Cara Buat Susu Kedelai Sendiri Di Rumah Yang Lezat

Cara Buat Susu Kedelai Sendiri Di Rumah Yang Lezat

 

 

 

 

Susu kedelai merupakan susu yang bisa menjadi media alternatif susu sapi,selain memiliki kelebihan -kelebihan tertentu,susu kedelai juga memiliki sebuah ciri khas tertentu,kali ini saya akan mengajak anda cara buat susu kedelai sendiri di rumah yang tidak kalah jauh rasanya.

Penjelasan Tentang Susu Kedelai

Penjelasan Tentang Susu Kedelai

Susu kedelai adalah minuman susu yang diciptakan dari kedelai. Sari dalam  kedelai didefinisikan susu Dikarenakan minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu.

Sejarah Dari Susu Kedelai

Konon ceritanya,Permulaan Susu kedelai ini asalnya dari Negeri Tiongkok, dan telah ada di sana selama ribuan tahun,Diceritakan bahwa Raja Huainan, Liu ha dari Dinasti Han,bermula dari sang ibu sakit,tidak dapat mengunyah makanan keras.

Liu An menggiling kacang kuning yang telah direndam selama beberapa waktu dengan berberapa rentan menjadi cairan yang kemudian dikenal sebagai Susu Kedelai.Lalu,Penyakit sang ibu tersebut kemudian membaik.Hal ini yang menyebabkan susu kedelai kemudian menyebar luas ke masyarakat.Tionghoa waktu itu,Susu Kedelai menjadi minuman umum di Tionghoa karena cocok diminum sepanjang tahun.

Cara Buat Susu Kedelai Sendiri Di Rumah Yang Lezat

Cara Buat Susu Kedelai Sendiri Di Rumah Yang Lezat

Bahan – Bahan Yan Diperlukan :

  • 3 lembar daun pandan yang sudah diikat
  • 150 gram gula pasir
  • 3 lembar daun jeruk

Cara Buat Susu Kedelai Sendiri Di Rumah Yang Lezat :

  1. Rendamlah kedelai dengan air hangat dengan jangka waktu semalaman!.Tunggu sampai mekar,jika Setelah mekar, cucilah sampai bersih dan buang kulit airnya!
  2. Blenderlah dengan air sampai benarbenar halus!
  3. setelah itu lalu saring!Rebus dengan api “sedang” dan campur dengan gula, daun pandan serta daun jeruk!.
  4. Aduk terus sampai mendidih! Jaga jangan sampai meluap! Tunggu hingga dingin!
  5. Setelah dingin, saringlah dengan kain katun yang bersih!
  6. Selamat!
  7. sekarang kalian bisa mengonsumsi susu kedelai dalam keadaan hangat maupun dingin.
  8. Kalian bisa menggiling kedelai untuk susu kedelai dengan mudah menggunakan bantuan Mesin Giling Kedelai agar lebih cepat.
Baca Juga :  Cara Membuat Kue Kering Nastar Selai Nanas

Manfaat Minum Susu Kedelai

1. Mendukung proses pertumbuhan

Susu kedelai dapat mendukung proses tumbuh kembang bayi. Hal ini karena susu kedelai mengandung protein yang tinggi.

Protein memainkan peran penting sebagai pemasok nutrisi dalam tubuh. selebihnya adalah kedelai sumber protein nabati terbaik.

Selain memiliki kandungan yang tinggi, kedelai juga mudah dicerna oleh tubuh

2. Mendukung proses pembekuan darah

Vitamin K, ditemukan dalam susu kedelai, berperan dalam produksi protrombin, protein yang terlibat dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Vitamin K tidak hanya dapat mendukung penyerapan kalsium, tetapi juga mendukung pembekuan darah. Pembekuan darah diperlukan saat tubuh menyembuhkan luka dan cedera.

3. Pencernaan lancar

Susu kedelai juga dapat membantu meningkatkan pencernaan. Ini karena susu kedelai mengandung serat yang tinggi. Minum susu kedelai secara teratur dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh.
Mencegah penuaan dini
Kandungan fitoestrogen dalam susu kedelai dikatakan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh dan mencegah penuaan dini.

Tak henti – hentinya, ternyata kandungan tersebut bisa membuat suasana hati menjadi lebih bahagia dan lucu, serta bisa mencegah masalah stres dan depresi.

4. Membantu mengontrol gula darah

Menurut beberapa penelitian, makan makanan yang diproses dengan biji-bijian dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

Pada pasien dengan penyakit diabetes tipe 2, dengan mengonsumsi usu kedelai ternyata memiliki efek yang lebih baik pada tekanan darah dan gula darah. Oleh sebab itu, susu kedelai memipunyai indeks glikemik yang tergolong relatif rendah.

Manfaat kedelai untuk kesehatan

Berikut beberapa manfaat kacang kedelai yang sayang sekali untuk dilewatkan, yaitu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang

menjaga kekuatan dan kesehatan tulang

Kedelai merupakan sumber protein,kalsium, dan antioksidan isoflavon yang baik bai tubuh. Dari bahan – bahan tersebut, kedelai dapat digunakan untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa diet sehat yang mencakup konsumsi kacang-kacangan kedelai, dapat dibuktikan mengurangi risiko terjadinya pengeroposan tulang pada lansia (osteoporosis).

Demikian artikel dari saya,yang membahas sebuah cara buat susu kedelai sendiri dirumah ,bersemangatlah untuk berkarya terus. Semoga bermanfaat dan resep cara membuat susu kedelai untuk dijual bisa dijadikan acuan para usahawan. Selamat mencoba pada saat pandemi saat ini,terima kasih.

Comments are closed.