Cara Membuat Keripik Nangka Yang Renyah dan gurih

Cara Membuat Keripik Nangka Yang Renyah dan gurih

Cara membuat keripik nangka  –  Siapa sih yang tidak mengenal buah nangka..? Buah nangka merupakan buah yang memang paling banyak diminati oleh semua orang. Selain rasanya yang manis, buah nangka juga memiliki  kesegaran ketika dinikmati. Buah nangka ternyata dapat diolah menjadi makanan atau cemilan keripik nangka  yang nikmat juga dapat menemani anda ketika sedang santai.

Buah nangka memiliki rasa dan aroma yangs angat khas. Tidak heran bila banyak masyarakat yang memanfaatkan buah yang satu ini sebagai campuran dalam membuat kue atau juga sebagai campuran untuk es. Selain itu, buah nangka juga bisa dibuat menjadi keripik. Dan ini merupakan salah satu metode pengawetan buah nangka sehingga kita bisa tetap menikmati buah nangka walaupuns sedang tidak musim.

Cara membuat keripik buah nangka saat ini sudah mencapai tahap industri besar dimana salah satu produsen keripik tingkat nasional telah berhasil memproduksi keripik buah nangka ini dengan sukses bahkan berhasil mengekspor keripik jenis ini ke luar negeri.

Mungkin sebagian dari Anda ada yang sudah pernah mencicipi keripik nangka.dan mungkin juga ada yang sama sekali belum pernah mencicipi, bahkan belum pernah melihat keripik nangka. Keripik nangka sebenarnya sudah dikenal di Indonesia sejak lama, keripik nangka sering kita jumpai di beberapa gerai pusat oleh-oleh. Hal ini karena keripik nangka sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Anda pasti penasaran bagaimana cara membuat keripik nangka yang renyah, keripik nangka biasanya disukai banyak orang karena rasa manisnya asli dan tidak berubah layaknya buah nangka yang belum diolah, keripik nangka sangat cocok untuk disajikan saat keluarga sedang bersantai menikmati acara tv ataupun disajikan,Cara membuat keripik buah nangka bisa kita pelajari dengan melihat langkah – langkah cara membuat keripik buah nangka sebagai berikut:

CARA MEMBUAT KERIPIK BUAH NANGKA :

BAHAN:

1 kg buah nangka, pilih yang masih mengkal
1,5 liter air bersih
7,5 gr asam sitrat
75 gr garam
150 gr gula pasir
0,75 gr natrium metabisulfit
100 gr gamping / kapur sirih
2 liter minyak goreng

Langkah – langkah CARA MEMBUAT KERIPIK BUAH NANGKA:

1. Belah buah nangka, ambil daging buahnya satu per satu
2. Dengan menggunakan pisau yang tajam, keluarkan biji dari dalam daging buahnya
3. Rendam buah nangka ke dalam air kapur sirih/gamping selama 5 jam
4. Kemudian angkat buah nangka dari dalam air kapur sirih/gamping dan segera dicuci sampai bersih. Tiriskan hingga semua air hilang
5. Goreng buah nagka dengan sistem deep frying (minyak yang sangat banyak dan api yang besar) sampai matang dan kering
6. Tiriskan dari minyak dan tunggu sampai benar – benar dingin
7. Simpan ke dalam kantong plastik atau wadah kedap udara

Nah bagaimana mudah bukan cara membuatnya,keripik nangka yang renyah ,sudah siap disajikan untuk keluarga tercinta. Jika Anda sudah membaca cara membuat keripik nangka yang renyah dan gagal, silahkan Anda coba terus di rumah dan jangan pernah takut gagal, karena untuk mendapatkan hasil yang bagus itu kita harus berani gagal dulu.

Selamat mencoba dan siapa tahu dari resep diatas bisa mengawali anda dalam berusaha. dan ketika Anda mencobanya dirumah sebaiknya pada saat musim-musim panas. Hal ini disebabkan karena keripik nangka yang dikeringkan dengan menggunakan sinar matahari langsung hasilnya akan lebih bagus ketika digoreng nanti, sebaliknya keripik nangka akan keras ketika belum kering namun sudah digoreng.semoga bermanfaat

 

Comments are closed.