Ini Dia Cara Membuat Nasi Kering Yang Lezat!

Ini Dia Cara Membuat Nasi Kering Yang Lezat!

Cara membuat kerupuk nasi kering. Indonesia memiliki berbagai macam olahan makanan, salah satunya adalah kerupuk. Indonesia memiliki banyak olahan kerupuk, mulai dari yang paling mudah dibuat hingga yang cukup sulit dibuat. Semua orang sangat menyukai kerupuk, salah satu kerupuk yang digemari yaitu kerupuk nasi.

Kerupuk adalah makanan yang terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bahan – bahan lain sehingga menjadikan kerupuk dengan rasa yang unik. Kerupuk dibuat dengan mencampurkan adonan, kukus adonan, lalu dipotong – potong dan dijemur hingga kering, selanjutnya kerupuk digoreng dengan minyak.

Nasi Merupakan bahan pangan pokok masyarakat indonesia. Nasi memiliki warna yang putih dan berbentuk kecil serta memiliki karbohidrat yang sangat baik untuk kebutuhan energi manusia. Nasi sendiri ini merupakan hasil olahan dari beras.

Memakan nasi secara berlebihan sangat tidak baik bagi tubuh karena dapat menyebabkan diabetes akibat kandungan gula pada nasi yang cukup tinggi. Sebagai olahannya, nasi dapat disajikan bersama dengan lauk favorit, bisa juga dibuat menjadi nasi goreng atau kerupuk nasi.

Kerupuk nasi biasa digunakan untuk cemilan saat santai atau saat berkumpul dengan keluarga. kerupuk nasi juga bisa digunakan untuk makanan pelengkap saat makan. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka sebuah usaha dari kerupuk nasi.

Cara membuat kerupuk nasi pedas sangatlah mudah, bahan – bahannya sederhana, dan tentunya bergizi karena berbahan dasar nasi. Pada saat ini saya akan mencoba sharing artikel tentang cara membuat kerupuk nasi kering. Berikut adalah resep dan cara membuat kerupuk nasi kering.

 

Baca juga : Cara Membuat Kerupuk Nasi Renyah Gurih dan Mudah

 

Bahan – bahan yang harus disiapkan :

 

Nasi Kering seadanya.

Tepung Tapioka secukupnya.

Bumbu

Ketumbar.

bawang putih.

penyedap rasa.

Garam.

 

Cara Membuat Kerupuk Nasi Kering :

 

  1. Haluskan bumbu.
  2. Rendam nasi kering semalaman, cuci bersih.
  3. Tambahkan tepung tapioka dengan bumbu yang sudah dihaluskan.
  4. Lalu aduk adonan hingga kalis.
  1. Bentuk adonan menjadi lonjong menyerupai pempek lenjer.
  2. Rebus adonan dalam air mendidih hingga adonan mengapung.
  3. Angkat, tiriskan, dinginkan.
  1. Simpan adonan matang ke dalam kulkas semalaman supaya mudah diiris.
  2. Setelah disimpan dikulkas, selanjutnya adonan diiris tipis – tipis.
  3. Lalu jemur adonan yang sudah diiris sampai kering 1-2 hari.
  4. Setelah kering, kerupuk nasi siap untuk digoreng dan disantap.

Suka Makan Keripik? Inilah Cara Membuat Keripik Bawang Seledri Yang Akan Menggoyang Lidah

Masih banyak olahan kerupuk – kerupuk lainnya yang dapat anda coba dirumah. Anda bisa mencoba resep – resep yang anda ciptakan sendiri dengan mencampurkan bahan –bahan lain. Demikian artikel yang saya buat tentang cara membuat kerupuk nasi kering.

Comments are closed.