Mudah Dan Simpel! Cara Membuat Es Krim Roll Kegemaran Anak Muda

Mudah Dan Simpel! Cara Membuat Es Krim Roll Kegemaran Anak Muda

Cara membuat es krim roll – Makanan Indonesia yang lagi populer tidak hanya telur gulung saja, namun ada juga es krim yang digulung. Penasaran es krim apa sih, kok ada yang digulung juga? Yup es krim roll, es krim roll merupakan es krim asal Thailand yang populer di Indonesia saat ini, es krim yang cara penyajiannya digulung banyak sekali peminatnya.

Kalau biasanya anda hanya menikmati es dengan stick es dan mangkuk saja, sebaiknya anda mencoba es krim roll atau es krim gulung ini. cara pembuatannya yang cukup menarik, membuat orang menjadi tertarik untuk mecicipinya.

Namun sayangnya es krim ini baru ada di kota-kota besar saja, dan adanya juga hanya di pusat perbelanjaan seperti mall – mall. Es krim ini cukup unik pembuatannya, karena tidak dibekukan di lemari es seperti es krim – es krim biasanya. Adonan es krim ini langsung dituangkan diatas nampan besar lalu membeku dengan sendirinya.

Saya pun juga penasaran bagaimana bisa menjadi seperti itu. Jika anda sama-sama penasaran seperti saya, lebih baiknya anda menyimak cara membuat es krim roll berikut ini.

Baca Juga : Cara Membuat Es Krim Sundae Ala Restoran Cepat Saji Yang Mudah dan Simple

Cara Membuat Es Krim Roll

cara membuat es krim roll

Membuat es krim roll ternyata menggunakan alat tertentu, yang dapat mengeraskan adonan seketika. Ternyata mesin tersebut dapat diatur suhunya sama seperti kompor yang kita punya. Jika anda hanya ingin membuatnya sebagai camilan dan tidak untuk membuka usaha sebaiknya anda tidak perlu menggunakan mesin.

Dan jika anda ingin membuka usaha, gunakanlah mesin tersebut karena hasilnya jauh lebih memuaskan. Nah kali ini saya akan berbagi cara membuat es krim roll ala rumahan yang mudah dan simple. Yuk simak langkah – langkah berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 500 ml heavy cream
  • Garam sesuai selera
  • 1 kaleng susu kental manis
  • Topping sesuai selera (oreo, buah-buahan, coklat cair, dll.)

Cara Membuat :

  1. Pertama anda siapkan alat dan bahannya. Untuk alat kita hanya menggunkan mixer, loyang dan screper.
  2. Setelah kita siapkan alat dan bahan. Kita mulai membuat adonannya dengan cara mengkocok heavy cream dan susu kental manis menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang.
  3. Jika terdapat busa-busa atau gelembung-gelembungnya, maka diamkan terlebih dahulu agar busa/gelembungnya hilang.
  4. Lalu siapkan loyang roti, tuangkan adonan es krim tersebut ke dalam loyang sedikit saja, dan ratakan hingga ketebalan setipis mungkin.
  5. Setelah itu masukkan ke dalam lemari pembeku (freezer) kurang lebih 4 jam.
  6. Kemudian keluarkan adonan dan angkat menggunakan scraper dengan cara mendorong es krim dengan sudut kemiringan 45ᵒ lalu dorong hingga berbentuk seperti gulungan.
  7. Jika sudah maka masukkan ke dalam wadah dan hias sesuai selera anda.

Nah kekurangnya jika anda membuatnya sendiri dirumah, anda hanya bisa membuatnya dengan jumlah yang cukup sedikit. Karena alat yang digunakan kurang memadai. Jika anda memiliki loyang yang cukup banyak, anda dapat membagi beberapa adonan di loyang- loyang tersebut. Namun anda juga bisa menggunakan wadah lainnya yang memiliki permukaan rata.

Jika anda ingin mengganti rasa es krim, cukup tambahkan pewarna makanan sesuai selera anda dan campurkan saat anda mengkocok adonan. Selain membahas tentang cara membuat es krim roll, mesin es krim juga akan berbagi tips dalam membuat es krim roll yang enak dan lembut. Yuk simak penjelasan berikut ini.

Baca juga : Cara Membuat Es Krim Sederhana

Tips Membuat Es Krim Roll Yang Lembut dan Lezat

1. Gunakan susu full cream

Susu kental manis tersebut dapat anda ganti dengan susu full cream. Karena tekstur susu tersebut jauh lebih cramy dari pada susu kental manis.

2. Mixer dengan kecepatan sedang kemudian tinggi

Jika anda menggunakan mixer untuk mencampur adonan, sebaiknya anda mengkocoknya perlahan-lahan  terlebih dahulu baru kemudian cepat. Itu akan membuat tekstur es krim jauh lebih lembut.

Nah itulah beberapa tips dalam membuat es krim roll agar lembut dan lezat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Selamat Mencoba dan Sampai Jumpa!

Comments are closed.