Cara Membasmi Rumput Liar agar Tidak Tumbuh Lagi

Cara Membasmi Rumput Liar agar Tidak Tumbuh Lagi

Cara membasmi rumput liar sering menjadi permasalahan orang nah selain membahas macam jus dan manfaatnya, kali ini saya akan membahas tentang cara membasmi rumput liar. Halo, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang cara menghilangkan rumput liar di taman rumah.

Menyebalkan bukan ? Jika taman rumah kita banyak ditumbuhi oleh rumput rumput liar. Karena selain mengganggu tanaman hias, rumput liar juga akan merusak pemandangan di rumah anda.

Mereka sering kali tumbuh di taman, tembok, pagar dan di berbagai tempat lainnya di sekitar rumah. Selain itu gulma atau tumbuhan liar ini juga akan menjadi parasit bagi tanaman tanaman hias anda. Gulma ini akan menyerap nutrisi tanaman anda yang kemudian akan membuatnya mati.

Bukan itu saja, tumbuhan ini juga sangatlah sulit untuk dibasmi meskipun sudah kita potong. Sebab, setiap taman sudah dibersihkan, beberapa hari kemudian tumbuhan ini akan muncul lagi. Hal ini terjadi karena pembersihan yang dilakukan hanya dengan mencabut rumput yang terlihat dan akarnya masih banyak yang tertinggal di dalam tanah.

Cara Membasmi Rumput Liar agar Tidak Tumbuh Lagi

Cara Menghilangkan Rumput Liar di Taman

Nah, untuk itu jika anda masih bingung bagaimana cara mengatisnya. Sebaiknya anda membaca artikel ini. Karena artikel ini memberikan solusi atau lebih tepatnya cara menghilangkan rumput liar atau gulma di taman anda hingga ke akar akarnya.

Berikut ini adalah cara untuk membasmi rumput liar di Taman.

1. Cara membasmi rumput liar dengan Air Panas 

Cara pertama yang dapat anda cobauntuk membasmi gulma adalah dengan menggunakan air mendidih, karena cara ini diklaim dapat mematikan rumput liar atau gulma. Ketika anda sedang merebus sayuran atau mie instan, air sisa rebusan tadi jangan di buang terlebih dahulu, Tetapi siramlah ke tempat di mana rumput liar biasa tumbuh.

Biasanya rumput liar akan layu dan mati jika terkena siraman air panas, karena air mendidih akan melehkan permukaan gulma dan merusaknya. Tentunya hal ini bukanlah hal yang sulit untuk anda lakukan dan tidak ada salahnya jika anda mencoba cara ini.

2. Cara membasmi rumput liar dengan Pemutih

Apakah rumput liar tumbuh subur di sekitar rumah anda, celah celah jalan setapak, dan tembok Anda? Maka cobalah menuangkan sedikit pemutih murni di atasnya. Selang satu atau dua hari, Anda dapat menariknya dengan mudah dan tentu saja pemutih akan mencegahtanaman liar tersebut datang kembali.

Berhati-hatilah agar tidak menggunakan pemutih sembarangan.

3. Dengan Koran

Koran juga dapat di gunakan untuk membasmi gulma, karena koran dapat menghalangi sinar matahari dan oksigen untuk mencapai tanah, cara ini akan menyiksa dan melumpuhkan gulma yang telah tumbuh, serta mencegah pertumbuhan baru.

Caranya yaitu simpan koran dalam 10 lembar lapisan lalu basahi koran untuk menahannya dan tutup dengan satu atau dua inci mulsa. Jika gulma mulai tumbuh di mulsa, tambahkan lebih banyak lapisan yang pada akhirnya akan membusuk dan menyuburkan tanah.

4. Dengan Garam

Rumput liar yang sering muncul di taman atau di jalan setapak sekitar rumah anda sulit di hilangkan ? Solusinya anda dapat memanfaatkan garam. Garam adalah bahan alami yang aman dan mudah sekali di dapat baik di rumah (dapur) maupun membelinya di warung.

Selain itu penggunaan garam juga tidak menimbulkan bau menyengat tidak seperti bahan kimia lainnya.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, anda hanya tinggal menaburkan garam ke tempat rumput liar tumbuh, usahakan jangan sampai mengenai tanaman anda.

Jangan lupa untuk menaburkan air atau jika anda malas anda dapar menunggu hujan turun untuk menyelesaikan pekerjaan anda.

Di sini garam berfungsi menyerap kandungan air pada rumput liar, jadi gulma lama kelaman akan mengering dan mati, begitu juga dengan tanaman anda jika sampai terkena taburan garam tadi.

Comments are closed.