Cara Membuat Keripik Pepaya Yang mudah dan Sederhana

Cara Membuat Keripik Pepaya Yang mudah dan Sederhana

Cara membuat keripik pepaya – Pernahkah anda mengkonsumsi keripik buah pepaya? Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah pernah mengkonsumsi keripik buah pepaya.

Pasti sebagian dari anda belum pernah mencicipinya. Sebagian dari anda mungkin malah bertanya, “Memangnya ada keripik dari buah pepaya?”, “Bagaimana cara membuat keripik pepaya ?”. “Lalu bagaimana rasanya?”

Jawabannya, keripik pepaya muda memang ada. Cara membuatnya sangat mudah sekali. Dan rasanya sangat enak, renyah dan nagih. Keripik pepaya ini cocok sekali untuk menemani aktifitas anda seperti saat menonton televisi, bercengkrama dengan teman, atau bahkan hanya untuk ngemil-ngemil saja.

Nah, sebelum menuju ke cara membuat keripik buah pepaya, simak manfaat buah pepaya berikut ini dulu yuk!

Manfaat Buah Pepaya
Buah pepaya yang sangat mudah ditanam dan berwarna oranye itu ternyata memiliki kandungan banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Vitamin itu antara lain adalah folat, vitamin A, magnesium, tembaga, vitamin B, lutein, Vitamin E, viber 3, kalsium, kalium, dan antioksidan.

Nah, kandungan-kandungan tersebut bermanfaat bagi tubuh karena anti inflamasi, menguatkan sistem imun, menguatkan tulang, baik bagi penderita diabetes, juga mencegah terjadinya penyakit jantung.

buah pepaya selain sebagai tambahan gizi bagi tubuh kita juga mempunyai manfaat memperlancar saluran pencernaan, sehingga ada saran jika anda susah buang air besar coba deh makan buah pepaya.

Jarang terpikir bahwa buah segar pepaya akan berubah tampilannya menjadi makanan ringan keripik pepaya, memang tekstur buah pepaya lebih banyak mengandung air sehingga lebih lezat dan segar apabila dipadukan dengan minuman segar seperti olahan es campur, es buah, salad buah, manisan atau yang lainnya. Pengolahan buah pepaya menjadi bentuk makanan kuliner mungkin hanya sebatas menjadi campuran rujak buah, karena memang tidak banyak orang yang terpikir untuk mengolah buah yang kaya serat ini menjadi jenis makanan baru terlebih mengubahnya untuk menjadi jenis camilan atau makanan ringan seperti keripik pepaya dari Aneka Keripik Malang ini.Penasaran mau coba ? yuk ,mari kita simak cara membuat keripik pepaya sederhana berikut ini:

Bahan-bahan Cara membuat keripik pepaya:
– Buah pepaya muda beratnya 5 kg
– Minyak goreng sawit banyaknya 2 liter
– Alat-alat
– Pisau
– Vacuum frying
– Mesin Pemisah Minyak
– Alumunium foil

Langkah – langkah Cara Membuat Keripik Pepaya enak :
1. Pertama-tama hal yang harus anda lakukan adalah mengupas kulit buah pepaya. Bersihkan biji-bijinya. Buah pepaya kemudian dicuci menggunakan air yang mengalir.
2. Buah pepaya yang sudah dicuci lalu potonglah dengan bentuk sesuai selera anda. Sebaiknya buah pepaya dipotong tipis-tipis sekitar 5 milimeter. Alasannya agar mudah kering saat digoreng. Ukuran dan bentuk dapat disesuaikan dengan kreasi Anda. Anda bisa membentuknya menjadi kotak-kotak, setengah lingkaran, bulat-bulat menyerupai donat.
3. Buah pepaya yang sudah dibentuk sesuai selera bisa langsung dimasukkan ke dalam freezer. Dinginkan selama kurang lebih 24 jam.
4. Siapkan mesin vacuum frying. Mesin tersebut lalu diisi dengan minyak goreng yang jumlahnya disesuaikan dengan kapasitas mesin.
5. Keluarkan irisan buah pepaya dari freezer (tentunya setelah 24 jam). Masukkanlah irisan buah pepaya tersebut ke dalam mesin penggorengan (vacuum frying). Gorenglah pada suhu 85 derajat celcius.
6. Buah pepaya yang sudah kering dapat anda angkat dari penggorengan. Proses tearkhir, anda tinggal memasukkannya pada mesin pemisah minyak.
7. Keripik buah pepaya pun siap disajikan. Agar awet, simpanlag di tempat yang kedap udara seperti plastik yang bahannya dari alumunium foil.

Bagaimana cara membuattnya mudah bukan ? Cara membuat keripik buah pepaya, memang sedikit berbeda dengan masak keripik pada umumnya. Dan dengan kelebihannya, cara ini mampu menghasilkan sebuah kreasi dimana pepaya bisa disimpan dalam waktu yang lama dan bisa dinikmati kapan saja.Semoga bermanfaat

 

 

Comments are closed.