Cara Membuat Bika Ambon Kukus

Cara Membuat Bika Ambon Kukus

Cara Membuat Bika Ambon Kukus 

 Cara Membuat Bika Ambon Kukus

Pengertian Bika Ambon

Bika ambon adalah kue yang berasal dari Indonesia. Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan juga santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat. Nah biasanya bika ambon dapat bertahan dalam kondisi baik selama kurang lebih empat hari karena setelah itu kue tersebut akan mengeras. Baca juga : Cara Membuat Brownies Kukus 

 

Bahan yang dibutuhkan dalam Cara Membuat Bika Ambon Kukus:

  1. Tepung tapioka satu setengah gelas
  2. 2 cangkir Santan (dari satu kelapa)
  3. fermipan sebungkus
  4. 2 tangkai serai
  5. 10 lembar daun jeruk
  6. Tepung terigu satu setengah gelas
  7. gula 1/4 kg
  8. 1 sdt vanili
  9. 50 gram margarin (melt)
  10. 5 telur (putih dan kuning menggunakan semua)

 

 

Langkah dan Cara membuat Bika Ambon Kukus:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu merebus santan dengan serai dan daun jeruk, tambahkan juga kunyit parut jika diinginkan terus dinginkan.
  2. Kemudian campurlah tepung dan tapioka, Tambahkan juga vanili dan santan kelapa, masukan fermipan. Aduk-aduk sampai merata dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Tambahkan telur kocok, gula dan margarin (kocok rata pakai garpu saja), aduk-aduk sampai semua bahan tadi tercampur sampai rata.
  3. Kemudian kukus, kukuslah adonan selama kurang lebih 1 jam lamanya.
  4. Siapkan sebuah dandang, masukan cetakan lalu tutup dengan tutup dandang yang sudah dicover dengan kain.
  5. Biarkan agar terbuka sampai adonan berbuih tinggi dan kempes lagi, baru itu ditutup. Dikukus hingga matang dan lakukan tusuk di bika ambon untuk mengetahui apakah bika sudah matang atau belum
  6. Bika Ambon kukus sudah siap untuk disajikan.

 

 

Manfaat Tepung Tapioka dalam Cara Membuat Bika Ambon Kukus

 

1. Membantu Menguatkan tulang

Tepung tapioka memiliki kandungan tinggi kalsium, vitamin K, serta zat besi di dalamnya. Sehingga akan menjadikannya makanan yang menyehatkan untuk tulang dan bagus untuk kita konsumsi.

2. Meningkatkan energi

Tepung tapioka dapat dijadikan juga sebagai sarapan yang sangat baik untuk meningkatkan energi Anda. Sebab memiliki kandungan karbohidrat yang sehat dan juga tidak memberatkan kerja tubuh yang justru semakin meningkatkan energy bagi tubuh kita.

 

3. Membantu Menaikkan berat badan

Cobalah untuk mengganti konsumsi berat badan Anda dengan tapioca jika Anda ingin menaikkan berat badan dengan cara sehat dan tidak berbayar. Sebab kandungan karbohidratnya sangatlah sehat yang akan membuat mudah kenyang sehingga sangat cocok sekali untuk dikonsumsi untuk kalian yang ingin diet secara sehat.

4. Kesehatan otot di dalam tubuh

Tepung tapioca selain mengandung karbohidrat ternyata juga mengandung protein. Sehingga tepung tapioca ini menjadikan makanan sehat yang penting untuk kesehatan serta perkembangan otot.

5. Mengandung kalium

Tepung tapioca memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini sangat berperan penting untuk mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah di dalam tubuh. Selain itu kalium juga baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular Anda.

6. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Untuk mencegah terjadinya gangguan perut kembung, sembelit, serta gangguan pencernaan lainnya sebaiknya konsumsilah tepung tapioca ini. Karena makanan yang sederhana ini tidak akan memberatkan kerja pencernaan Anda sehingga perut Anda akan aman dari gangguan pencernaan apapun.

 

 

 

Peluang Usaha dalam Cara Membuat Bika Ambon Kukus

1. Peluang usaha  bika ambon

Usaha bika ambon menjadi suatu pilihan usaha makan yang menguntungkan bagi kebanyakan orang yang tertarik menekuni usaha tersebut. Peluang dalam bisnis bika ambon masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja dan juga bias diolah oleh siapapun.

2. Memulai usaha bika ambon

Menjalankan usaha bika ambon memang dapat dikatakan gampang. Untuk dapat menjalankan usaha bika ambon bisa dijalankan dalam kebutuhan modal yang kecil.

3. Pelaku usaha bika ambon

Usaha bika ambon ini sangat cocok sekali dijalankan bagi semua orang yang ingin menginginkan usaha kue bika ambon yangmenguntungkan tersebut. Bagi siapa saja ingin menjalankan usaha bika ambon sangat mudah, proses pembuatan bika ambon mudah, dan buat kalian yang tidak bias membuatnya bias dengan mudah membuat kue ini dengan searching di google.

4. Konsumen usaha bika ambon

Konsumen bika ambon cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan anak-anak sampai orang dewasa. Sehingga untuk mendapatkan konsumen bika ambon ini tidaklah sulit, rasa nikmat yang disajikan bika ambon mampu memikat banyak orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

5. Bahan baku usaha bika ambon

Untuk membuat bika ambon yang berkualitas dan memiliki rasa yang enak, membutuhkan bahan baku seperti  tepung terigu, tepung sagu, ragi, telur ayam, santan kelapa, gula pasir halus, daun jeruk, daun pandan serta minyak goreng. Untuk menemukan bahan baku bika ambon tersebut sangatlah mudah dan bisa dijumpai di pasar atau mendatangi petani bika ambon secara langsung. Gunakan bahan yang berkualitas baik agar menghasilkan bika ambon dengan rasa yang baik dan berkualitas pula

6. Peralatan usaha bika ambon

Dalam menjalankan usaha bika ambon pastinya membutuhkan beberapa peralatan penting seperti tempat jualan , loyang, mesin mixer planetary, timba, kompor gas, wadah, gelas, sendok, pengangkat makanan, tempat sampah mesin parut kelapa, nampan, mesin oven, serbet, serta perlengkapan pendukung yang lain.

7. Lokasi strategis dalam berjualan bika ambon

Untuk menjualkan usaha bika ambon, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat yaitu secara strategis dan ramai. Pastikan lokasi anda berjualan haruslah ramai, ini yang penting karena agar usaha bika ambon anda tidak sepi dari pembeli, bias dengan cara membuat kios kecil maupun di jajakan di pinggiran jalan.

8. Karyawan usaha bika ambon

Untuk pemula usaha bika ambon gunakan satu orang karyawan dulu karena anda hanya menggunakan skala yang kecil, jika anda menggunakan skala bisnis yang besar bias menggunakan beberapa karyawan .

9. Harga jual bika ambon

Patoklah bika ambon denga harga yang sedang, jangan terlalu murah da

n jangan terlalu mahal. Anda bias mematok harga mulai Rp 8.000 hingga Rp 10.000.

10. Strategi promosi usaha bika ambon

Untuk melakukan promosi bika ambon bisa dari media sosial juga situs jual beli online. Juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran  bika ambon lewat memasang spanduk serta menyebarkan melalui brosur agar usaha bisnis anda makin dikenal oleh banyak orang.

Baca juga : Cara Membuat Nastar Keju tanpa Oven

Baca juga : Cara Membuat Martabak Telur Mini

Comments are closed.