Cara Buat Roti Sobek Tanpa Oven Dengan Resep Rahasia

Cara Buat Roti Sobek Tanpa Oven Dengan Resep Rahasia

Lagi cari resep Cara Buat Roti Sobek Tanpa Oven kan ? Nah, pada artikel inilah, kalian bisa membuat roti sobek tanpa oven yang dijamin rasanya akan nagih bangett. Cara membuatnya susah – susah gampang sih, tapi tenang, dengan kalian mengikuti artikel ini sampai selesai pasti kalian akan sangat mudah membuatnya.

Roti Sobek

Cara Buat Roti Sobek Tanpa Oven

Merupakan salah satu jenis roti yang enak dan cukup mengeyangkan untuk dikonsumsi. Roti sobek ini biasanya memiliki bentuk yang panjang, lebar dan bulat mengembang, serta mempunyai tekstur yang lembut.

Sesuai dengan namanya, roti sobek ini juga dapat disobek untuk menjadi ukuran yang lebih kecil setiap kali dikonsumsi. Sajian roti sobek ini memiliki banyak varian rasa yang beragam. Mulai dari cokelat, vanilla, susu, selai strawberry, dan pisang cokelat.

Tapi bukan hanya itu saja, kalian juga bisa mendapatkan varian rasa melalui adonan rotinya. Perpaduan antara adonan roti dengan rasa tertentu ditambah dengan campuran isi yang banyak tentu sangat menggoda lidah setiap penikmatnya.

Meskipun roti sobek sudah banyak dijual di luaran, namun kalian di rumah juga bisa membuat roti sobek sendiri di rumah. Roti sobek ini bisa menjadi camilan di waktu senggang atau disajikan di acara keluarga.

Jika kalian tertarik untuk mencobanya, inilah beberapa resep cara membuat roti sobek lembut dan enak dengan berbagai cara berikut bisa menjadi pilihan.

Oven

Cara Buat Roti Sobek Tanpa Oven

Oven adalah suatu peralatan yang berfungsi untuk memanaskan ataupun mengeringkan. Yang biasanya digunakan untuk memanaskan makanan. Prinsip kerja oven yaitu sterilisasi melalui mekanisme konduksi panas.

Panas akan diabsorbsi oleh permukaan luar yang disterilkan, sesudah itu akan merambat kebagian dalam dari permukaan hingga selanjutnya suhu sterilisasi tercapai, jadi mikroorganime mati melalui mekanisme oksidasi sampai terjadinya koagulasi protein sel mikro organisme.

Fungsi oven lainnya adalah untuk mengeringkan peralatan sebelum digunakan dan untuk mengeringkan bahan – bahan yang dalam keadaan basah, dan untuk Untuk sterilisasi dengan menggunakan udara kering.

Cara Buat Roti Sobek Tanpa Oven

Cara Buat Roti Sobek Tanpa Oven

Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari roti sobek tanpa oven ini, seperti dari jenis bahannya, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tapi tak perlu kalian ambil pusing jika mau menyiapkan roti sobek tanpa oven yang enak di manapun kalian berada, karena asal kalian tahu resep cara membuatnya, kalian akan bisa membuatnya sendiri. Berikut caranya.

Bahan – Bahan :

  • tepung terigu protein tinggi 150 gram
  • telur 1 butir
  • air 100 ml
  • gula halus 2 sendok makan
  • susu bubuk 1/2 sendok makan
  • ragi instan 1/2 sendok teh
  • margarin 45 gram
  • garam 1/2 sendok teh
  • susu cair, secukupnya ( untuk bahan olesan )

Cara Membuat :

  1. Campurkan telur dan gula halus, lalu kocok sebentar, pastikan semua bahan larut. Kemudian masukkan tepung terigu dan susu bubuk. Aduk hingga tercampur dengan merata, dan uleni adonan sebentar dengan tangan yang sudah bersih.
  2. Tutup adonan memakai plastik atau kain serbet yang bersih. Lalu diamkan sekitar 6 sampai 8 jam.
  3. Masukkan ragi dan air sampai berbentuk pasta agar mudah tercampur dengan adonan. Kemudian masukkan pasta ragi ke adonan dan uleni sebentar hingga tercampur dengan rata.
  4. Campurkan margarin dan garam. Uleni hingga margarin menyatu dengan adonan. Diamkan lagi sekitar kurang lebih 40 menit.
  5. Siapkan isian untuk rotinya, boleh apa saja, coklat, selai, kismis dan lain – lain. Dan siapkan cetakan, olesi tipis – tipis dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu hingga merata agar nanti tidak lengket.
  6. Setelah selesai di proofing selama 40 menit, keluarkan udara yang ada di dalam adonan, dan uleni sebentar supaya udara yg di dalam adonan keluar.
  7. Bagi adonan dengan sama rata. Lalu rounding atau bulatkan adonan. Isi dengan isian sesuai selera kalian, lalu tutup dan bulatkan kembali.
  8. Masukkan adonan yang sudah diberi isian di dalam cetakannya. Kemudian diamkan lagi sekitar 1 sampai 2 jam atau hingga mengembang 2 sampai 3 kali lipat.
  9. Siapkan wajan yang di dalamnya diberi tatakan beserta tutup wajannya. Panaskan wajan sekitar 3 sampai 5 menit dengan api sedang cenderung besar hingga tutup wajan terasa sudah cukup panas.
  10. Masukkan adonan yang sudah siap tadi. Kemudian olesi dengan susu cair.
  11. Tunggu beberapa menit, jika sudah angkat dan sajikan.

Selengkapnya Cara Membuat Kentaki Ayam Crispy Anti Gagal dan Tahan Lama

Demikian artikel saya mengenai Cara Buat Roti Sobek Tanpa Oven dengan resep rahasia yang bisa kalian contoh dan tirukan di rumah, mohon maaf jika ada salah kata, semoga bermanfaat bagi teman – teman di rumah, terimakasih dan selamat mencoba.

 

Comments are closed.