Cara Membuat Adonan Martabak Manis yang Lezat

Cara Membuat Adonan Martabak Manis yang Lezat

Cara Membuat Adonan Martabak Manis

Cara membuat adonan martabak manis – Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan ini, semua kalangan pasti tau dong. Baik tua maupun muda pasti sangat suka dengan makanan ini.

Martabak manis merupakan makanan yang biasa dijual oleh pedagang pinggir jalan.Martabak ini sebenarnya sama dengan martabak yang biasa dijual pada umumnya, namun yang membedakan adalah rasanya yang manis itulah sebabnya dinamaknan martabak manis.

cara membuat adonan martabak manis

Proses pembuatan untuk martabak manis juga sama seperti membuat martabak manis yang seperti biasanya.

Makanan ini memiliki tekstur yang sangat empuk dan lembut juga memiliki rasa yang beraneka ragam. Semua rasa yang terdapat pada jenis makanan yang satu ini sama-sama enak dan empuk.

Dan yang pastinya, mungkin harganya juga menjadi lebih murah jika dibandingkan martabak yang berukuran besar.

Martabak manis terdiri dari berbagai macam rasa yang enak misalnya seperti rasa, coklat, kacang, keju, pisang, susu dan lain sebagainya.

Baca juga : cara membuat kerupuk basah ikan teri yang lezat

Manfaat Martabak Manis

cara membuat adonan martabak manis

1. Meningkatkan tenaga

Manfaat martabak manis yang pertama bisa membantu anda di dalam menghasilkan tenaga.

Makanan ini bisa menjadi zat yang sangat baik untuk tubuh terutama membantu pembentukan tenaga. Senyawa yang ada di dalam makanan ini dapat membantu tubuh di dalam mengolah energi dan kalori.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain menghasilkan tenaga martabak manis memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya meningkatkan kesehatan jantung.

Hal ini terjadi karena di dalam makanan ini mempunyai senyawa protein yang sangat penting untuk memelihara kesehatan jantung.

Kemudian, senyawa tersebut sangat penting untuk membuat kesehatan jantung serta bisa terhindar dari berbagai resiko penyakit jantung lainya.

3. Pengatur suhu tubuh

Martabak manis di dalamnya memiliki kandungan zat besi yang mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh. Dengan adanya senyawa tersebut nantinya suhu badan tetap bisa terkendali dengan baik.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan yang ada di dalam martabak manis ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anda.

Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini sebagai komponen yang penting di dalam penyusun enzim dan juga bahan-bahan lainya yang ada di dalam tubuh seperti katalase.

5. Menjadi antioksidan yang sangat ampuh

Maratabak manis memiliki manfaat sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh.

Bukan hanya untuk mencegah, makanan ini juga di kenal sebagai anti virus serta bakteri, senyawa yang ada di dalam makanan ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri serta cacing di dalam tubuh.

Baca juga : cara membuat roti bolu kukus yang lembut serta enak

6. Dapat memangkas berat badan

Zat anti iflamasi yang ada di dalam martabak manis dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk di dalam tubuh anda.

Berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan tersebut bisa mengubah pre adiposit menjadi sel-sel lemak melalui proses yang anda namakan sistem inflamasi.

Kemudian, senyawa yang terdapat pada makanan ini dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamassi yang tentu baik untuk mencegah berat badan anda.

7. Mengatasi sembelit

Jika anda sering mengalami sembelit maka anda perlu mengonsusmi martabak manis. Hal ini terjaid karena makanan ini dapat membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh.

Sehingga apabila terjadi sembelit, maka anda boleh mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi makanan ini.

8. Mengatsi radang tenggorokan

Martabak manis juga dapat mengatasi radang tenggorokan yang sering dialai oleh sebagian besar masyarakat.

Kemudian, radang tenggorokan bisa di sebabkan oleh beberapa hal seperti pergantian musim, mengonsumsi es serta yang lainya.

Untuk itu bagi yang memilkii tenggorokan sensitif, anda dapat mengonsumsi makanan ini agar tidak terjadi radang tenggorokan.

9. Menjaga keindahan mata

Kandungan yang ada di dalam martabak manis ternyata bermanfaat untuk memperindah dan mempercantik mata. Oleh karena itu, konsumsilah makanan ini secara rutin maka mata anda akan sehat dan cantik.

10. Mengubah suasana hati

Manfaat martabak manis dapat membantu anda untuk memperbaiki kondisi hati.Saat pikiran tidak menentu, cobalah untuk mengonsumsi makanan ini, karena kandungan yang ada di dalam makanan ini dapat merangsang hormon tertentu yang membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Itulah tadi beberapa manfaat dari martabak manis, dan langsung saja yuk kita lihat cara membuat adonan martabak manis yang lezat berikut ini :

Baca juga : cara membuat pentol bakso tanpa daging yang enak

Cara Membuat Adonan Martabak Manis

cara membuat adonan martabak manis

 

Bahan-bahan dalam cara membuat adonan martabak manis :

  • 500 gram terigu protein sedang, atau  bisa pakai tepung tapioka
  • 600 ml air putih
  • 1 sendok makan margarin yang sudah dicairkan
  • 2 butir telur yang sudah dikocok lepas
  • 125 gram gula pasir
  • 1/2 sdt ragi instant, pakai fermipun
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt pasta vanili
  • 1/2 sdt garam

Baca juga : cara membuat cireng bumbu rujak yang lezat

Cara membuat adonan martabak manis :

  1. Campurkan bahan kering terlebih dahulu, seperti tepung terigu, gula pasir, ragi instant dan garam.
  2. Setelah bahan kering terbampur rata, masukkan telur, margarin cair dan pasta vanili, aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai tercampur rata.
  4. Kocok adonan memakai mixer, gunakan kecepatan sedang selama 5 menit.
  5. Masukkan baking powder, aduk kembali sampai semua tercampur rata.
  6. Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama 60 menit dalam wadah tertutup

Demikian tadi cara membuat adonan martabak manis dan tentunya dengan adonan ini anda dapat membuat martabak  sendiri di rumah dan bisa di nikmati saat santai bersama keluarga anda di rumah. Semoga cara membuat adonan ini bermanfaat, terima kasih dan selamat mencoba.

Comments are closed.