapan nutrisi

Kandungan yang ada terdapat pada brownies sangat efektif mampu membantu meningkatkan nutrisi dan penyerapannya ke dalam tubuh sehingga akan memperlancar segala aktivitas sehari-hari.

3. Mencegah penyakit diabetes

Brownies memiliki kandungan serat yang akan mencegah munculnya penyakit diabetes sehingga roti ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes dan sangat dianjurkan. Untuk mencegah diabetes bisa dilakukan dengan cara rajin mengkonsumsi kue brownies ini.

4. Mendukung sistem pencernaan

Untuk mendukung fungsi system pencernaan yang baik bisa anda lakukan dengan cara banyak mengkonsumsi kue brownies ini. Kandungan di dalam brownies ini sangat terbukti mampu mendukung fungsi pencernaan secara maksimal.

5. Menurunkan berat badan

Kandungan karbohidrat yang ada di dalam brownis ini berfungsi untuk menurunkan berat badan. Bagi anda yang ingin melakukan program diet, mengkonsumsi brownies ini adalah pilihan yang tepat untuk program diet yang sehat.

6. Meningkatkan tekanan darah

Brownies memiliki kandungan glukosa didalmnya yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah sehingga sangat baik dikonsumsi untuk anda yang saat ini kekurangan darah.

7. Membantu fungsi otak

Kandungan yang ada di dalam kue brownies sangat berperan penting untuk meningkatkan dan menjalankan fungsi otak secara maksimal. Tidak salah lagi, jika kalian harus wajib mengkonsumsi brownies ini.

8. Membantu menjaga kesehatan jantung

Untuk selalu menjaga kesehatan jantung anda, anda bisa mulai mencoba mengkonsumsi kue brownies ini. Terdapat kandungan karbohidrat di dalamnya yang akan membantu menjaga kesehatan jantung dengan baik.

9. Sumber energi tubuh

Jangan sampai tubuh anda terlihat lemah dan lesu saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk mencegah hal itu, anda bisa mengkonsumsi brownies untuk sarapan pagi. Karena terdapat kandungan glukosa di dalamnya yang terbukti bisa menjadi sumber energi untuk tubuh dan membantu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

10. Mencegah obesitas/Kegemukan

Obesitas pada umumnya terjadi dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Untuk mencegahnya, mulailah dengan cara rajin mengkonsumsi kue brownies. Karena memiliki kandungan serat yang terbukti mampu mencegah obesitas pada diri anda.

Baca juga : Cara Membuat Bika Ambon Kukus

Baca juga : Cara Membuat Martabak Telur Mini

Comments are closed.