Cara Masak Rica Rica Sajian Sedap dan Gurih Ala Jawa

Cara Masak Rica Rica Sajian Sedap dan Gurih Ala Jawa

Cara Masak Rica Rica Jawa – Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Makanan khas dengan rasa pedas, dan butiran biji cabe yang nampak makin membuat kamu ngiler jika sekilas melihat makanan ini. Memang benar makanan ini punya rasa yang pedas, warna yang dihasilkan dari masakan ini juga sangat menarik hati.

Rica-rica ayam bisa kamu temui dibanyak tempat, karena makanan ini sudah banyak dijual atau disediakan di warung-warung makan. Jika kamu ngefans banget sama makanan ini, sekarang kamu tidak perlu beli mahal di restaurant. Kamu bisa buat sendiri dan bisa kamu hidangkan buat keluarga tercinta.

Daging ayam yang kamu gunakan baiknya daging ayam kampung agar tekstur daging yang dihasilkan bagus. Kamu dapat sajikan makanan ini ditengah-tengah acara reuni seperti buka bersama.

Rasa pedas dan aroma resep ayam rica rica dapat memanjakan lidah bagi yang mau mencicipinya. Variasi cara memasak ayam dengan olahan bumbu rica rica yang lezat khas Manado ini, sangat populer tidak hanya di Sulawesi, tetapi disukai hingga ke pulau Jawa dan daerah nusantara lainnya.

Selain penggunaan variasi bumbu dan rempah, cara masak rica rica jawa bisa diolah dengan cara digoreng terlebih dahulu, atau langsung dimasak tumis juga sama-sama enak. Bumbu bisa diulek kasar, halus dan bumbu iris, bisa kering atau berkuah, serta tingkat kepedasannya juga bisa diatur sesuai selera pedas masing-masing.

Rica-rica ayam khas dengan tampilan kuah balado, bewarna merah yang makin menggugah selera makan kamu. Bumbu-bumbu yang dugunakan berasal dari rempah-rempah seperti merica, serai dan masih banyak yang lainnya. Jika kamu penasaran dengan resep masakan ini, baiknya kamu simak artikel ini dan persiapkan semua bahannya.

cara masak rica rica jawa

Bahan Untuk Membuat Rica Rica Jawa :

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, sebelum memulai ke bahan halus.

  • 6 siung bawang putih, cincang halus
  • 5 sendok makan minyak goreng, untuk menggoreng
  • 3 batang serai, memarkan
  • 1 buah jeruk nipis, peras, dan ambil airnya
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 ekor ayam kampung, potong 8 bagian

Bumbu Untuk Membuat Rica Rica Jawa :

Biasanya di manado ada cabai merah tertentu yang harus dipakai untuk mengolah sambal. Akan tetapi kita bisa menggunakan alternatif cabai merah yang lain.

  • 10 butir bawang merah .
  • 5 cm jahe
  • 12 cabai merah
  • 1 sdt garam
  • 10 buah cabai rawit
  • ½ sdt gula

Pelengkap Hidangan Rica Rica Jawa :

Bisa di sajikan dengan nasi bungkus, atau bisa dengan daun kemangi dan mentimun 🙂

  • Nasi bungkus

Cara Membuat Rica Rica Jawa :

  1. Panaskan 5 sendok makan minyak di atas wajan, Anda dapat mengunakan api sedang.
  2. Masukkan bawang putih, lalu tumis hingga harum aromanya .
  3. Tambahkan bumbu, serai, daun jeruk dan air jeruk nipis, tumis bumbu lainnya hingga matang.
  4. Masukkan ayam, aduk hingga bumbu rata pada ayam.
  5. Tutup wajan, masak hingga matang.
  6. Angkat, sajikan dengan nasi bungkus

Itulah langkah-langkah yang harus kamu kerjakan jika ingin menyantap masakan rica rica ala Jawa. Anda bisa menambah suasana kebahagiaan Anda dengan menghadirkan masakan ini ditengah-tengah kebersamaan Anda bersama keluarga.

Anda bisa dengan mudah membuat masakan ini tanpa harus bersusah payah tanya-tanya kesana kemari ke koki handal. Bahkan jika Anda pemula dalam hal masak memasak, Anda tidak perlu khawatir untuk belajar memasak resep ini, langkah-langkah cara masak rica rica jawa diatas dijamin sangat jelas dan mudah untuk dipraktekkan.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan nantikan resep selanjutnya.

 

Comments are closed.