Cara Laminating Kertas Sendiri Dirumah

Cara Laminating Kertas Sendiri Dirumah

Apa sih itu Laminating ?

Cara Laminating Kertas Sendiri-Laminating merupakan suatu hal yang sangat mudah untuk dilakukan, danĀ  sebenarnya saya menulis tutorial ini karena berdasarkan pengalaman saya juga mungkin ada sobat yang membutuhkan.

Mesin laminating biasanya ada di fotocopyan, jika tempat itu lengkap biasanya mesin laminating selalu ada. Kadang juga tidak ada, jika tempat usaha tersebut hanya khusus untuk fotocopy dan cetak dokumen saja.

Anda bisa saja laminating di sana. Entah itu anda ingin laminating KTP, KK (Kartu Keluarga), Ijazah, atau dokumen penting lainnya.

Tapi jika anda tidak jadi laminating di tempat fotocopyan dikarenakan anda sudah punya mesin laminating sendiri dirumah akan tetapi anda tidak bisa mengoperasikannya atau anda lagi tidak biaya sehingga ingin menggunakan kreativitas anda untuk laminating.

cara laminating kertas sendiri

Tidak perlu khawatir, anda bisa ikuti panduan pada artikel dibawah ini untuk cara laminating sendiri bahkan dengan cara yang sangat mudah. Ayo di simak

Cara Mengoperasikan Mesin Laminating

Cara laminating kertas sendiri-Jika punya mesin laminating, menggunakannya jangan sembarangan. Kalau anda tidak tahu menggunakannya akan beresiko rusak karena mesin laminating sifatnya pemanas. Bisa-bisa dokumen anda rusak, tertekuk atau hal tidak diinginkan lainya. Untuk itu, anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Laminating

  • Diusahakan Menggunakan Colokan Single

Maksudnya anda gunakan stop kontak atau colokan laminating sendiri. Tidak dicampur dengan colokan power lainnya seperti dicampur dengan colokan televisi, kulkas, handphone dan perangkat lainnya.

  • Memisahkan atau menyendirikan tegangan tujuannya adalah agar aman.

Perlu anda tahu, bahwa mesin laminating membutuhkan daya kira-kira 600 watt di awal. Setelah itu ketika panasnya sudah stabil maka daya akan menurun.

  • Pastikan Anda Paham Dengan Fungsi Panel Laminating

Ternyata gampang memahami panel mesin laminating. Karena panel pada mesin ini tidak banyak, hanya ada 3 panel penting yaitu

  1. ON/OFF fungsinya untuk menghidupkan / mematikan mesin laminating
  2. Tombol Maju/Mundurfungsinya untuk mengatur roll dan arah kertas mau maju atau mundur
  3. Tombol suhu fungsinya untuk mengatur suhu panas. Kadang mesin laminating ada yang dilengkapi dengan thermostat meter ada yang tidak tergantung spesifikasi dan harga yang menyesuaikan

Tes Mesin Laminating

Cara laminating kertas sendiri-Sebelum anda melakukan laminating dokumen anda sebaiknya di tes terlebih dahulu. Terkadang pada roll laminating ada penghambatnya.

Cara mengetesnya yaitu dengan memasukkan kertas kosong pada mesin laminating hingga keluar. Kalau tidak ada masalah / tersangkut mesin laminating berarti aman.

Cara Laminating Kertas SendiriĀ 

  1. Letakkan dan tata kartu bpjs pada kertas laminating
  2. Gunakan kertas bantu agar kartu bpjs yang ada dalam kertas tidak berubah letaknya
  3. Panaskan mesin laminating hingga lampu indicator berwarna hijau
  4. Masukkan kartu bpjs pada mesin laminating secara perlahan
  5. Lihat hasilnya kalau plastik laminating merekat dengan baik maka berhasil kalau tidak anda bisa ulangi lagi
  6. Potong sesuai ukuran kartu bpjs dengan rapi
  7. Selesai

Nah, buat kalian yang ingin laminating gausah repot-repot pergi ke tempat fotocopyan. Cukup dirumah saja. Bagi yang penasaran dengan cara laminating sendiri. Berikut dibawah ini saya akan membagikan alterfnatif mesin laminating tanpa modal

Alternatif Mesin Laminating Tanpa Modal

Cara laminating kertas sendiri-Selain menggunakan mesin laminating yang ada di usaha fotocopyan maupun milik sendiri (apabila anda punya). Anda bisa menggunakan alternatif lain yang sangat murah bahkan cara ini hampir gratis.

Anda hanya tinggal menyiapkan plastik laminating dan kartu/dokumen yang ingin anda laminating saja. Dan jangan lupa siapkan setrika. Karena setrika inisebagai pengganti mesin laminating.

cara laminating kertas sendiri

Cara Laminating Sendiri Menggunakan Setrika

  1. Panaskan setrika dengan panas yang sedang
  2. Kemudian, masukkan kartu/dokumen pada plastik laminating. Usahakan tata letaknya pas ya.
  3. Letakkan kartu yang sudah di beri plastik laminating di tempat yang datar. Pada bagian atasnya di tutupi kain (jangan terlalu tipis dan tebal). Anda bisa gunakan kain lap.
  4. Setrika pada bagian atasnya, lihat hasilnya apabila kertas laminating ada yang belum melekat sempurna anda bisa ulangi kembali hingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jenis Laminating

  • Laminating Doft

Efek yang dihasilkan tidak mengkilap, terlihat redup namun tidak menghilangkan hasil cetakan. Fungsinya sama seperti laminating glossy.

  • Laminating Glossy

Laminating yang memberikan efek mengkilap pada media yang yang dilapisi. Aplikasi untuk lamiting cover buku, kartu nama, poster, Xbanner, Roll up banner.

Proses Laminating

  • Laminating Panas

Proses pelapisan laminating dengan temperatur panas yang disesuaikan dengan jenis laminatingnya maupun jenis media yang akan di laminating. Untuk laminating glossy biasanya temperatur lebih panas daripada laminating doft. Proses pemanasan ini untuk menempelkan media plastik ( plastik khusus untuk laminating ) ke media kertas yang akan dilapisi.

  • Laminating Dingin

Media yang akan dilapisi tinggal dimasukkan ke mesin khusus laminating dingin. Tidak perlu pemanasan karena media laminating sudah dilapisi semacam lem untuk merekatkan ke media yang akan di laminating

Ukuran Laminating

Untuk ukuran laminating ini tersedia dari ukuran kecil sampai ukuran besar. Yang kecil dari ukuran postcard sampai yang besar ukuran AO.

Press Laminating

Untuk laminating dokumen keluarga yang umum diketahui seperti untuk laminating KTP, kartu keluarga, ijazah dll. Termasuk jenis laminating glossy dengan proses pemanasan. Tersedia ukuran KTP sampai ukuran A3.

Media yang tipis dan fleksible,digunakan untuk print Xbanner maupun Roll up banner.

  • Glossy Photo

Kertas foto dalam ukuran besar.Cocok untuk print foto dalam ukuran besar yang ingin di bingkai.

  • Korean Cloth

Media seperti kain,bagus untuk mencetak gambar dengan resolusi yang tinggi.

  • Canvas Matte

Media canvas gambar yang diaplikasikan untuk media print,dengan karakter kanvas yang khas maka hasil print pasti akan kelihatan berbeda.

 

Comments are closed.