Menarik Nih ! Cara Membuat Keripik Pisang Manis Tanpa Ribet

Menarik Nih ! Cara Membuat Keripik Pisang Manis Tanpa Ribet

Cara Membuat Keripik Pisang Manis
Cara Membuat Keripik Pisang Manis

Cara Membuat Keripik Pisang Manis – Mendengar kata pisang tentunya sudah tidak asing lagi kita dengar. Siapa sih yang tidak tahu buah pisang? Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae.

Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

KANDUNGAN GIZI PISANG

  • ENERGI

Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Selain itu juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Karbohidrat pada pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.

Kandungan energi pisang merupakan energi instan yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.

Gula pisang merupakan gula buah, yaitu terdiri dari fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa, sehingga cukup baik sebagai penyimpan energi karena sedikit lebih lambat dimetabolisme. Sehabis bekerja keras atau berpikir, selalu timbul rasa kantuk. Keadaan ini merupakan tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun.

  • MINERAL

Cara Membuat Keripik Pisang Cokelat – Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.

Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak.

Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Itulah sedikit ulasan mengenai buah pisang. Nah, Sekarang saatnya kita membahas tentang olahan makanan dari pisang yang menjadi fokus utama kita. yaitu Cara Membuat Keripik Pesang Cokelat Manis.

Keripik pisang manis adalah cemilan yang dibuat dari bahan dasar pisang yang di iris tipis – tipis, kemudian digoreng hingga garing lalu dibumbui. Keripik pisang manis juga dikenal sebagai cemilan populer di kalangan masyarakat indonesia. Cara membuatnya juga sangat praktis dan simpel, agar tidak penasaran silahkan anda simak resepnya berikut ini.

Cara Membuat Keripik Pisang Manis

Cara Membuat Keripik Pisang Manis

Bahan yang dibutuhkan :

  • 1/2 kg pisang yang masih setengah matang
  • 200 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 1 sendok teh garam
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

  1. Kupas terlebih dahulu pisang yang masih setengah matang, kemudian iris tipis.
  2. Setelah itu rendam pisang dengan air yang sudah dicampur air kapur sirih. Rendam selama kurang lebih 30 menit, kemudian tiriskan.
  3. Jika sudah tiris, masukkan pisang ke dalam wadah, taburi dengan garam, dan aduk sampai rata.
  4. Panaskan minyak, lalu goreng pisang sampai berwarna kuning kecoklatan dan matang, setelah itu angkat dan tiriskan.
  5. Rebus air secukupnya bersama gula, masak sampai gula larut. Kemudian masukkan daun pandan ke dalam rebusan gula sampai tercium bau wangi dan larutan gula mengental.
  6. Masukkan keripik pisang yang sudah digoreng ke dalam larutan gula, aduk sampai semua keripik pisang terselimuti larutan gula, kemudian angkat dan dinginkan.
  7. Keripik pisang manis siap dinikmati.

Keterangan:

Irisan pisang direndam bergantian di dalam air garam dan air kapur sirih supaya pisang tidak berubah warna mejadi kehitaman dan rasa keripik yang dihasilkan nanti lebih renyah

Demikian informasi tentang Cara Membuat Keripik Pisang Manis yang bisa kami berikan untuk anda, semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang ingin belajar membuat keripik Pisang Manis yang renyah dan gurih tentunya.

Selamat mencoba.

Comments are closed.