Cara Membuat Kerupuk Basah Ikan Teri yang Lezat

Cara Membuat Kerupuk Basah Ikan Teri yang Lezat

Cara Membuat Kerupuk Basah Ikan Teri

Cara membuat kerupuk basah ikan teri – Kerupuk basah berbeda dengan kerupuk pada umumnya, kerupuk yang satu ini tidak melalui proses dijemur dan digoreng sepertinya lazimnya pembuatan kerupuk lainnya.

Kerupuk basah biasa dibuat dengan bahan dasar ikan air tawar.  Namun jenis ikan yang paling lezat di lidah adalah ikan teri. Ikan eksotik ini banyak dijumpai di Sungai atau danau.

Makanan ini terbilang unik dan sederhana, sedikit kenyal namun gurih  dengan cita rasa ikan air tawar yang kental terasa.

Biasanya Kerupuk Basah di sajikan dengan sambal. Untuk memotong-motong kerupuk, bisa menggunakan mesin pemotong kerupuk ikan berkualitas.

Di kalangan Masyarakat Kapuas Hulu khususnya di kawasan Danau Sentarum, makanan ini sangat popular dan menjadi sajian utama ketika ada tamu.

Baca juga : cara membuat cireng bumbu rujak yang enak

Kandungan Gizi Ikan Teri :

cara membuat kerupuk basah ikan teri

Kalsium

Kalsium adalah mineral paling tinggi yang terkandung di dalam ikan teri. Dalam 100 gram ikan teri segar, terdapat sekitar 972 mg kalsium. Jumlah yang terbilang sangat tinggi untuk ukuran ikan teri yang kecil.

Protein

Per 100 gram ikan teri terkandung total 10,3 protein. Tingginya kandungan protein pada ikan ini membuat teri cocok dikonsumsi anak – anak.

Zat Besi

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun kandungan zat besi dalam ikan teri juga terbilang cukup baik untuk menanggulangi berbagai penyakit. Dalam 100 gram ikan teri setidaknya terdapat 3,9 mg zat besi.

Vitamin

Zat yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan, yaitu vitamin. Di dalam 100 gram ikan teri total mengandung 0,24 mg vitamin B1 dan 43 mg vitamin A.

Lemak

Ikan teri memiliki kandungan lemak yang rendah, yakni 1,4 gram saja per 100 gram ikan teri segar. Cocok bagi anda yang sedang menjalani program diet.

Fosfor

Seperti layaknya ikan laut kebanyakan, ikan teri juga memiliki kandungan fosfor. Bahkan jika dibandingkan dengan ikan lain, ikan teri adalah salah satu yang memiliki fosfor paling tinggi. Dalam 100 gram ikan teri saja terdapat 253 gram fosfor.

Baca juga : cara membuat roti bolu kukus yang enak dan lembut

Manfaat Ikan Teri

cara membuat kerupuk basah ikan teri

Menambah Massa Otot Sehingga Otot Besar Namun Tidak Lembek

Penambahan massa otot dapat dilakukan dengan pasokan protein yang melimpah untuk tubuh.

Olahraga angkat beban bisa jadi jalan menambah massa otot, namun dikalangan pecinta fitness sendiri muncul gosip bahwa makan saja tidak cukup, harus pula disertai minum susu dan suplemen.

Biaya body building tidak murah, kecuali anda mau makan ikan teri karena ikan ini berkhasiat untuk menambah massa otot, sebab kaya dengan protein. Coba saja! Dijamin otot besar dan tidak lembek.

Membentuk Otot Menjadi Macho dan Tangguh

Kalau otot sudah besar, seseorang masih akan merasa kurang karena penampilan kurang macho dan tangguh. Ini juga bisa disiasati dengan makan ikan Teri.

Macho itu urusan karisma dan aura. Karisma dan Aura dapat dibuka dengan Teri karena ia kaya dengan manfaat, kecil-kecil cabai rawit.

Menguatkan Tulang Agar Tidak Mengalami Pengapuran

Pengapuran Tulang sudah pasti terjadi dan dialami manusia. Tinggal seberapa kuat resistensi manusia dalam menghadapi percepatan pengapuran ini. Kalau ingin tulang tidak cepat berkapur dan rapuh, sebaiknya makan ikan teri saja.

Menguatkan Gigi Sehingga Tidak Keropos dan Mudah Patah

Gigi adalah organ vital yang perlu dijaga karena bila sudah rusak akan memberikan efek buruk sekali seperti sakit gigi.

Kalau sudah rusak biayanya mahal buat memperbaiki gigi. Maka jagalah gigi anda biar tidak keropos dan mudah patah. Caranya gampang, makan ikan teri saja.

Menambah Kadar Hemoglobin dalam Darah

Manfaat ikan teri di bidang hematologi juga teraba. Ternyata ikan kecil ini menambah kadar Hemoglobin (HB) dalam darah sehingga tubuh tidak mudah lemas dan sakit.

Menaikkan Kadar Trombosit

Trombosit atau keping darah adalah bagian dari struktur darah manusia yang berfungsi untuk proses penyembuhan luka.

Kekurangan trombosit akan membuat seseorang mudah terkena pendarahan dan lukanya akan sulit kering.

Ternyata Ikan Teri berkhasiat untuk menaikkan kadar trombosit. Cocok untuk pengidap leukimia, hemofilia, dan demam berdarah.

Mencegah Terjadinya Migrain

Manfaat ikan Teri juga bisa untuk membuat rileks otot kepala sehingga kepala tidak mengalami migrain maupun sakit kepala jenis lainnya. Dicoba saja makan teri goreng tanpa tambahan bumbu apapun, niscaya migrain sembuh.

Menjaga kesehatan tulang

Tingginya kandungan kalsium dan fosfor di dalam ikan teri membuat ikan ini sangat baik untuk kesehatan tulang.

Beberapa manfaat teri untuk tulang antara lain mencegah osteoporosis, memperkuat tulang, dan menjaga kesehatan gigi.

Itulah tadi beberapa kanduangan gizi dan manfaat ikan teri, semoga bermanfaat untuk anda. Langsung saja yuk kita lihat cara membuat kerupuk basah ikan teri beserta sambalnya berikut ini :

cara membuat kerupuk basah ikan teri

Baca juga : cara membuat adonan martabak manis

Cara Membuat Kerupuk Basah Ikan Teri

Bahan-Bahan dalam cara membuat kerupuk basah ikan teri:

  • 500 Gr Tepung sagu/kanji putih
  • 6 Siung bawang putih, ditumbuk halus
  • 3-4 Gelas air
  • 1 Kg ikan teri
  •  ½ sdm merica bubuk
  • Secukupnya garam
  • Penyedap rasa

Bahan Sambal :

  • 200 Gr kacang tanah goreng
  • 10 Bh cabe rawit merah
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya garam
  • Penyedap rasa

Cara membuat kerupuk basah ikan teri:

  1. Campurkan dan aduk sampai rata ikan teri, air, bawang putih, merica, garam & penyedap rasa.
  2. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sampai kenyal hingga adonan dapat dibentuk bulat panjang, adonan dapat ditambahkan irisan daun bawang/seledri.
  3. Masukkan adonan ke dalam air yang mendidih, tunggu 30-40 menit hingga mengapung baru diangkat.
  4. Sajikan diatas piring

Cara membuat sambal

cara membuat kerupuk basah ikan teri

  1. Haluskan cabe rawit dan kacang tanah goreng, masukan air panas secukupnya jangan terlalu kental dan terlalu cair.
  2. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa.
  3. Agar sambal tidak mudah basi maka bisa ditumis yakni dengan menambahkan dua buah bawang merah dan satu siung bawang putih.

Baca juga : cara membuat pentol bakso tanpa daging

Demikian tadi cara membuat kerupuk basah ikan teri, semoga anda bisa mencobanya di rumah. Kerupuk basah ini bisa anda kemas dengan menggunakan mesin vacuum sealer alat press hampa udara. Selamat mencoba.

Comments are closed.