Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa Gurih Dan Sederhana

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa Gurih Dan Sederhana

Resep keripik pisang pada awalnya memang sederhana dikarenakan camilan ini adalah camilan yang sederhana.

Mekanisme pengolahan camilan kripik pisang juga cukup  sederhana, namun padasaat ini pengolahan resep keripik pisang ini sudah mengalami evolusi karena bentuk dari cita rasa yang ditawarkan semakin beragam dan selalu bertambah variasinya setiap tahun.

Ada beberapa alasan yang menjadikan kripik pisang masih menjadi makanan ringan yang favorit bagi masyarakat diantaranya buah pisang yang dikenal memiliki sumber vitamin dan manfaat serat alami menjadikan makanan ringan keripik pisang adalah cemilan yang memiliki daya guna bagi kesehatan manusia.

Pada resep keripik pisang original bahan baku pisang adalah sembilan puluh persen dari komposisi utama cemilan sedangkan sepuluh persennya yaitu bahan tambahan maupun bumbu pendamping, sehingga manfaat pisang dalam cemilan ini masih cukup tinggi sehubungan dengan prosentase komposisi bahan pembentuk tadi.

Dengan melimpahnya bahan baku pisang di Negara kita ini mengakibatkan harga bahan baku pisangpun cenderung akan selalu terkendali.

Pengaruh dari ketersediaan bahan baku ini membawa dampak buruk utama bagi harga jual makanan olahan yang menggunakan bahan baku pisang ini khususnya resep keripik pisang ini. Dalam artikel ini saya akan membagikan resep cara membuat keripik pisang aneka rasa.

Bahan Untuk Resep Keripik Pisang Original

  • Pisang Mentah (Kepok, Nangka, Tanduk).
  • Garam 10 g/Kg.
  • Minyak Goreng.
  • Natrium Metabisulfit 0,05 %.
  • Kapur sirih.

Peralatan Produksi Resep Keripik Pisang

  • Pisau dapur.
  • Perajang Keripik (Slicer Stainless Steel).
  • Alat Penggorengan Manual.
  • Wadah untuk menampung bahan mentah serta matang.
  • Toples ataupun plastik untuk mengemas.

Cara Pembuatan Keripik Pisang Original

  • Pisang dikupas bagian kulitnya
  • Buah pisang diiris tipis-tipis dengan ukuran yang kita diinginkan menggunakan pisau atau slicer.
  • Irisan pisang direndam menggunakan larutan metabisulfit, kapur sirih jika ada untuk menghambat perubahan warna pada buah pisang (pencoklatan).
  • Daging buah ditiriskan lalu dilakukan penggorengan.
  • Penggorengan dilakukan menggunakan minyak goreng (sawit), buah pisang dimasukan ke penggorengan perlahan satu-persatu.
  • Setelah pisang kering dan berubah warna menjadi kuning keemasan, pisang dapat ditiriskan dan ditunggu sampai dingin.

Resep Keripik Pisang Asin : Untuk mengolah keripik pisang asin, setelah proses penggorengan dapat ditambahkan garam halus dan ditaburkan secara merata pada keripik sebanyak lima puluh gram per lima kilogram keripik pisang matang.

Resep Keripik Pisang Salut Gula : Resep dapat menghasilkan keripik pisang manis adalah menggunakan gula pasir. Diperlukan gula pasir lima ratus gram dan garam lima belas gram dimasak dalam air empat ratus mili liter, menggunakan api kecil untuk melarutkan ketiga bahan tersebut setelah agak mengental dapat dimasukkan keripik pisang sebanyak dua setengah kilogram aduk hingga lelehan gulanya rata pada sekeliling keripik, lalu biarkan mengering (mengeras).

Resep Keripik Pisang Salut Gula Merah : Pembuatan resep yang satu ini sama dengan keripik pisang salut pasir hanya perbedaannya gula pasir diganti dengan gula merah, untuk takaran dan cara pengolahannya masih tetap sama.

Resep Keripik Pisang Bumbu Pedas Manis Tabur : Siapkan lima puluh gram gula halus, sepuluh gram cabe bubuk (ukuran sesuai tingkat kepedasan yang diinginkan) dan lima belas gram garam halus, balurkan secara merata pada dua setengah kilo keripik pisang yang sudah matang.

Resep Keripik Pisang Pedas Manis Balado : Untuk resep yang satu ini bahan tambahannya sedikit banyak, lebih lengkapnya bisa baca di “Keripik Pisang Pedas Manis Balado”.

Resep Keripik Pisang Salut Coklat : Taburkan bubuk coklat sebanyak dua ratus lima puluh gram, gula pasir lima ratus gram, garam lima belas gram dan air lima ratus mili liter, masak menggunakan api kecil hingga mengental kemudian dicampurkan dengan keripik pisang matang hingga merata dan dinginkan hingga coklatnya mengeras.

 

Comments are closed.