Suka Makan Keripik? Inilah Cara Membuat Keripik Bawang Seledri Yang Akan Menggoyang Lidah

Suka Makan Keripik? Inilah Cara Membuat Keripik Bawang Seledri Yang Akan Menggoyang Lidah

Cara Membuat Keripik Bawang Seledri. Keripik itu jadi cemilan favorit orang Indonesia, karena bunyinya yang kriuk… kriuk… waktu digigit dan rasanya yang gurih atau manis di lidah. Itulah mengapa kalau lagi ngemil keripik, kita jadi susah untuk berhenti mengunyah.

 

Apalagi, di Indonesia pastinya kamu juga bisa cobain beragam keripik yang jadi makanan unik di masing-masing daerah. Ini jelas bikin kamu tambah susah move on waktu ngemil, kan?

 

Selain keripik singkong yang hits itu, ternyata di Indonesia ada banyak keripik unik yang diolah dari buah atau bahan-bahan lokal lainnya, lho. Salah satunya keripik bawang seledri. Cara membuat keripik bawang seledri sangat mudah dan tetunya pasti akan menggoyang lidahmu.

 

Berikut ini adalah bagaimana cara membuat keripik bawang seledri yang sangat cocok dikonsumsi sebagai camilan saat bersantai. Cara membuat keripik bawang seledri :

 

Bahan Keripik Bawang Seledri :

 

400 gram Tepung Terigu

100 gram Tepung Sagu

40 gram Bawang Merah, cincang halus

50 gram Seledri, Cincang Kasar

3 gram Garam

9 gram Kaldu Ayam Bubuk

125 ml Santan

75 ml Air

500 gram Minyak Goreng, untuk menggoreng.

 

Baca Juga : Cara Membuat Kerupuk Bawang Pedas Dan Manfaatnya Bagi Tubuh!

 

Cara Membuat Keripik Bawang Seledri :

 

  1. Campur semua bahan hingga tercampur rata, kecuali seledri. Setelah semua bahan tercampur rata, masukkan seledri. Aduk lagi hingga rata.
  2. Istirahatkan adonan selama ± 10 menit.
  3. Tipiskan adonan dengan alat penipis mie yang manual, hingga ketebalan 5. Potong-potong hingga berbentuk segitiga. Jika adonan lengket, bisa diberi taburan maizena.
  4. Siapkan minyak goreng di wajan dengan api kecil.
  5. Goreng adonan hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan dinginkan.
  6. Keripik bawang seledri siap dihidangkan.

 

Selain keripik bawang, Indonesia juga memiliki banyak aneka olahan keripik unik lainnya lho. Rasanya pun tak kalah enak. Inilah daftar olahan aneka keripik yang sudah saya rangkum :

  1. Keripik Gapit

Pernah jalan-jalan ke kota Cirebon? Nah, salah satu makanan unik dari kota ini adalah keripik Gapit. Keripik ini berbentuk bulat pipih dan terbuat dari telur, tapioka, dan terigu. Saat digigit teksturnya garing dengan rasa yang sedikit manis. Selain rasa original ini, kamu juga bisa coba rasa yang lainnya seperti, keju, cokelat, wijen, jahe, dan balado.

  1. Keripik Rendang Telur

Bumbu rendang yang gurih dan pedas plus tekstur telur yang garing, jelas bakal bikin kamu ketagihan waktu mengunyah keripik Rendang Telur. Keripik ini asalnya dari daerah Payakumbuh, Padang. So, kalau kamu lagi traveling di Padang, jangan lupa beli keripik ini buat oleh-oleh, ya.

  1. Keripik Salak

Salah satu buah khas Indonesia ini juga bisa jadi snack yang renyah ala keripik, lho. Meski tekstur buahnya berubah, tapi rasa salak yang manis dan sedikit asam ini masih tetap terasa, kok. Keripik buah ini biasanya juga jadi oleh-oleh khas waktu liburan di kota Malang.

  1. Keripik Sukun

Buah sukun itu mungkin kalah populer dari buah lokal lainnya, ya. Tapi, keripik yang terbuat dari buah khas Indonesia ini, rasanya nggak kalah gurih dan renyah dibanding keripik singkong. Jadi, kalau bosan ngemil keripik singkong, kamu harus cobain keripik sukun.

  1. Lidah Buaya

Tanaman yang berduri ini selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, juga bisa jadi pilihan camilan yang enak dan gurih. Nggak percaya? Kamu bisa cobain keripik ini waktu lagi jalan-jalan ke Pontianak dan Surabaya, atau bisa juga beli lewat toko online.

 

Butuh inspirasi untuk membuat olahan kerupuk ? anda bisa coba Ini Dia Cara Membuat Nasi Kering Yang Lezat!

Comments are closed.