Inilah Rahasia Cara Membuat Kerupuk Tahu Pedas

Inilah Rahasia Cara Membuat Kerupuk Tahu Pedas

Cara membuat kerupuk tahu pedas – Kerupuk merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bahan perasa. Kerupuk dibuat dengan cara mengukus adonan dahulu kemudian potong adonan tipis – tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari atau dioven sampai kering dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak.

Salah satu jenis varian kerupuk yang saat ini banyak ditemui dipasaran adalah kerupuk tahu. Cara membuat kerupuk tahu pedas sangatlah mudah dan sederhana karena dapat menggunakan bahan dan alat yang ada didalam dapur rumah kita saja.

Kerupuk tahu sangatlah cocok untuk dijadikan cemilan disaat kumpul keluarga, menonton tv maupun saat bersantai.

Selain teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih tentu kerupuk tahu juga menyehatkan karena terkandung nutrisi yang berguna bagi tubuh kita. Selain dijadikan cemilan, kerupuk tahu juga cocok untuk kita jadikan bahan pelengkap disaat kita makan.

Pada kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat kerupuk tahu pedas sehingga kita bisa menjadikannya cemilan sehat maupun bisa kita mencobanya untuk dijadikan bahan bisnis kecil-kecilan.

Baca juga yuk kawan artikel ini : Cara Membuat Kerupuk Jengkol Balado

 

Cara Membuat Kerupuk Tahu Pedas

Bahan-Bahan Kerupuk Tahu

Bahan Utama

  • 10 buah tahu pong cokelat
  • 750 ml minyak
  • 300 ml air bersih

Bahan Pelapis :

  • 100 gr tepung terigu
  • 25 gr tepung beras
  • 1 sendok teh tepung maizena
  • 1/2 sendok makan cabai bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sendok teh bawang putih bubuk

Cara Membuat kerupuk Tahu Pedas

  1. Ambil tahu pong dan buang isinya sehingga menyisakan kulitnya saja, kemudian cuci hingga bersih.
  2. Siapkan minyak dan wajan lalu panaskan supaya saat adonan sudah siap minyak juga sudah siap untuk menggoreng
  3. masukan bahan pelapis ke dalam wadah baskom satu persatu, lalu aduk rata bahan pelapis tersebut hingga rata
  4. Masukan tahu pong kedalam adonan tadi hingga tahu terbalut dengan rata oleh adonan pelapis
  5. Goreng tahu menggunakan minyak yang sudah kita panaskan tadi. Disarankan goreng dengan api sedang supaya matangnya merata dan kering
  6. Angkat dan tiriskan kerupuk tahu yang sudah matang, dan kerupuk tahu siap untuk dihidangkan sebagai cemilan maupun pelengkap disaat kita makan.

Yuk baca artikel ini juga kawan : cara membuat kerupuk tahu kesayangan keluarga

 

JENIS – JENIS TAHU

1. TAHU SUMEDANG

Tahu Sumedang atau tahu pong, dikenal juga dengan nama tahu kulit karena bertekstur agak liat (kenyal) dan berwarna coklat di luarnya setelah digoreng. sebelum digoreng tahu Sumedang memiliki warna putih, tetapi ketika digoreng warnanya menjadi kecokelatan.

Tahu Sumedang memiliki tekstur yang lunak dan kenyal. Tekstur dari tahu sumedang pun awalnya mudah hancur sebelum digoreng, karena memiliki kadar air yang sangat tinggi.

2. TAHU BANDUNG

Kota Bandung tak hanya terkenal akan dunia kuliner dan tempat wisatanya saja yang mencuri perhatian, namun juga terkenal sebagai salah satu kota penghasil tahu yang berkualitas tinggi. Tahu Bandung merupakan salah satu jenis tahu yang paling terkenal di Bandung. Tahu Bandung memiliki warna putih dan kuning yang berasal dari kunyit dan berbentuk seperti persegi.

3. TAHU CINA

Tahu cina adalah varian jenis tahu yang sering ditemui di pasar tradisional maupun supermarket. Tahu cina memiliki warna putih dan tekstur yang padat, halus dan kenyal.

tahu cina mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan tahu lainnya. Biasanya ukurannya dari tahu cina mencapai 12x12x8 cm. Dalam proses pembuatannya, umumnya tahu cina menggunakan resep tambahan seperti cioko (kalsium sulfat) yang berguna memadatkan teksturnya.

4. TAHU TAKWA

Tahu takwa merupakan jenis tahu yang berasal dari Kediri, tahu takwa merupakan jenis makanan khas terbesar ketiga di Jawa Timur itu. Tahu takwa memiliki tekstur yang kenyal dan lebih padat karena tahu ini ditekan dengan penekanan yang cukup tinggi selama 15 menit saat proses pembuatannya berlangsung. kandungan air dalam tahu takwa juga sangatlah rendah sehingga tak mudah hancur saat dipegang.

5. TAHU SUTRA

Tahu sutra merupakan salah satu jenis tahu yang memiliki bentuk persegi dan menyerupai bantalan kecil. Jenis tahu ini banyak ditemukan di supermarket, karena memiliki harga yang bisa dibilang sedikit lebih mahal dibandingkan jenis tahu lain yang berada di pasar tradisional. Tahu sutra memiliki tekstur yang cenderung lunak dan kenyal.

Comments are closed.