Dicoba ya Bun…!!! Cara Membuat Keripik Bayam Crispy

Dicoba ya Bun…!!! Cara Membuat Keripik Bayam Crispy

Bayam selain dijadikan tumisan, sayur bening, bobor, ataupun lalap makan nasi, bisa juga diolah menjadi keripik. Keripik bayam mempunyai rasa yang gurih dan crispy. Mungkin bagi anda yang suka ngemil sudah tidak asing lagi di telinga anda. Cara membuat keripik bayam crispy hampir sama dengan keripik-keripik yang lain.

Keripik yang terbuat dari sayuran sebenarnya banyak, salah satunya adalah keripik bayam. Keripik merupakan salah satu camilan yang sangat digemari masyarakat Indonesia baik dari perkotaan maupun pedesaan. Camilan yang satu ini sangat cocok untuk teman santai anda, teman saat nonton tv, dan juga bisa menjadi teman lembur anda. Ada juga keripik yang terbuat dari buah, salah satunya yaitu keripik buah mangga. Cara membuatnya ada disini.

Keripik bayam yang crispy, lezat dan gurih pasti membuat anda semakin ketagihan dan ingin mengunyahnya terus. Karena makanan ini mempunyai sensasi rasa tersendiri untuk dinikmati.

Selain dijadikan camilan keripik bayam bisa juga dijadikan kerupuk lauk makan nasi. Keripik bayam kaya akan gizi yang menyehatkan tubuh anda. Untuk mendapatkan keripik bayam sekarang sangat mudah, biasanya dijual di pusat oleh-oleh, swalayan, ataupun di pasar tradisional.

Pada artikel kali ini akan memberikan informasi tentang cara membuat keripik bayam crispy yang kami sajikan untuk anda dan sangat mudah untuk dicoba atau dipraktikkan langsung di rumah.

Sekilas Tentang Bayam…!

cara membuat keripik bayam crispy

Bayam merupakan sayuran hijau yang biasnya ditanam untuk dikonsumsi daunnya. Asal mula bayam berasal dari Amerika tropik yang sekarang sudah tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tumbuhan ini dikenal dengan sayuran yang mengandung zat besi yang sangat penting bagi tubuh kita.

Bayam merupakan sejenis sayuran daunnya ada yang berwarna hijau dan merah yang tangkainya lunak dan bisa dikonsumsi. Bentuk daunnya adalah bulat dan mempunya tangkai cukup panjang. Tumbuhan ini sering ditemui di rawa-rawa atau di tanah yang lembab. Sebenarnya bayam memiliki beberapa jenis, yang terkenal adalah bayam hijau dan bayam merah.

Bayam mempunyai rasa yang tidak terlalu pahit, sehingga aman untuk dikonsumsi. Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan berbagai olahan kuliner, baik sebagai pelengkap nasi dan lauk maupun sebagai kudapan.

Awal mulanya tumbuhan bayam hanya dikenal sebagai tumbuhan hias saja. Bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan dapat tumbuh didataran rendah maupun didataran tinggi. Proses pertumbuhan yang paling baik adalah pada tanah yang subur dan banyak sinar matahari dengan suhu 25-36 Celcius dan pH tanah antara 6-7. Waktu tanam yang paling cocok pada saat awal musim kemarau.

Baca : TAK BANYAK ORANG YANG TAHU! CARA MEMBUAT JUS JAMBU BIJI PUTIH

Cara Membuat Keripik Bayam Crispycara membuat keripik bayam crispy

Bahan :

  • Tepung kanji 125 gr
  • Telur ayam 1 btr
  • 250 ml air
  • 250 gr tepung beras
  • 200 gr daun bayam (dicuci, tiriskan)
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu :

  • 1 sdt garam dapur
  • 1 sdm ketumbar
  • 3 siung bawang putih
  • 4 bh kemiri sangrai/goreng

Cara membuat :

  1. Haluskan semua bumbu, lalu sisihkan.
  2. Kemudian campurkan tepung beras dan tepung kanji, lalu aduk hingga rata.
  3. Campurkan air, telur, dan bumbu, lalu aduk hingga rata.
  4. Masukkan campuran telur dengan campuran tepung, lalu aduk adonan hingga licin.
  5. Celupkan satu per satu daun bayam ke dalam adonan.
  6. Kemudian panaskan minyak, goreng tiap lembar daun bayam hingga kering dan matang. Lalu angkat dan tiriskan.
  7. Keripik bayam siap disajikan atau simpan ke dalam wadah yang tertutup.

Demikian informasi tentang cara membuat keripik bayam crispy, semoga bermanfaat dan bisa langusng dicoba di rumah. Diharapkan dengan informasi tersebut dapat menjadikan tambahan penghasilan bagi anda yang bingung tentang usaha yang cocok bagi anda.

Comments are closed.