Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri yang Gurih dan Bergizi

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri yang Gurih dan Bergizi

 cara membuat kerupuk ikan tenggiri – Kerupuk merupakan salah satu makanan pelengkap yang sangat gurih cocok untuk pelengkap makanan apa saja.

Makanan yang satu ini dapat dibuat dengan berbagai macam jenis rasa.Kerupuk dibuat dengan beberapa macam bahan dasar seperti kerupuk ikan, kerupuk udang, kerupuk kulit dan jenis kerupuk yang lainnya.

Kerupuk ikan tenggiri adalah jenis kerupuk yang sangat enak dan biasa disajikan sebagai cemilan atau makanan pelengkap. Misalnya ketika anda sedang menikmati bakso atau mie ayam memang sangat cocok dinikmati dengan kerupuk ikan tenggiri ini.

Selain itu, karena kerupuk ini memiliki rasa yang gurih juga dapat dijadikan sebagai lauk yang sangat nikmat dan biasa dipadukan dengan sambal atau saus sambal.Kerupuk tenggiri sendiri merupakan salah satu kerupuk yang sudah merebut hati masyarakat.

Sebelum kita tahu bagaimana proses cara membuat kerupuk ikan tenggiri ini,ada baiknya jika mengetahui bahan dasarnya yaitu ikan tenggiri.

Sekilas tentang Tenggiri

cara membuat kerupuk ikan tenggiri

Tenggiri adalah nama umum bagi sekelompok ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus, suku Scombridae. Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung.

Tenggiri banyak disukai orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering, atau diolah menjadi kerupuk, siomay, dan lain-lain.

Secara umumnya, ikan ini terbagi menjadi dua bagian yaitu ikan berdaging merah ( gelap ), dan ikan berdaging putih ( terang ).

Selain itu, ikan ini juga memiliki kandungan senyawa yang banyak seperti lemak, glikogen, dan vitamin. Ikan tenggiri ini dapat diklasifikasi sebagai berikut :

Kingdom  : Animalia
Filum  : Chordata
Kelas  : Actunopterygii
Ordo  : Perciformes
Famili  : Scombridae
Genus  : Scomberomorus
Spesies  : Scomberomorus commerson

Morfologi ikan tenggiri

Ikan tenggiri memiliki bentuk memanjang, daging kulit licin, tidak memiliki sisik kecuali sisik pada gurat sisi yang kecil, sirip punggung ada dua. Letak berdekatan dengan bagian depan yang diskong dengan jari – jari keras berjumlah 16-17 buah.

Yang belakang diskong dengan 3-4 jari – jari keras dan 13-14 jari – jari lunak. Sirip dubur sama besar dengan sirip pungung yang belakang, dan disebelah belakangnya terdapat sirip tambahan sebanyak 9-10 buah.

Siri ekor bercagak dua berlekuk dalam dengan kedua ujung sirip – siripnya yang panjang. Mulut lebar, rahang bagian atas dan rahang bagian bawah bergerigi tajam dan kuat, langit – langit bergerigi kecil – kecil.

Warna punggung kebiru – biruan, pinggiran tubuh dan perut berwarna perak. Jenis ikan tergolong ikan yang besar, panjang tubuh dapat mencapai 150 cm.

Baca juga:Cara Membuat Kerupuk Ikan Teri Yang Gurih

Manfaat Ikan tenggiri bagi kesehatan

Meningkatkan Stamina

Kedudukan stamina tingkatannya yang lebih tinggi dari daya tahan, merupakan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas dalam waktu tertentu.

Supaya stamina tetap terjaga dengan baik dengan cara memakan ikan tenggiri secara teratur. Cukupi kebutuhan karbohidrat dan protein supaya tubuh tidak kekurangan nutrisi.

Mengandung Omega 3

Mengonsumsi ikan tenggiri papan yang kaya akan Omega 3 secara teratur dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar trigliserida atau lemak dalam darah.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium dan fosfor tidak hanya dapat ditemui pada susu saja, melaikan di ikan tenggiri papan juga bisa didapatkan, dan kadarnya pun cukup tinggi bermanfaat membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu berkhasiat dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi

Sistem reproduksi merupakan organ intim yang sangat penting sekali, bagi laki-laki maupun perempuan.Sebagai manusia harus senantiasa menjaganya agar terhindar dari berbagai kuman atau ragam penyakit, terlebih lagi supaya anda mudah mendapat keturunan.

Untuk menjaga kesehatanya, ada baiknya bila rutin makan ikan tenggiri papan, kandungan di dalamnya tidak akan merusak fungsi organ tersebut.

Mengobati Batuk Akut

Batuk akut merupakan penyakit yang menyerang tenggorokan berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Maka dari itu anda harus segera mengobatinya dengan mengonsumsi ikan tenggiri papan.

Mencegah Kerusakan Otak

Terlalu banyaknya kandungan zat kimia berbahaya masuk dalam tubuh manusia. Besar kemungkinan tidak hanya berefek pada tulang dan gigi saja, tetapi otak pun akan mengalami risiko penyakit alzheimer lebih tinggi.Dengan mengonsumsi ikan tenggiri papan dapat mencegah kerusakan otak.

Baca juga : cara Membuat Kerupuk Ikan Tongkol Yang Kaya akan Manfaat

Mengobati Demam

Demam yang tidak berhubungan dengan kondisi kesehatan yang serius biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri,kelelahan karena panas, terkena sengatan panasnya sinar matahari, kondisi radang dan imunisasi atau suntikan. Bisa disembuhkan dengan mengonsumsi ikan tenggiri papan.

Cara Membuat Kerupuk Ikan tenggiri

Ikan Tenggiri memang menjadi salah satu ikan yang memiliki rasa gurih dan banyak digemari. Bahkan selain dibuat sebagai campuran untuk membuat siomay, ikan tenggiri ini juga kerap kali diolah menjadi amplang atau Kerupuk Ikan Tenggiri yang memiliki rasa gurih, renyah dan enak.

Dalam resep Kerupuk Ikan Tenggiri ini bahan yang perlu disiapkan tidak terlalu banyak bahkan semuanya mudah untuk diperoleh. Dan tentunya jika dirumah anda memiliki persediaan kan tenggiri melimpah tak ada salahnya untuk mencoba membuat kerupuk amplang ini.

Proses membuatnya juga mudah kok.Jika anda penyuka kerupuk amplang ini tak perlu merogoh kocek dalam dalam untuk membelinya karena anda dapat mencoba untuk membuat Kerupuk Ikan Tenggiri ini dirumah.

Ternyata cara membuatnya juga tidak sulit dengan bahan yang praktis.Langsung saja kita simak sama sama cara membuat kerupuk ikan tenggiri

Bahan-bahan tentang cara membuat kerupuk ikan tenggiri:

  • 400 gr daging ikan tenggiri
  • 4 butir telur ayam
  • 600 gr tepung sagu
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 1 sendok teh soda kue
  • Garam secukupnya
  • 40 gr gula pasir

Cara membuat kerupuk ikan tenggiri:

  1. Daging ikan tenggiri dihaluskan dulu dengan cara ditumbuk.
  2. Buat adonan dengan mencampur bahan-bahan seperti, air, garam, gula, dan penyedap rasa. Lalu masukkan tepung sagu ke dalam adonan tersebut sedikit demi sedikit sambil di aduk-aduk atau diuleni agar adonan bisa tercampur rata.
  3. Masukkan telur yang sudah dikocok ke dalam adonan, kemudian tambahkan pula soda kue ke dalam adonan tersebut. Lalu aduk-aduk agar adonan tercampur rata.
  4. Apabila adonan sudah tercampur dengan rata, langkah selanjutnya adalah membentuk adonan tersebut menjadi panjang dengan ukuran kira-kira sebesar jari telunjuk. Kemudian bungkus menggunakan plastik dan kukus adonan tersebut hingga matang.
  5. Bila adonan sudah dikukus  hingga matang, selanjutnya potong-potong menjadi kecil dengan ukuran 1 cm. Kemudian jemur hingga kering di bawah terik sinar matahari langsung.
  6. Bila kerupuk tenggiri tersebut sudah terlihat kering dan teksturnya keras, itu menandakan bahwa kerupuk ikan tenggiri sudah siap untuk digoreng.
  7. Goreng kerupuk sampai matang dan hidangkan sebagai camilan atau bisa dijadikan sebagai makanan ringan yang bisa dimakan kapan saja.

Itu tadi cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang gurih dan mengandung banyak nutrisi bagi tubuh. Semoga bermanfaat

Baca juga:Cara Membuat Kerupuk Basah Ikan Teri Yang Lezat

Comments are closed.