Cara Membuat Keripik Tahu Pedas

Cara Membuat Keripik Tahu Pedas

Cara Membuat Keripik Tahu Pedas
Cara Membuat Keripik Tahu Pedas

Cara Membuat Keripik Tahu Pedas – Mendengar kata tahu rasanya mudah sekali untuk kita jumpai dalam keseharian kita. Tahu adalah makanan rendah kalori namun tinggi protein. Selain itu juga merupakan sumber yang baik dari berbagai mineral,  seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor,  seng, kalium. Vitamin pada tahu seperti  vitamin D, A, B6, C, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat.

Berikut Manfaat tahu bagi kesehatan :

  • Kandungan protein tahu yang tinggi
  • Sumber protein untuk penderita asam urat
  • Rendah kolesterol
  • Mencegah anemia
  • Tahu memiliki Sifat antikanker
  • Tahu bermanfaat baik bagi kardiovaskular
  • Sumber kalsium
  • Tahu mengandung banyak zat besi
  • Alternative Menu Diet
  • Bagus Untuk Kulit

Tips Memilih Tahu Yang Baik :

  1. Cium aroma tahu. Semakin tinggi kandungan formalin, maka tercium bau obat yang semakin menyengat, sedangkan tahu tidak berformalin akan tercium bau protein kedelai yang khas.
  2. Sentuh dengan jari, lalu tekan agak keras. Tahu berformalin mempunyai sifat membal jika ditekan, terasa sangat kenyal, sedangkan tahu tanpa formalin jika ditekan akan hancur.
  3. Diamkan selama 3 hari. Tahu berformalin akan tahan lama, sedangkan tahu tanpa formalin hanya tahan satu atau dua hari.
  4. Letakkan tahu diluar rumah. Dan lihat apakah lalat menghampirinya atau tidak. Tahu berformalin tidak akan dihinggapi lalat. sedangkan tahu tanpa formalin akan dihinggapi lalat.
  5. Coba jatuhkan tahu. Jika tahu tidak hancur itu artinya tahu tersebut berformalin. Jika tahu hancur artinya tahu tersebut alami dan tidak mengandung formalin.
  6. Dilihat dari penampilannya, tahu berformalin lebih menarik dan berwarna putih cerah daripada tahu yang alami bebas formalin.

Sahabat tempe yang satu ini biasanya disajikan sebagai lauk dalam bentuk gorengan atau sayur yang di tumis. Nah kali ini kita akan membuat cemilan sederhana yang renyah dan berbahan dasar dari tahu, atau yang kita kenal dengan nama keripik tahu pedas. Berikut cara membuat keripik tahu pedas.

Cara Membuat Keripik Tahu Pedas

Cara Membuat Keripik Tahu Pedas
Bahan-bahan :

  1. Tahu 10 buah
  2. 2 siung bawang putih dihaluskan.
  3. Garam 1/2 sdt.
  4. 50 ml air.
  5. 100 gr tepung terigu.
  6. Tepung beras 2 sdm .
  7. Kaldu bubuk 1 sdt.
  8. 1/4 sdt merica bubuk.
  9. Cabai bubuk secukupnya

Cara Membuat :

  • Belah tahu menjadi dua bagian, kemudian keruk isi tahu. Sisihkan kulit tahu. Balik bagian dalam kulit jadi keluar.
  • Campurkan bawang putih halus dan garam, lalu tambahkan 50 ml air. Rendam kulit tahu pong dalam bumbu ini sampai meresap, sekitar 15 menit.
  • Buat bahan pelapis dengan mencampur tepung, kaldu bubuk, merica, dan garam. Aduk rata dan ayak. Kemudian baluri bahan pelapis pada kulit tahu sampai menempel rata.
  • Goreng adonan keripik dalam minyak banyak di atas api sedang. Bila telah kuning kecokelatan dan kering, angkat keripik. Saat sudah dingin, simpan keripik dalam wadah kedap udara.
  • Taburkan cabai bubuk sesuai selera anda.
  • Keripik tahu siap dinikmati.

Peluang Usaha

Keripik tahu cocok untuk dijadikan sebagai peluang usaha UMKM. Selain tahu mudah dijumpai di pasar atau tempat-tempat perbelanjaan, harga tahu juga cukup terjangkau dan ekonomis. Cara Membuat Keripik Tahu pun juga terbilang mudah.

Nah, ini bisa jadi kesempatan bagi para ibu rumah tangga yang ingin membuka usaha makanan ringan dengan modal kecil. Usaha makanan ringan keripik tahu ini tidak membutuhkan modal yang besar dan prospeknya pun terbilang cukup bagus.

Kita bisa memulai memasarkan usaha makanan ringan ini dengan cara membuat beberapa produk keripik tahu untuk dijual di warung-warung terdekat, rumah makan, kantin sekolah.

Ternyata mudah sekali kan cara membuat keripik tahu pedas sendiri dirumah ? Semoga informasi ini dapat membantu bagi anda yang ingin membuat makanan ringan yang mudah dan murah. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

Selamat mencoba.

Comments are closed.