Mudah untuk Dicoba Cara Membuat Keripik Tempe Pedas

Mudah untuk Dicoba Cara Membuat Keripik Tempe Pedas

Cara membuat keripik tempe pedas–terkhusus bagi anda yang sangat menggemari camilan pasti tidak asing lagi dengan istilah keripik tempe. Nama tersebut sudah terkenal di Indonesia dari pedesaan hingga perkotaan. Karena keripik tempe adalah salah satu olahan makanan yang ciri khas teksturnya yang renyah dan gurih yang dijamin bisa menggoda lidah anda.

Selain rasanya yang renyah dan gurih, dengan ditambah rasa pedas semakin membuat anda ketagihan dan tidak ingin berhenti menguyahnya. Karena rasa pedas tersebut serasa mulut tidak mau berhenti mengunyahnya, dan semakin nikmat kalau ditemani secangkir kopi. 😀

Pada saat lagi ngumpul bareng keluarga ataupun teman paling cocok ngemil keripik tempe pedas, karena bisa saling berbagi rasa pedasnya dan nangis-nangis bareng karena tidak tahan dengan sensasi pedasnya. 😀 Tetapi jika anda hanya mempunyai satu bungkus keripik tempe pedas, nggak mungkin rela untuk dibagi-bagi. Tidak kalah menarik dengan keripik yang satu ini yaitu keripik pare, cara membuatnya ada disini.

Dengan gurih, renyahnya, dan ditambah rasa pedasnya keripik tempe sangat disukai dari berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Cara membuat keripik tempe pedas pun mudah sehingga siapapun bisa membuatnya sendiri di rumah asalkan ada niat dan kemauan.Selain dijadikan camilan, keripik tempe juga bisa dijadikan lauk makan anda.

Camilan yang satu ini menjadi salah satu oleh-oleh yang khas di beberapa kota di Indonesia. Kota yang terkenal sebagai penghasil keripik tempe di Indonesia adalah Keripik Tempe Bandung, Keripik Tempe Kebumen, Keripik Tempe Purwokerto dan lain sebagainya.

Keripik tempe bahan utamanya tempe kedelai yang digoreng kering dengan irisan tipis-tipis dan di campur bumbu dan bahan-bahan lainnya. Berdasarkan penemuan kuno di daerah Jawa, tempe adalah olahan kedelai yang dalam sejarahnya berasal asli dari Indonesia. Maka tidak heran jika industri tempe kedelai banyak berada di daerah Jawa.

#Cara Membuat Keripik Tempe Pedas

cara membuat keripik tempe pedas

Bahan :

  • Tempe ½ kg
  • Tepung terigu 200 gr
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • 2 butir telur ayam
  • Garam 3/4 sendok teh
  • Merica bubuk ½ sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bumbu pedas sesuai selera

Cara membuatnya :

  1. Irislah tempe tipis-tipis, semakin tipis irisannya maka semakin renyah.
  2. Campur tepung terigu, garam, merica bubuk, dan kaldu ayam kemudian aduk hingga rata.
  3. Lalu ambil telur dan kocok hingga berbusa. Setelah itu, ambil irisan tempe dan celupkan pada telur hingga merata.
  4. Setelah itu, guling-gulingkan pada campuran tepung yang sudah dicampur dengan bumbu hingga seluruh permukaannya tertutup rata.
  5. Panaskan minyak dan pastikan api tidak terlalu agar gorengan tidak cepat gosong.
  6. Lalu goreng tempe hingga berwarna kuning kecoklatan dan matang, kemudia angkat dan tiriskan.
  7. Setelah matang, masukkan tempe keripik ke dalam wadah yang sudah diisi dengan bumbu pedas.
  8. Lalu campur-campur hingga tempe tercampur dengan bumbu hingga rata.
  9. Tempe keripik pedas siap untuk dinikmati.

Baca : RESEP BAKSO IKAN TENGGIRI UNTUK ANAK

Demikian cara membuat keripik tempe pedas yang mudah dipraktikkan di rumah. Untuk mengisi kekosongan kegiatan anda di rumah, lebih baik anda mencoba membuat keripik tempe pedas. Siapa tau dengan mencobanya bisa menjadi awal sukses anda dengan berbisnis keripik tempe dan anda bisa mengkreasikannya sendiri.

Dari segi gizi, tempe mempunyai kandungan protein nabati cukup tinggi dan tidak mengandung kolesterol seperti halnya daging. Tempe dapat diolah menjadi berbagai macam makanan atau masakan seperti semur tempe, terik tempe, kering tempe, tempe mendoan dan yang akan dibahas pada artikel kali ini yaitu cara membuat keripik tempe pedas.

Comments are closed.