Cara Membuat Jus Pisang Agar Tidak Hitam

Cara Membuat Jus Pisang Agar Tidak Hitam

Cara Membuat Jus Pisang Agar Tidak Hitam – sering kali kita membuat jus pisang hasilnya agak kehitaman gitu. Hal ini menyebabkan jus tidak menarik lagi tampilan. Biasanya anak-anak menyukai warna yang tampak menarik.

buah pisang sering sekali menjadi coklat yang membuat kita menjadi tak bernapsu makan. tapi ada caranya lho agar buah pisang tidak menjadi coklat.

Tips Menyimpan Buah Pisang Agar Tidak Hitam

  1. Sebaiknya jangan letakkan pisang pada lemari pendingin, karena hanya akan mempercepat proses browningnya. Segera keluarkan pisang dari plastik pembungkusnya, letakkan dalam wadah. Anda juga dapat menutupinya dengan kain agar tidak terkena sinar matahari langsung.
  2. Setelah Anda mengupas pisang, buah akan memulai prosesnya untuk berubah menjadi coklat. Meskipun perubahannya hanya dapat terlihat setelah beberapa saat kemudian. Salah satu cara untuk mencegah munculnya warna coklat pada pisang adalah dengan mengoleskan sari jeruk nipis atau lemon pada pisang. Anda juga dapat menggunakan air dengan sedikit campuran cuka untuk menggantikan sari jeruk. Celupkan pisang pada larutan cuka dalam waktu sebentar saja.
  3. Jika Anda tidak dapat menemukan jeruk atau cuka, Anda dapat menggunakan tablet vitamin C.Hancurkan tablet hingga halus, larutkan pada sedikit air, celupkan pisang dalam larutan selama beberapa detik atau olesi tipis-tipis pada permukaan pisang.

 

Baca Juga CARA MEMILIH SINGKONG YANG BERKUALITAS BAIK, BAGUS DAN PALING ENAK

Cara membuat jus pisang agar tidak hitam

Agar jus pisang tidak hitam biasakan dengan langsung memblender buah yang sudah dipotong-potong, jangan dibiarkan terlalu lama karena akan berubah warnanya menjadi coklat kehitaman.

 

Begitu pun saat menyimpan jus yang sudah jadi, biasakan menyimpan di kulkas dalam wadah kedap udara tidak lebih dari 24 jam untuk meminimalkan hilangnya nutrisi sekaligus mencegah jus berubah warna.

Bahan yang diperlukan dalam cara membuat jus pisang agar tidak hitam :

  • 2 buah pisang manis atau matang.
  • 300 ml air matang.
  • susu kental manis putih secukupnya.
  • es batu yang diserut halus secukupnya.
  • 2 sdm susu bubuk.
  • 50 ml gula cair.

 

Langkah dan cara membuatnya :

  1. Cuci buah pisang yang sudah disiapkan dengan air sampai bersih
  2. Setelah itu, kupas kulit buah pisang sampai bersih juga
  3. Potong-potong buah pisang lalu masukkan kedalam blender
  4. Masukkan juga es batu, sirup gula batu dan susu kental manis
  5. Tuang air matang kedalam blender yang berisi bahan
  6. Blend dengan kecepatan sedang beberapa menit sampai menjadi halus dan lembut
  7. Tuang kedalam gelas saji lalu siap dinikmati

 

Demikian artikel ini semoga dapat menambah wawasan dan berguna bagi kita semua. Untuk artikel selengkapnya baca juga cara membuat jus pisang.

Comments are closed.