Inilah Resep Cara Membuat Kerupuk Uyel Yang Renyah

Inilah Resep Cara Membuat Kerupuk Uyel Yang Renyah

cara membuat kerupuk uyel – Kerupuk uyel merupakan kerupuk putih atau yang lebih dikenal dengan nama kerupuk kampung, berbentuk seperti mie keriting terbuat dari tepung tapioka dan dicampur dengan tepung terigu.

Pada umumnya kerupuk uyel berwarna putih, tetapi ada juga yang membuat aneka variasi warna dan beraneka rasa biasanya dengan penambahan rasa ikan, udang, bawang dan seledri.

Kerupuk Uyel atau Kerupuk putih yang garing atau renyah ini biasanya banyak disediakan dengan kemasan dalam kaleng atau bungkus plastik di rumah makan padang, warteg, dan rumah makan sunda, dll.

Untuk ukuran dari kerupuk uyel ini bermacam-macam tergantung oleh cetakan pabrik mau kerupuk dari ukuran kecil, sedang sampai yang besar jumbo. Daerah penghasil kerupuk yang enak dan terkenal adalah sentra kerupuk Ciamis bermacam-macam aneka kerupuk di produksi disini, selain itu ada juga di daerah Jawa, Sumatera, Bali, dll.

memang kebanyakan yang memproduksi kerupuk ini adalah orang Jawa dan Sunda, karena mereka yang punya resep aslinya, jika Anda ingin membuat sendiri atau bikin kerupuk sendiri mudah dan praktis untuk skala rumahan silahkan coba.

Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resep kerupuk putih uyel keriting sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, dan mudah untuk kita konsumsi sendiri maupun untuk kita jadikan usaha bisnis aneka kerupuk biasa dengan membuka pabrik kerupuk dan keripik.

yuk baca artikel ini juga : cara membuat kerupuk jengkol balado

 

Cara Membuat Kerupuk Uyel

Bahan Kerupuk Uyel :

  • 500 gram tepung tapioka
  • 50 gram tepung terigu
  • 125 ml air
  • 20 gram garam
  • 15 gram bawang putih
  • 15 gram gula pasir
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah Cara Membuat Kerupuk Uyel :

  1. Pertama kita tumbuk dan goreng bawang putih. Kemudian dinginkan dan campur dengan garam, gula pasir dan penyedap rasa.
  2. Tambahkan tepung tapioka dan terigu kedalam wadah. Tuang air sedikit demi sedikit dan sambil diuleni hingga kalis. Tambah pewarna makanan jika ingin membuat lebih berwarna.
  3. Cetak adonan menjadi bentuk bulat keriting (uyel-uyel) dengan cetakan yang berlubang kecil-kecil.
  4. Kukus adonan yang sudah dicetak hingga matang, kurang lebih selama 15-25 menit.
  5. Jemur adonan kerupuk hingga kering di bawah panas matahari.
  6. Panaskan minyak dan goreng hingga matang.
  7. Apabila sudah matang kemudian angkat, tiriskan dan simpan dalam wadah yang kedap udara saat disajikan.

 

Efek kesehatan dari makan kerupuk uyel

Kerupuk uyel termasuk dalam kategori makanan olahan, Artinya makanan ini telah diubah bentuk dan rasanya dari bahan asli. Memang tidak semua makanan olahan tidak sehat, tetapi beberapa sebaiknya kita hindari karena mengandung kadar garam, gula, dan lemak tinggi.

Pada kerupuk uyel, sesudah adonan bahannya dimasak, maka akan dimasukkan ke dalam mesin pencetak adonan. Usai proses percetakan, kerupuk kembali direbus. Setelah itu, kerupuk akan dijemur agar cepat kering sebelum digoreng dan dikemas dalam tempat kerupuk.

Belum lagi takaran dari komposisinya yang tidak jelas. Lebih jauh, kerupuk ini akan dibungkus di plastik, dibenamkan di kaleng, dan benda-benda lainnya saat didistribusikan sehingga sulit untuk menebak apa saja yang terkandung di dalamnya.

Proses saat penggorengan pada kerupuk uyel menjadikannya tidak termasuk dalam makanan olahan yang sehat. Sudah umum diketahui bahwa makanan yang digoreng cenderung tinggi kalori dan lemak trans. Jika dikonsumsi berlebihan, maka akan menimbulkan berbagai efek negatif terhadap kesehatan.

Beberapa studi pada orang dewasa telah menemukan sebuah hubungan antara mengonsumsi makanan bergoreng dan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Karena termasuk dalam golongan makanan ringan, kerupuk uyel tidak dapat digolongkan.

Bagaimana teman-teman? mudah kan cara membuat kerupuk uyel sendiri? yuk baca artikel ini juga cara membuat kerupuk kanji untuk referensi kita saat ingin membuat usaha kerupuk homemade.

Comments are closed.