Cara Membuat Bumbu Kacang Siomay yang Lezat

Cara Membuat Bumbu Kacang Siomay yang Lezat

Cara Membuat Bumbu Kacang Siomay-Resep bumbu kacang yang enak konon berada di Bandung. Berbeda dengan sambal pecel, sambal kacang siomay memiliki tekstur lebih kental dan sedikit berminyak. Minyak tersebut bukanlah dari minyak goreng, akan tetapi minyak alami yang keluar dari kacang yang dipanaskan.

Cara membuat bumbu siomay ini dibilang sangat mudah, karena anda hanya perlu menghaluskan kacang tanah bersama bumbu rempah dan diberi air hingga bumbu menjadi lebih encer.

cara membuat bumbu kacang siomay

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Sebagian orang gemar mengonsumsi kacang tanah. Meski memiliki bentuk yang kecil, namun kacang tanah mengandung kebaikan yang tinggi serta merupakan sumber protein. Terdapat banyak manfaat kacang tanah bagi kesehatan kita contohnya sebagai berikut :

  • Membantu Menjaga Kolesterol

Kacang tanah mempunyai zat mono asam lemak tak jenuh yang akan membantu untuk menurunkan tingkat kolestrol jahat dari tubuh yang kemudian dapat mencegah risiko penyakit jantung.

  • Mencegah Keriput

Kacang tanah ternyata bagik untuk kulit, terutama dalam mencegah keriput. Kcang tanah mengandung vitamin E yang dapat membantu mengurangi garis serta kerutan pada kulit. Tidak hanya itu, kandungan riboflavin dan vitamin B pada kacang juga akan membuat kulit lebih bersinar.

  • Membantu Mengurangi Tingkat Gula Darah

Bagi anda yang mengalami penyakit diabetes, kacang tanah dapat menjadi makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Kacang tanah kaya dapat membantu menyerap kalsium serta lemak, sehingga mengatur tingkat gula darah.

  • Mengurangi Depresi

Kacang tanah ternyata mengandung tryptophan, yang dapat membantu melepaskan zat kimia khusus mengurangi tanda-tanda depresi. Hal ini termasuk dalam meningkatkan mood atau suasana hati.

  • Membantu Mencegah Kanker

Kacang tanah adalah sumber asam p-coumaric yang membantu mengurangi risiko kanker perut dan untuk perempuan kacang tanah dapat mengurangi risiko kanker usus besar hingga 40%.

  • Membantu Pertumbuhan Rambut

Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam kacang akan membantu menumbuhkan rambut yang sehat. Kandungan vitamin E-nya juga mampu mengurangi rambut yang mulai menipis dan meningkatkan sirkulasi darah di daerah kulit kepala.

Setelah anda mengetahui manfaat kacang tanah bagi kesehatan, akan saya bagikan sebuah resep cara membuat bumbu kacang siomay. Resep ini bisa dijadikan panduan jika anda kesulitan membuat bumbu kacang siomay. Mari kita simak resepnya dibawah ini

Cara Membuat Bumbu Kacang Siomay

cara membuat bumbu kacang siomay

Bahan dalam Cara Membuat Bumbu Kacang Siomay

  1. Kacang tanah sebanyak 250 gram
  2. Bawang putih 6 siung
  3. Cabe merah sebanyak 1 ons
  4. Cabe rawit sebanyakk 10 buah (sesuai selera anda)
  5. Gula merah disisir sebanyak 4 sendok makan
  6. Air asam jawa sebanyak 3 sendok makan
  7. garam sebanyak 1 sendok teh
  8. 2 gelas air bersih kurang lebih 700 cc

Cara Membuat Bumbu Kacang Siomay

  1. Yang pertama dilakukan adalah menggoreng kacang tanah  sampai benar-benar garing, selanjutnya tiriskan sampai tidak terlalu banyak minyak yang menyelimuti kacang. Gunakan minyak goreng kelapa
  2. Kedua, sangrai cabe merah sebentar, cabe rawit dan bawang putih sampai sedikit layu
  3. Ketiga, haluskan kacang yang sudah anda goreng hingga benar-benar halus, anda bisa memakai blender, food processor, diuleg ataupun ditumbuk. Haluskan juga cabe, bawang putih, garam dan gula merah
  4. Keempat, siapkanlah panci di atas kompor, kemudian masukkan kacang dan bumbu yang sudah anda haluskan, tuangkan air sedikit demi sedikit supaya sambal kacang memiliki kekentalan yang pas. Campurkan sampai semua merata
  5. Kelima, nyalakan kompor dengan api sedang. Aduk-aduk supaya sambal tidak mengerak di panci. Rebus hingga sambal kacang mendidih, kemudian panaskan sebentar supaya minyak nabati dari kacang bisa keluar.
  6. Terakhir, sambal kacang siap dinikmati dengan dituangkan diatas siomay.

Peluang Bisnis Siomay

Bagi anda yang ingin membuka bisnis usaha siomay, nih saya akan membagikan sebuah kiat-kiat persiapan membuka usaha siomay. Mari kita simak dibawah ini

  • Info Binis Siomay

Menjalankan bisnis siomay ternyata hanya menggunakan modal kecil. Makanan siomay ini memang paling enak bila disantap saat masih hangat pengusaha siomay biasanya menjajakan siomay dengan cara membuat warung makan atau dengan menjajakannya secara keliling.

  • Bahan Baku Siomay

Unutuk membuat siomay yang lezat dan nikmat anda harus membutuhkan bahan baku berkualitas dan segar tentunya. Jika anda membuat resep siomay ikan bahan yang dibutuhkan kembang tahu, udang, ikan tenggiri segar, tepung sagu, bawang merah, garam, udang cincang, wortel, bawang putih.

Nah, untuk membuat saus kacang bahan yang dibutuhkan kacang tanah, cabai merah, bawang merah, gula, garam dan jeruk limau.

  • Peralatan Bisnis Siomay

Peralatan untuk menjalankan usaha siomay ini seperti fine cutter, mesin ini digunakan untuk mengaduk adonan dengan merata. Dandang untuk mengukus siomay, penghalus bumbu untuk membuat saus kacang, baskom untuk wadah adonan siomay, pisau untuk mengiris bahan, dan beberapa peralatan pendukung lainnya.

  • Konsumen Siomay

Siomay yang menggunakan bumbu kacang dan dan rasanya empuk serta kenyal akan membuat siapa saja ingin membeli siomay tersebut. Anak-anak sampai orang tua bisa mengonsumsinya. Karena harga siomay tergolong murah meriah.

  • Harga Siomay

Untuk harga siomay di brandol dengan harga Rp. .8000 – Rp. 15.000 per porsi. Harga tergantung dari banyaknya porsi dan bahan baku yang digunakan.

  • Lokasi Bisnis Siomay

Menjalankan bisnis siomay akan mendapatkan konsumen yang mudah apabila jika lokasi usahanya strategis. Agar usaha siomay ini dapat segera terjual maka beberapa lokasi usaha ini sangat tepat untuk dipilih.

Seperti dekat sekolahan atau kampus, dekat dengan perkatoran, pusat perbelanjaan, alun – alun kota dan sebagainya. Pilih lokasi yang belum terlalu banyak penjual makanan atau penjual siomay.

Nah, seperti itulah kira kira kiat-kiat persiapan membuka usaha siomay. Semoga artikel tentang cara membuat bumbu kacang siomay ini bermanfaat bagi anda. Selamat berbisnis dan selamat mencoba resep diatas.

Baca juga artikel cara membuat kulit martabak telur atau cara membuat roti bakar sederhana

Comments are closed.