Cara Membuat Gendar Pecel, Kuliner Khas Jawa Tengah Yang Nikmat!

Cara Membuat Gendar Pecel, Kuliner Khas Jawa Tengah Yang Nikmat!

Cara membuat gendar pecel. Gendar pecel merupakan makanan khas jawa tengah dan sangat populer di kawasan boyolali, salatiga, dan solo.

Menu satu ini menggunakan olahan sayur dan berbalut bumbu kacang. Biasanya gendar pecel disajikan dengan potongan potongan lontong yang bertekstur lebih dan kenyal dan gurih.

Potongan lontong tersebut dikukus setelah dicampur dengan ragi. Sayuran yang menjadi isian utama pada gendar pecel sangat beragam. Ada jembak, kecambah, kenikir, kecipir, kol, bayam, dan lain – lain yang khas banget di Jawa Tengah.

Semua sayuran diletakkan pada daun pisang dan disiram dengan sambal kacang. Untuk level kepedasan tentu saja bisa menyesuaikan sesuai selera.

Hidangan lezat yang bisa dijadikan pengganti nasi ini memang sudah sangat sulit ditemukan penjualnya. Namun, anda bisa menyusuri pasar tradisional di Boyolali, Semarang, Solo, dan juga Wonogiri.

Cara membuat gendar pecel ini tidaklah sulit meskipun anda harus membuat gendarnya lebih dulu. Hanya saja waktu untuk pembuatan gendar ini memang agak lama. anda harus bersabar ketika ingin membuatnya.

Disini, cara pembuatan masakan khas Jawa Tengah ini dibagi menjadi dua. Pertama adalah membuat gendar. Kedua membuat bumbu pecel. Dibawah ini adalah bahan dan cara membuat gendar pecel.

Baca juga : Ini Dia! Cara Membuat Kerupuk Gendar tanpa Bleng, Aman Dikonsumsi!

Cara Membuat Gendar Pecel :

Langkah pertama untuk membuat pecel khas sragen adalah membuat gendar. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat gendar sebanyak tiga bahan. Diantaranya adalah beras, garam secukupnya, kemudian satu jari bleng untuk pengenyal.

Mengenai cara pembuatannya, hal pertama yang bisa dilakukan adalah aron beras setengah matang sampai menyusut airnya. Angkatlah hasil proses masak setengah jadi ini. Kemudian campurlah dengan bleng serta garam.

Diamkan beberapa menit setelah diaduk dengan bahan-bahannya. Setelah itu kukus 15 menitan. Baru nasi diangkat untuk ditumbuk sampai halus. Hasil jadinya menjadi gendar, siap untuk dipotong sesuai selera.

Cara membuat bumbu pecel :

Untuk melengkapi gendar, Anda butuh saus kacang berbalur sayuran yang dinamakan dengan pecel. Proses pembuatannya cukup mudah. Siapkan bahan seperti kecambah, kecipir, serta bunga turi.

Sayuran tersebut rebus terlebih dahulu. Kalau sudah matang, angkat dan sisihkan di wadah berbeda. Sayuran yang telah dingin kemudian baluri dengan bumbu pecel yang telah dibeli.

Jika Anda ingin membuat sendiri bumbu pecel. Bahan yang dibutuhkan adalah gula jawa, kacang tanah yang telah digoreng/dipanggang, kemudian garam dan air sedikit.

Tumbuklah kesemua bahan menjadi halus. Untuk memberikan rasa pedas, Anda bisa menumbuk cabe rawit ke dalamnya. Bumbu kacang telah siap untuk ditaburkan di atas sayuran.

Setelah membuat gendar dan membuat pecel, Anda tinggal memadukannya saat menyajikan. Gendar dipotong, letakkan di atas piring. Di atasnya, taburkan sayuran dan siram dengan bumbu pecel. Jadilah Pecel Gendar yang lezat.

Ingin Membuat Kerupuk Udang Bawang Goreng Sendiri? Ini Dia Resepnya!

Demikianlah artikel yang saya tulis tentang cara membuat gendar pecel. Anda bisa mengembangkan cara membuat gendar pecel dengan menambah bahan yang lain agar rasanya lebih enak dan unik. Jika anda suka artikel ini silahkan share kepada teman – teman anda. Selamat mencoba dan terima kasih!

Comments are closed.