Tips Membuat Keripik Talas Agar Tidak Gatal

Tips Membuat Keripik Talas Agar Tidak Gatal

Cara Membuat Keripik Talas Agar Tidak Gatal
Cara Membuat Keripik Talas Agar Tidak Gatal

Cara Membuat Keripik Talas Agar Tidak Gatal – Masyarakat kita biasanya mengonsumsi talas hanya untuk camilan. Namun dibeberapa daerah di Indonesia dan di sejumlah daerah tropis, umbi talas ini dijadikan sebagai makanan pokok. Karena umbi talas sebagai sumber karbohidrat pengganti beras yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Salah satu daerah yang makanan pokoknya umbi talas adalah kabupaten Sorong, Papua. Talas merupakan tumbuhan yang 90% bagiannya dapat dimanfaatkan. Bagian tanaman talas yang dapat dimakan yaitu umbi, tunas muda dan tangkai daun. Sedangkan pelepah dan daun talas dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, obat, maupun pembungkus makanan. Bagian yang tidak dapat dimakan hanyalah akarakar serabutnya.

Dalam talas terdapat kandungan gizi karbohidrat yang tinggi pada umbinya, mengandung rendah lemak, dan protein. Kandungan protein pada daun talas lebih tinggi dari umbinya. Selain itu, dalam umbi talas juga mengandung vitamin, diantaranya vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan betakaroten (nutrisi setara vitamin A), serta terdapat kandungan serat yang cukup baik. Talas juga mengandung beberapa unsur mineral.

Adanya berbagai macam kandungan gizi pada talas, membuatnya memiliki manfaat tertentu bagi kesehatan manusia, antara lain:

  1. Kandungan serat cukup baik untuk memperlancar kerja pencernaan. Apabila dibuat bubur talas dapat dikonsumsi sebagai makanan bayi dengan tingkat alergi yang rendah dan melancarkan pencernaan.
  2. Mengonsumsi talas rebus tanpa tambahan apapun menjaga kolestrol darah tetap rendah, mencegah resiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi, karena setiap cangkir talas mengandung potasium, mangan dan kalium yang manusia butuhkan.
  3. Secangkir talas mengandung vitamin C yang cukup baik untuk memperkuat pertahanan tubuh, vitamin B6 membantu menjaga imunitas tubuh, dan vitamin E menurunkan resiko terkena serangan jantung.
  4. Kandungan betakaroten pada talas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan meningkatkan fertilitas.

Kebutuhan beragam mineral dapat terpenuhi dengan satu cangkir talas, karena mengandung magnesium, fosfat dan tembaga yang dibutuhkan manusia setiap hari.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan zak kalsium oksalat, zat yang menyebabkan gatal di dalam talas, antara lain sebagai berikut:

1. Menjemur

Menjemur adalah salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan zat kalsium oksalat dari dalam talas, mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan biaya. Namun proses ini tentu membutuhkan waktu yang lama serta sinar matahari yang cukup dan terkadang malah menimbulkan warna biru pada talas dan talas harus diiris tipis terlebih dahulu.

2 Merendam Talas dalam Larutan Air Garam

Cara yang kedua adalah dengan merendam umbi talas ke dalam larutan air garam, supaya terjadi reaksi antara NaCl dengan Kalsium Oksalat. Caranya adalah dengan mengupas talas terlebih dahulu lalu mencucinya hingga bersih baru kemudian direndam dalam larutan air garam. Proses perendaman ini dilakukan hingga 30 menit lamanya, kemudian cuci kembali talas untuk menghilangkan sisa-sia reaksi kimia antara NaCl dengan Kalsium Oksalat dari dalam talas.

3. Selektif dalam Memilih Talas

Cara Membuat Keripik Talas Agar Tidak Gatal – Selain kedua cara diatas, bersikap selektif dalam memilih talas yang akan dijadikan keripik juga bisa menurunkan potensi rasa gatal dalam talas. Pilihlah talas yang tidak terlalu tua. Hindari memilih talas yang bahkan sudah muncul tunas pada umbinya.

Anda bisa memilih salah satu dari ketiga cara untuk mengatasi rasa gatal pada keripik talas, namun yang kami sarankan adalah cara yang kedua, yakni dengan menggunakan larutan air garam.

Setelah Anda mengetahui ketiga cara agar keripik talas tidak gatal seperti diatas, selanjutnya kami akan membagikan cara untuk membuat keripik talas (jika Anda memilih cara nomer 2 dan ketiga untuk menghilangkan rasa gatal pada talas), antara lain sebagai berikut:

Cara Membuat Keripik Talas Agar Tidak Gatal

Cara Membuat Keripik Talas Agar Tidak Gatal

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • Talas yang sudah dikupas atau yang sudah direndam dalam air garam
  • Bawang putih secukupnya
  • Minyak goreng
  • Larutan air garam secukupnya untuk memberikan rasa gurih pada keripik

Cara Membuat :

  1. Kupas bawang putih lalu haluskan dan masukkan ke dalam larutan air garam
  2. Panaskan minyak goreng secukupnya
  3. Iris tipis talas yang telah disediakan lalu celupkan ke dalam larutan air garam
  4. Langsung goreng irisan talas yang telah dicelupkan ke dalam larutan air garam tadi hingga matang lalu tiriskan
  5. Jika Anda menginginkan rasa yang lain, Anda bisa menambahkan aneka bumbu tabur ke atasnya dan keripik talas siap untuk dikemas / disantap

Nah, itulah cara membuat keripik talas yang gurih dan lezat, serta tentunya tidak gatal.

Selamat mencoba.

Comments are closed.