Cara Membuat Es Doger Untuk Jualan Yang Mudah

Cara Membuat Es Doger Untuk Jualan Yang Mudah

Cara membuat es doger untuk jualan ini merupakan resep yang biasa kalian jumpai pada pedagang- pedagang es di pinggir jalan atau keliling.

Namun memang itu yang khas dari es doger ini karena dari nama nya juga kita bisa mengartikan yaitu dorong gerobak (Doger).

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara membuat es doger pada biasa nya. Dan juga telah membahas tentang kue kering juga. Oke kalau begitu kita simak tentang apa itu es doger yukk.

Es doger

Banyak ditemui di kota Bandung dan berbagai kota besar lainnya.Namun tahukah kalian, es doger pada mulanya berasal dari kota Cirebon!
Es doger berasal dari istilah ‘dorong gerobak’ yang kemudian disingkat menjadi es doger.Seiring perkembangannya, es doger tidak cuma dijual di gerobak.

Minuman yang memiliki cita rasa manis, lezat dan gurih ini semakin populer hingga tersedia sebagai pilihan menu di cafe-cafe berkelas. Ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.Kita bisa menjualnya dengan cara berkeliling atau mangkal di tempat-tempat keramaian.

Minuman ini biasanya menggunakan es yang diserut, yang kemudian dicampur dengan berbagai bahan seperti santan, sirup cocopandan, gula dan susu.Agar es serut ini bisa bertahan lama, dibutuhkan es batu yang berkualitas bagus.

Es batu yang bagus dan mampu bertahan lama (tidak cepat mencair) adalah es batu yang dibuat hingga berkabut.Es batu seperti ini bisa dibuat seperti biasa, namun dengan suhu freezer yang lebih rendah dan waktu yang lebih lama.
Untuk membuat dalam sekala kecil, kita bisa menggunakan blender sebagai pengganti serutan es.

Dengan menggunakan blender, prosesnya bisa lebih cepat dan lebih praktis.Namun untuk jualan dengan skala yang cukup besar, es batu dihaluskan menggunakan serutan.
Jika ingin mengejar produksi, sebaiknya menggunakan mesin serut es khusus.

Resep Es Doger Sederhana Ala Rumahan

Es doger memiliki bahan yang cukup beragam dan tidak memiliki patokan bahan yang pasti.Namun biasanya, es doger menggunakan bahan-bahan seperti alpukat, tape singkong, ketan hitam, pacar cina, cincau, potongan roti tawar, kelapa muda, nangka dan lain-lain.

Bahan tersebut tidak wajib, artinya kita bisa menggunakan bahan-bahan sederhana sesuai selera atau ketersediaan.Namun untuk mendapatkan rasa yang lebih mantap, alangkah baiknya jika es doger dibuat komplit.

Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat es doger dalam skala kecil atau skala rumahan (kurang lebih 5-10 porsi).Jika untuk jualan atau acara pesta, tinggal di scale-up saja takaran bahan-bahannya.

Bahan-Bahan Cara Membuat Es Doger Untuk Jualan :

  1. 100 gr  tape singkong, potong dadu
  2. 100 gr cincau hitam, potong dadu
  3. 5 lembar roti tawar, potong dadu
  4. 100 gr pacar cina
  5. 5 buah daging buah nangka, cincang dadu
  6. 1 buah alpukat matang, serok/potong dadu
  7. 100 gr ketan hitam
  8. 1 buah kelapa muda, ambil daging buahnya saja
  9. 100 ml santan kental
  10. 100 gr gula halus
  11. susu kental manis secukupnya
  12. sirup cocopandan secukupnya
  13. es batu yang dihancurkan, secukupnya

Cara Membuat Es Doger Sederhana untuk Jualan :

  1. Sebagai langkah pertama, kita persiapkan esnya terlebih dahulu. Es doger yang biasa dijual oleh abang-abang menggunakan es serut yang diberi berbagai bahan seperti sirup, susu dan santan. Untuk skala kecil bisa menggunakan blender, untuk skala yang lebih besar silahkan gunakan mesin serut es.
  2. Siapkan blender atau serutan es. Masukkan es batu yang sudah dihancurkan, gula halus, santan, susu kental manis dan sirup cocopandan. Blender/serut hingga es batu menjadi lembut. Sampai disini, es sudah siap dan bisa langsung dibuat es doger. Jika ingin hasil yang lebih bagus, masukkan es yang sudah diblender lembut kedalam freezer hingga beku, sesudah itu blender/serut lagi hingga lembut.
  3. Siapkan gelas/mangkuk saji. Tuangkan es yang sudah lembut yang kita buat tadi kedalam gelas/mangkuk.
  4. Tata bahan lain diatasnya seperti tape singkong, cincau, pacar cina, ketan hitam, potongan roti tawar, alpukat, kelapa muda dan potongan daging buah nangka.
  5. Tuangkah lagi es yang diblender lembut diatasnya. Terakhir, siramkan susu kental manis diatasnya.
  6. Es doger spesial ala rumahan siap disajikan! (untuk 5-10 porsi).

Sebagai tambahan es doger ini, bisa kamu jadikan sebagai salah satu peluang usaha dengan keuntungan yang cukup menjanjikan. Anda juga harus menyiapkan jasa pasang AC supaya kenyamanan pelanga bertabah dan pelangan menjadi ketagihan akan datang lagi.

Namun, dengan maraknya kasus pencurian menjadikan kita resah dan khawatir. Maka dari itu, kamu harus memiliki sebuah brankas untuk menyimpan barang berharga yang kita miliki supaya lebih aman.

Comments are closed.